10 Makanan Khas Korea Ini Menarik untuk Dicoba

Makanan khas Korea menampilkan warna, aroma, tekstur dan bahan musiman yang diolah dengan berbagai metode sehingga menghasilkan rasa yang menarik.
Image title
23 Maret 2022, 10:47
Ilustrasi, makanan khas Korea yang terdiri dari nasi dan sayuran, Bibimbap.
Pixabay/tommy pixel
Ilustrasi, makanan khas Korea yang terdiri dari nasi dan sayuran, Bibimbap.

Korea Selatan menawarkan beragam kuliner yang nikmat. Mulai dari daging panggang, semur panas, hingga olahan cabai dan acar, makanan khas Korea menyediakan banyak pilihan bagi para pecinta kuliner.

Makanan khas Korea menampilkan warna, aroma, tekstur dan bahan musiman yang diolah dengan berbagai metode sehingga menghasilkan rasa yang khas. Berdasarkan publikasi The Korea Foundation, bawang putih dan cabai adalah bumbu paling populer yang digunakan dalam makanan khas Korea.

Selain itu, budaya kuliner Korea kaya akan harmoni dalam metode memasak maupun menyantap. Makanan khas Korea seperti kimchi, bulgogi, japchae, dan bibimbap terdiri dari bahan dan bumbu yang dicampur bersama untuk menciptakan keharmonisan rasa.

Selengkapnya, berikut makanan khas Korea yang menarik untuk dicoba.

Advertisement

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran asin dan difermentasi. Kimchi biasanya terbuat dari sawi putih, lobak putih, dan mentimun yang diasinkan dan diawetkan dengan bubuk cabai merah, bawang putih, jahe, daun bawang dan kecap ikan.

Kimchi hadir dalam dua kategori, yaitu kimchi biasa dan kimchi musim dingin yang disebut gimjang kimchi. Kimchi biasa mudah dibuat dan tidak memakan waktu lama. Sedangkan kimchi musim dingin dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan untuk waktu yang lebih lama.

2. Bibimbap

Bibimbap merupakan hidangan yang terdiri dari semangkuk nasi dengan sayuran segar di atasnya yang dibumbui pasta cabai merah. Makanan khas Korea ini dicampur bersama sebelum dimakan. Daging sapi atau telur goreng juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap.

Ada banyak gaya dan variasi regional dari hidangan bibimbap. Kota Jeonju dan Jinju terkenal dengan bibimbap yang khas. Makanan ini melambangkan harmoni dan keseimbangan antara rasa dan nutrisi dalam sebuah mangkuk.

3. Japchae

Japchae atau chapchae merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari mie dan sayuran. Saus japchae mengandung rasa manis dan gurih yang terbuat dari gula merah, kecap asin, dan minyak wijen.

Japchae biasanya disajikan dengan taburan biji wijen dan irisan cabai. Hidangan ini dapat disajikan panas atau dingin dan menjadi sajian dalam pesta-pesta Korea dan acara-acara khusus dengan tambahan sayuran musiman.

4. Tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan khas Korea yang terbuat dari kue beras kenyal dan pasta cabai gochujang yang khas. kuenya ditaburi irisan kue ikan eomuk goreng, kol, daun bawang, dan bawang putih.

Tteokbokki mengandung rasa gurih, asin, dan manis dari perpaduan gula, garam dan rempah-rempah. Hidangan ini banyak dijual di pinggir jalan dan dapat disesuaikan dengan menambahkan atau mengubah bahan sesuai selera.

5. Samgyeopsal

Di Korea, kata samgyeopsal berarti ‘perut babi’ dan sering mengacu pada samgyeopsal-gui atau perut babi panggang. Makanan khas Korea ini biasa disajikan saat makan malam. Samgyeopsal terdiri dari irisan daging perut babi yang tebal dan berlemak. Daging tersebut biasanya tidak dibumbui dan dimasak di atas panggangan di meja makan.

6. Sundubu Jjigae

Sundubu-jjigae adalah sup berbumbu pedas yang dibuat dengan sejenis tahu lembut seperti sutra yang disebut sundubu. Makanan khas Korea ini disajikan dalam mangkuk tanah liat yang didesain khusus.

Sundubu jjigae dibuat dengan tahu mentah yang sangat lembut, makanan laut, jamur, bawang, rumput laut, dan gochujang. Telur mentah dipecah langsung ke dalam rebusan sesaat sebelum dimakan.

7. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon adalah olahan mie dengan saus kacang hitam yang difermentasi. Makanan khas Korea ini dilengkapi irisan mentimun, daun bawang, telur, udang rebus atau irisan rebung goreng.

Jjajangmyeon sering dimakan pada hari pindahan karena hidangan ini mudah disajikan. Biasanya, orang Korea juga menyajikan jjajangmyeon untuk pekerja yang membantu mereka dalam memindahkan barang.

8. Dongchimi

Dongchimi adalah sejenis kimchi yang terbuat dari lobak Korea, kubis napa, daun bawang, acar cabai hijau, jahe, pir Korea, dan air garam. Dongchimi rasanya seperti sup bening dingin yang ringan dan menyegarkan dengan rasa lobak yang sedikit pahit.

Dongchimi biss digunakan sebagai sup untuk membuat dongchimi guksu (sup mie dingin) dan naengmyeon. Makanan khas Korea ini juga dapat disajikan dengan kue beras atau ubi kukus untuk menyeimbangkan rasanya yang tajam.

9. Naengmyeon

Naengmyeon adalah makanan khas Korea yang terbuat dari mie tepung dan pati serta berbagai bahan pelengkap. Naengmyeon biasanya diberi irisan mentimun, pir Korea, acar lobak, daging sapi rebus, dan telur rebus. Hidangan ini mengandung rasa manis, berempah, dan gurih.

10. Gimbap

Gimbap adalah nasi gulung dan isian lainnya yang dibungkus rumput laut dan dipotong-potong berukuran kecil. Isiannya termasuk wortel, bayam, telur, dan daging ham. Isi lainnya berkisar dari kimchi dengan tuna kalengan hingga bulgogi dengan acar daikon.

Selain itu, ada berbagai jenis gimbap, seperti samgak gimbap (gimbap berbentuk segitiga), koma gimbap (gimbap ukuran seteguk), dan chungmu gimbap (nasi gulung dengan bejana kering dengan lauk pedas yang terbuat dari sotong dan lobak).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait