7 Tempat Wisata Majalengka dengan Pesona Alam Memukau

Image title
16 Maret 2022, 11:27
Keindahan Bukit Mercury Sayang Kaak, salah satu tempat wisata Majalengka
Unsplash/Ilmi Amali Q. A.
Keindahan Bukit Mercury Sayang Kaak, salah satu tempat wisata Majalengka

Secara geografis, Kabupaten Majalengka terletak di bagian Timur Provinsi Jawa Barat. Majalengka berbatasan langsung dengan Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya dan Sumedang.

Untuk mencapai Majalengka, pengunjung bisa menempuh jalur darat via bus atau kereta api di Cirebon yang dilanjutkan ke tujuan. Khusus jalur udara pengunjung dapat langsung mendarat di Bandara Internasional Kertajati.

Ada banyak tempat wisata di Majalengka, mulai dari wisata alam, seperti pegunungan, pertanian, perkebunan, hingga wisata buatan. Berkunjung ke Majalengka bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan karena daerah ini tidak seramai kota tujuan wisata lainnya.

Simak rekomendasi tempat wisata Majalengka berikut ini.

1. Situ Cipanten

Situ Cipanten
Situ Cipanten (badan-penghubung.jabarprov.go.id)

Situ Cipanten terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Tempat wisata ini berupa danau alami yang warna airnya menawan. Situ Cipanten menempati lahan seluas sekitar satu hektare dan dikelilingi kawasan hutan serta pegunungan. Selain sebagai tempat wisata, Situ Cipanten juga berfungsi sebagai pengairan dan perikanan.

Ada banyak spot foto menarik di tempat wisata Majalengka ini. Pengunjung juga dapat bermain di dalam air danau dengan pelampung. Ada pula ayunan yang menawarkan sensasi berayun tepat di atas danau.

Untuk mengunjungi lokasi ini, pengunjung diberikan beberapa rute. Jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Majalengka, pengunjung akan menempuh jarak sekitar 16 km. Rute yang ditempuh mulai dari Majalengka ke Rajagaluh, setelah itu ke Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang.

Namun, jika wisatawan luar Majalengka memulai perjalanan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, jarak yang ditempuh sekitar 38,3 km dan memakan waktu 1 jam dengan melewati Jl. Jatiwangi - Majalengka / Jl. Jatiwangi - Majalengka - Karayunan.

Lokasi Situ Cipanten buka setiap hari, Senin sampai Minggu. Jam bukanya adalah mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.15. Harga tiket masuk Situ Cipanten adalah Rp5.000 per orang. Pengunjung juga dapat menikmati wahana becak air seharga Rp20.000 per 20 menit, menyewa perahu seharga Rp5.000 atau mengunjungi spot foto seharga Rp2.500.

2. Bukit Mercury Sayang Kaak

Bumi Perkemahan Bukit Mercury Sayang Kaak yang cocok jadi lokasi liburan. Berada di Cibuluh Blok, Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Tempat wisata ini menyajikan panorama yang memukau dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, Gunung Ciremai dapat terlihat dengan megah dari kejauhan.

Tempat wisata Majalengka ini merupakan spot foto yang ciamik. Wisatawan dapat berfoto dengan latar perbukitan hijau dan langit yang biru. Adapun dekorasi buatan yang semakin mempercantik tempat wisata ini. Untuk masuk ke Bukit Mercury Sayang Kaak, pengunjung cukup membayar Rp10 ribu.

3. Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan
Terasering Panyaweuyan (survive-giezag.org)

Terasering Panyaweuyan menawarkan pemandangan alam yang eksotik dalam bentuk sawah berundak yang hijau. Lokasinya berada di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Tempat wisata Majalengka ini Berjarak 23 km dan dapat ditempuh dalam 50 menit perjalanan dari pusat kota Majalengka ke lokasi. Sedangkan jika perjalanan wisata dimulai dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati dapat mengambil rute melalui Jl. Kertajati - Kadipaten dan Jl. Majalengka - Cikijing selama 1 jam 21 menit dengan jarak 47,1 km.

Terasering Panyaweuyan terletak 2000 meter di atas permukaan laut sehingga memberikan udara sejuk, asri, dan eksotis untuk dinikmati. Daerah ini pada dasarnya adalah bukit gundul yang digunakan sebagai lahan pertanian. Karena bentang alamnya yang curam, satu-satunya cara mereka bisa membuatnya bekerja adalah dengan membuat terasering.

Sebagian besar petani di Panyaweuyan menanam sayuran seperti kubis, bawang merah, atau selada yang tersebar dalam bukit-bukit hijau nan indah. Terasering Panyaweuyan cocok dikunjungi untuk melepas lelah sambil berfoto dan menikmati keindahan alam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...