GoPay dan Bank Jago Luncurkan Layanan GoPay Tabungan by Jago
Unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yaitu GoPay bekerja sama PT Bank Jago Tbk (ARTO) meluncurkan layanan GoPay Tabungan by Jago.
Layanan GoPay Tabungan by Jago diluncurkan untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang belum memiliki akun atau rekening di bank. Berdasarkan data Bank Indonesia, terdapat 97 juta orang dewasa di Indonesia yang masuk ke dalam kategori unbanked atau tidak memiliki akun di bank.
Menurut riset Bank Dunia terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi masyarakat yang memiliki akun di bank. Antara lain, lokasi bank yang cukup jauh, keterbatasan uang, dan biaya administrasi yang mahal.
Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo Hans Patuwo mengatakan GoPay Tabungan by Jago menjawab tantangan masyarakat unbanked. Dia menjelaskan, GoPay Tabungan by Jago adalah rekening transaksi sehari-hari pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan uang elektronik (e-money) yang simpel dengan keunggulan bank.
"Jika sebelumnya GoPay hanya digunakan sebagai layanan pembayaran, kini GoPay juga dapat digunakan untuk transfer, menyimpan uang untuk transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, dalam satu aplikasi," kata Hans dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/10).
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jago Arief Harris Tandjung menyebut GoPay Tabungan by Jago diluncurkan sebagai bagian dari kelanjutan kolaborasi strategis antara GoPay dan Bank Jago, bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem digital.