8 Cafe di Jogja Terbaru yang Unik dan Kekinian

Ragam cafe di Jogja menyajikan pengalaman bersantap yang unik dan berkesan. Dengan konsep dan tema yang khas, cafe di Jogja berikut ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.
Image title
29 September 2021, 13:56
Interior cafe Pengilon, salah satu cafe di Jogja
instagram.com/pengilon.id
Interior cafe Pengilon yang terletak di di Jalan Shinta No.8, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Potensi wisata di kota Yogyakarta sangat beragam. Dari wisata budaya, alam, hingga kuliner, Yogyakarta menghadirkan pilihan sesuai selera Anda.

Letak Yogyakarta yang dikelilingi perbukitan dan pantai menjadikan kota ini ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Parangtritis merupakan contoh pantai yang populer dikunjungi. Selain itu, perkembangan budaya juga menciptakan kemajuan dalam industri cafe di Jogja.

Bersantai di cafe kini bukan sekadar untuk menyantap makanan dan minuman, tetapi juga sebagai sarana wisata. Tren cafe hopping atau berpindah-pindah cafe merupakan hal yang sedang populer di kalangan muda.

Berkunjung ke beberapa cafe juga berdampak positif karena publisitas yang didapatkan cukup baik sehingga menarik lebih banyak pelanggan. Cafe di Jogja jumlahnya cukup banyak dan memiliki ciri khas tersendiri.

Saat berkunjung ke Kota Gudeg, Anda dapat mencoba mengunjungi cafe di Jogja berikut ini.

1. Kolona Kitchen and Coffee

Cafe Kolona Kitchen and Coffee
Cafe Kolona Kitchen and Coffee (kolona.id)

 

Cafe Kolona Kitchen and Coffee memiliki tampilan seperti kuil di Yunani. Arsitektur ala Eropa berpadu dengan atmosfer yang berbeda di setiap area restoran, menjadikan cafe ini unik.

Ragam hidangan dari Barat, Mediterania, dan Asia Indonesia dapat Anda pilih. Area indoor didominasi warna gelap yang elegan. Sedangkan area outdoor menyajikan suasana taman yang asri dan nyaman.

Menu andalan di Kolona Kitchen and Coffee adalah Steak Tenderloin Gorgonzola dengan daging sapi Australia dan Rock Lobster Thermidor dengan lobster segar. Terdapat area VVIP yang disediakan bagi tamu dengan pembelanjaan minimal Rp 500 ribu.

Bagi penggemar pastri, jangan sampai melewatkan olahan roti seperti pita bread, croissant, dan soft roll yang lembut. Sajian kopi juga cocok dicoba. Menu kopi Gorgias diibuat dari perpaduan Robusta Lampung yang halus dan biji kopi Jawa Barat pilihan.

Selama PPKM, Kolona Kitchen and Coffee menawarkan jasa pesan antar tanpa tambahan biaya untuk jarak maksimal 3 kilometer. Letak cafe ini berada di Jalan Palagan TP Km.8, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai dari 09.00-21.00 WIB.

2. Pengilon

Pengilon merupakan sebuah cafe yang terletak di Jalan Shinta No.8, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Konsep cafe ini unik karena menyajikan menu balanced eating yang bersumber dari perkebunan, pertanian, dan peternakan lokal. Bahan-bahan diolah dengan baik sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga dan bermanfaat untuk kesehatan.

Menu khas dari Pengilon adalah Signature Ayam Pengilon yang terbuat dari dada ayam dengan saus jamur, kentang, salad, dan vinaigrette dressing yang dapat menggugah selera sekaligus memenuhi asupan gizi yang baik.

Terdapat beragam menu salad yang lezat dan cocok untuk Anda yang tidak suka sayur karena menu tersebut dipadukan dengan protein seperti daging ikan dan sapi sehingga gurih. Untuk anak-anak, ada ragam pilihan Kid’s Meal yang sehat serta hidangan penutup yang manis.

Lokasi cafe Pengilon berada di area asri dengan pepohonan rimbun serta rerumputan yang luas sehingga pengunjung dapat menjelajahi sekitar. Desain interior cafe didominasi warna abu-abu yang terkesan industrial serta dilengkapi perabot dan hiasan alami.

3. Carney Co

Cafe Carney Co
Cafe Carney Co (instagram.com/carney_co)

 

Cafe Carney Co menampilkan arsitektur yang dominan warna putih dengan aksen warna pirus yang indah. Lokasinya berada di Jalan Garuni II, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terdapat area outdoor dan indoor yang dapat dipilih sesuai selera. Uniknya, terdapat bangunan berbentuk piramida dengan rangka warna merah jambu dan panel kaca. Area sekitar bangunan ini biasa digunakan untuk acara live musik atau sebagai wedding venue.

Bagian indoor menyediakan tempat untuk bersantai, seperti area bean bag, sofa, dan tempat duduk lainnya.

Mengusung slogan “Beauty of Creativity”, Carney Co menghadirkan area luas untuk co-working, berkumpul, serta menyelenggarakan acara. Terdapat meeting room dengan kapasitas kecil dan besar serta fasilitas penunjang seperti AC, Wi-Fi, proyektor, dan papan tulis.

Sajian makanan dan minuman juga ditawarkan oleh Carney Co, seperti ragam kopi, teh, cokelat, mojito, salad, pasta, olahan ayam, seafood, dan masih banyak lagi dengan harga yang bervariasi.

4. Kopi Klotok Menoreh

Beralih ke cafe nuansa tradisional, Kopi Klotok Menoreh menghadirkan suasana alam khas pedesaan yang berpadu dengan bangunan tradisional. Cafe ini berada di Jalan Raya Kaligesing, Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menu makanan khas di Kopi Klotok Menoreh salah satunya adalah ayam bakar bumbu rujak. Menikmati hidangan tersebut sambil bersantai dikelilingi sawah dan perbukitan dapat menjadi pilihan untuk meredakan stres.

Sambil menikmati suasana, terdapat pertunjukan musik untuk menemani hari Anda. Area Kopi Klotok Menoreh juga dapat disewa untuk melangsungkan pernikahan. Ada pula wahana ayunan bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Saat malam hari, bagian outdoor cafe dihias oleh lampu-lampu indah, sehingga suasana terasa nyaman. Anda dapat memilih duduk di kursi atau di bean bag sambil mengobrol bersama teman dan keluarga.

5. Terrassen Tea House & Eatery

 Terrassen Tea House & Eatery
Terrassen Tea House & Eatery (instagram.com/terrassen.id)

 

Terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar No.Km. 8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Terrassen Tea House & Eatery merupakan cafe dengan konsep modern dan minimalis.

Hidangan Entrecôte Café de Paris menjadi andalan cafe ini. Minuman teh yang bervariasi merupakan daya tarik utama. Terdapat pilihan hidangan utama dan penutup yang juga dapat Anda coba.

Interior cafe Terrassen Tea House & Eatery memiliki kesan industrial dengan plafon tinggi, jendela lebar, serta penggunaan perabot warna netral. Keunikan dapat dilihat dari fitur tempat makan yang didesain serupa sangkar burung.

6. Daheim Kaffee Kollab Kultur

Daheim Kaffee Kollab Kultur
Daheim Kaffee Kollab Kultur (daheim.id)

 

Cafe unik ini menggabungkan konsep co-working space dan kuliner. Daheim Kaffee Kollab Kultur berada di Jalan Pandega Marta No.39, Manggung, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terdapat area luas dengan kapasitas hingga 30 orang untuk disewakan sebagai tempat menyelenggarakan acara. Hidangan yang disajikan beragam, mulai dari kopi, teh, jus, hidangan ringan hingga hidangan penutup.

Suasana Daheim Kaffee Kollab Kultur terasa nyaman dengan perpaduan perabotan antik serta jendela bergaya arch windows seperti bangunan era Victoria. Bagian luar cafe menampilkan gaya arsitektur Eropa yang cocok dijadikan latar foto.

7. BunJu Cafe & Mart

Tak perlu datang ke Korea Selatan untuk menikmati suasana supermarket dan hidangannya. BunJu Cafe & Mart menyajikan pengalaman unik berbelanja serasa di Korea Selatan dengan pilihan produk Korea yang bervariasi.

Hidangan khas Korea seperti kimbap, tteokbokki, ramyeon, dan dalgona dapat Anda nikmati disini. Makanan ringan kekinian juga tersedia untuk cemilan. Lokasi tempat ini ada di Jalan Cendrawasih No. 32b, Mrican, Demangan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. South Shore

Menikmati keindahan laut sambil menyantap hidangan favorit Anda dapat dilakukan di South Shore. Lokasinya yang strategis terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari cafe ini, pengunjung dapat langsung melihat laut. Bangunan yang serba putih membuat suasana disini terasa seperti berada di Santorini, Yunani. Aksen rumbai pada payung serta penggunaan perabotan kayu menghadirkan sentuhan alami yang berpadu dengan biru laut sehingga indah dipandang.

Makanan dan minuman yang disajikan bervariasi, mulai dari hidangan Asia hingga Eropa. Keindahan panorama laut menjadi objek foto yang menarik. Akses pantai dapat dicapai langsung dari cafe sehingga membuat betah.

Demikian rekomendasi cafe di Jogja. Pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan saat berkunjung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait