8 Oleh-oleh Jogja Kekinian yang Menarik dengan Rasa Istimewa

Image title
30 September 2021, 10:28
Bakpia Kukus Tugu Jogja, salah satu oleh-oleh Jogja kekinian
bakpiakukustugu.co.id
Bakpia Kukus Tugu Jogja, salah satu oleh-oleh Jogja kekinian

Berbicara mengenai makanan di Jogja, hidangan gudeg mungkin paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, julukan Kota Gudeg melekat pada kota ini. Penjual gudeg juga banyak ditemukan dengan cita rasa masing-masing.

Selain kuliner tradisional, Jogja juga menghadirkan sajian modern. Dengan inovasi yang terus berkembang, cita rasa Jogja kini dapat dinikmati melalui ragam oleh-oleh yang kekinian.

Advertisement

Perpaduan bahan lokal dengan sajian inovatif menghasilkan oleh-oleh Jogja kekinian yang lezat dan nikmat. Rasanya tak lengkap jika tak membawa oleh-oleh setelah berkunjung ke Jogja. Simak rekomendasi oleh-oleh Jogja kekinian ini.

1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Tugu Jogja merupakan oleh-oleh kekinian khas Jogja yang menghadirkan inovasi bakpia kukus. Brand ini merupakan bagian dari PT. Agrinesia Raya. Bakpia Tugu Jogja memiliki dua jenis lapisan luar, yaitu Original dan Brownies.

Dalamnya, terdapat isian lezat yang dapat dipilih sesuai selera, meliputi cokelat, keju, kacang hijau, dan stroberi. Harga Bakpia Kukus Tugu Jogja bervariasi. Satu boks berisi 5 buah dihargai Rp 18.000, isi 10 seharga Rp 35.000, dan boks khusus Reguler Pack isi 10 seharga Rp 36.000.

Tersedia beberapa toko cabang di Jogja, seperti di Mall Malioboro Lantai LG dan Jalan Solo KM.9 No.3, Karangploso, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Bakpia Kukus Tugu Jogja juga dapat dibeli melalui e-commerce Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, serta melalui layanan pesan antar GoFood.

2. Bakpia Paris

Bakpia Paris
Bakpia Paris (instagram.com/timothius_suhandy)

Bakpia sebagai salah satu makanan yang banyak dikenal di Jogja dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh. Inovasi dari chef William Zoratti menghasilkan oleh-oleh Jogja kekinian, yaitu Bakpia Paris.

Berbeda dengan bakpia tradisional yang berbentuk bulat, Bakpia Paris berwujud kotak dengan lapisan topping diatasnya. Tekstur bakpia yang lembut berpadu dengan kelezatan topping yang bervariasi.

Ada tiga varian yang ditawarkan, yaitu Cheesy Cheese, Choco Rocky, Durian Elysse, dan Almond Versailles. Setiap boks berisi enam hingga 12 buah bakpia dengan harga Rp 27.500 - Rp 52.800.

Jika ingin mencicipi semua rasa, varian Kombo isi 12 buah bisa jadi pilihan. Harganya Rp 55.000. Bakpia Paris dapat dibeli langsung di toko yang terletak di Jalan Urip sumoharjo No. 37, Jalan Jogonegaran No. 2, dan cabang lain.

Bagi Anda yang tak sempat berkunjung ke Jogja, Bakpia Paris juga dapat dipesan melalui sistem pre-order yang ditawarkan di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Masa simpan bakpia adalah 7 hari sejak tanggal diproduksi.

3. Mamahke Jogja

Oleh-oleh Jogja kekinian selanjutnya merupakan kreasi pasangan artis Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo. Mamahke Jogja menghadirkan kue aneka rasa yang nikmat serta tampilan yang dapat menggugah selera.

Mamahke Jogja menawarkan pilihan kue Reguler terdiri dari rasa red velvet, cheese, double chocolate, dengan harga Rp 65.000 serta rasa tiramisu dengan harga Rp 60.000. Ada juga varian Roll Cake yang terdiri dari rasa triple chocolate dan es teler seharga Rp 45.000. Sedangkan rasa tiramisu dan cheese dihargai Rp 43.000.

Jika ingin mencoba untuk pertama kali, tersedia produk Krucils yang berukuran kecil seharga Rp 20.000 dengan varian rasa red velvet, cheese, dan double chocolate.

4. Kue Ogura Oma Opa

Kue Ogura Oma Opa
Kue Ogura Oma Opa (instagram.com/omaopa_cakery)

Toko kue Oma Opa di Jogja menciptakan inovasi kue Ogura dengan rasa lokal yang lezat. Tekstur kue Ogura mungkin merupakan persilangan antara bolu kukus dan kue sifon. Kue Ogura terasa lembut dan ringan dengan bagian luar berwarna cokelat keemasan.

Terdapat dua jenis adonan kue Ogura yang ditawarkan toko Oma Opa, yaitu rasa keju dan cokelat berukuran 21 x 9 cm dan dapat bertahan dua hari pada suhu ruangan serta empat hari di dalam kulkas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement