26 Makanan Korea Populer, Bisa Dibuat dari Rumah

Siti Nur Aeni
14 September 2021, 14:05
Bibimbap, salah satu makanan korea yang populer
pixabay.com
Bibimbap, salah satu makanan korea yang populer

Tren K-pop membawa efek cukup luas di Indonesia, salah satunya ketertarikan terhadap budaya Korea Selatan (Korsel). Banyak orang kemudian ingin mengetahui lebih jauh mengenai Negeri Ginseng, salah satunya makanan Korea. Drama Korea dan berbagai tayangan dari Korsel lainnya, banyak memberikan pengaruh terhadap pengenalan makanan khas dari negara tersebut.

Makanan Khas Korea

Sama halnya dengan negara lain, Korea Selatan juga memiliki beberapa makanan khas yang siap menggoyang lidah penikmatnya. Beberapa makanan khas Negeri Ginseng ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Ingin tahu apa saja makanan khas Korea? Berikut daftarnya.

Advertisement

1.Kimchi

Mendengar kata Korea, akan mengingatkan langsung dengan kimchi. Sayuran fermentasi dengan warna oranye ini sudah sangat populer tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Kimchi umumnya terbuat dari sawi putih yang difermentasi menggunakan berbagai bumbu seperti bubuk cabai, bawang putih, ikan asin, dan lain-lain. Adapun waktu fermentasi kimchi sekitar satu minggu, namun ada juga varian yang bisa langsung dikonsumsi begitu dibuat. Bagi orang Korea, kimchi harus ada di setiap makanan harian, sebagai lauk pendamping nasi dan makanan lainnya.

2. Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan Korea yang dikenal sebagai nasi campur. Makanan ini tergolong menu sehat dan bernutrisi, karena terdapat banyak jenis sayuran seperti wortel, timun, lobak, dan lainnya. Selain itu, dalam seporsi bibimbap juga terdapat telur ceplok dan daging sapi yang membuat kandungan gizinya semakin lengkap. Makanan ini cocok disantap pagi, siang, atau malam hari.

3. Bulgogi

Pilihan makanan Korea lainnya yang bisa dicoba yaitu bulgogi. Makanan ini mirip dengan makana asal Jepang, yakni beef teriyaki. Keduanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utama,kemudian ditumis atau dipanggang bersama bumbu khas. Bulgogi akan terasa semakin nikmat jika dikonsumsi dengan nasi khas Korea, serta kimchi.

4. Kimbap

Sekilas makanan ini mirip dengan sushi, namun keduanya berbeda terutama dari bahan pembuatnya. Jika sushi umumnya terbuat dari nasi dan ikan, namun kimbap terbuat dari bahan yang lebih beragam seperti telur, sayur, dan daging. Makanan Korea halal ini cukup banyak diminati, dan cocok untuk dijadikan bekal sekolah anak.

5. Jajangmyeon

Pecinta mie mungkin akan tertarik untuk mencicipi makanan khas Korea yang satu ini. Jajangmyeon merupakan olahan mie yang berasal dari Negeri Ginseng dengan tambahan saus kedelai hitam yang membuatnya berwarna gelap. Makanan ini juga biasanya ditambah topping seperti sayuran dan daging yang membuat rasanya semakin kaya.

6. Tteokbokki

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Tteokbokki atau kue beras khas Korea ini sudah sering wari-wiri di berbagai judul drama Korea. Makanan ini memiliki rasa pedas dengan tekstur kenyal. Biasanya, tteokbokki dijual di pinggir jalan dan dinikmati bersama fish cakes, telur rebus, dan irisan daun bawang yang membuat rasanya semakin lezat.

7. Eomuk guk

Makanan ini sebenarnya mirip dengan pangsit, hanya saja penyajiannya berbeda. Eomuk guk terbuat dari gorengan ikan yang ditusuk, kemudian disajikan bersama kuah. Eomuk guk yang rasanya mirip dengan otak-otak ikan ini paling cocok dinikmati saat musim hujan ataupun cuaca dingin.

8. Samgyetang

Makanan berkuah lainnya yang juga berasal dari Korea yaitu samgyetang. Sup ini terbuat dari daging ayam utuh, ginseng, dan berbagai bumbu rempah yang membuat rasanya semakin lengkap. Samgyetang merupakan sup daging ayam utuh yang diisi dengan nasi ketan, akar ginseng,  kurma korea dan bawang putih.

Daging ayam tersebut kemudian direbus bersama kaldu dan bumbu lainnya. Bagi muslim, Samgyetang bisa menjadi pilihan menu santapan saat berkunjung ke Korea Selatan.

9. Miyeok guk

Miyeok guk atau sup rumput laut ini sudah sangat populer. Di negara asalnya, miyeok guk disajikan saat perayaan ulang tahun. Sup ini berbahan dasar rumput laut yang dilengkapi bumbu seperti minyak wijen, bawang putih, dan gochujang. Selain lezat, miyeok guk juga dipercaya mampu menjaga stamina tubuh tetap sehat.

10. Mandu guk

Masih dari kelompok sup, kali ini ada makanan khas Korea berkuah yakni mandu guk. Makanan ini terdiri dari pangsit rebus dengan isi kimchi, daging, dan seafood. Tambahan kue beras, sayuran, daging, dan telur menjadikan makanan ini semakin unik. Menu ini bisa menghangatkan tubuh sehingga cocok dikonsumsi sebagai menu makan malam atau saat musim dingin tiba.

11. Juk

Juk atau bubur Korea juga menjadi makanan khas yang bisa Anda coba. Meski sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dengan tambahan banyak air, namun juk berbeda dangan bubur yang ada di Indonesia. Salah satu perbedaan yang menonjol yaitu pada varian rasanya. Juk memiliki banyak varian mulai dari bubur polos, bubur ayam, bubur kacang merah, bubur udang, dan bubur abalon.

12. Bungeo ppang

Bungeo ppang merupakan roti yang berbentuk ikan dengan isian kacang merah, cokelat, keju, dan berbagai varian rasa lainnya. Makanan ini biasanya dijual di pinggir jalan, sehingga bungeo ppang masuk dalam kelompok street food yang populer.

13. Hotteok

Makanan khas Korea yang juga halal yaitu hotteok. Makanan ini mirip dengan pancake, dengan menggunakan adonan roti. Hotteok memiliki isian di dalamnya, seperti madu, sirup gula merah, sayuran, bihun Korea, hingga kimchi.

14. Pajeon

Gorengan khas Korea selanjutnya yaitu pajeon. Ukurannya sangat besar seperti ukuran wajan anti lengket, dan terdiri dari berbagai campuran sepertti daun bawang yang dibiarkan memanjang tanpa di potong. Daun  bawang tersebut kemudian diletakkan di atas wajan anti lengket, lalu secara perlahan disiram adonan tepung. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement