10 Makanan Khas Spanyol Ini Kaya Rempah dan Istimewa

Makanan khas Spanyol menyajikan olahan hidangan laut, roti, daging, dan aneka produk lokal terbaik yang kaya rempah dan istimewa.
Image title
24 Maret 2022, 10:50
Ilustrasi gazpacho, makanan khas Spanyol
Unsplash/Nadya Filatova
Ilustrasi gazpacho, makanan khas Spanyol

Makanan khas Spanyol mungkin terkenal dengan berbagai olahan tapas, yaitu makanan pembuka atau camilan yang disajikan dingin atau panas. Dari olahan hasil laut yang menyegarkan hingga daging yang dipanggang secara tradisional, makanan khas Spanyol memanfaatkan produk lokal terbaik dan diolah dengan bumbu yang melezatkan.

Berikut rekomendasi makanan khas Spanyol.

1. Croquetas de pollo

Croquetas de pollo adalah makanan khas Spanyol berupa kroket ayam. Hidangan ini terbuat dari saus béchamel yang sangat kental dan potongan daging, biasanya daging ham atau ayam.  Tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Croquetas de pollo biasanya disajikan sebagai makanan pesta dan dijual oleh pedagang kaki lima.

2. Gazpacho

Gazpacho merupakan makanan khas Spanyol yang dibuat dari tomat, minyak zaitun, bawang putih, roti, paprika dan mentimun yang diblender hingga halus, lalu didinginkan dan dituangkan ke dalam mangkuk atau gelas.

Advertisement

Gazpacho  biasanya disajikan dingin dengan topping telur rebus cincang dan ham Serrano. Hidangan ini banyak dikonsumsi di Spanyol dan Portugal, terutama selama musim panas, karena menyegarkan.

3. Pisto

Pisto adalah hidangan Spanyol yang berasal dari wilayah Murcia, Castilla La Mancha dan Extremadura. Pisto terbuat dari tomat, bawang bombay, terong atau cukini, paprika hijau dan merah, dan minyak zaitun.

Hidangan ini sangat sehat karena banyaknya sayuran sebagai sumber vitamin. Pisto juga sangat serbaguna karena dapat dikonsumsi dingin atau panas dan dapat menjadi hidangan utama atau iringan.

4. Pulpo a la gallega

Pulpo a la gallega adalah hidangan cumi-cumi dari negara bagian Galicia di barat laut Spanyol. Makanan khas Spanyol ini dibuat dari gurita, minyak zaitun, paprika dan garam. Pulpo a la gallega secara tradisional disajikan di piring kayu dengan irisan kentang dan di atasnya ditaburi irisan gurita.

5. Fabada asturiana

Fabada asturiana atau fabada, adalah sup kacang khas Spanyol yang kaya. Hidangan ini berasal dari Kerajaan Asturias dan kini tersedia secara luas di seluruh Spanyol maupun restoran Spanyol di seluruh dunia.

Resep fabada khas Spanyol terdiri dari kacang putih besar yang disebut fabes, morcilla (sosis darah), chorizo (sosis berbumbu paprika), dan tocino (perut babi). Bahan-bahan ini sering dijual bersama dalam satu paket vakum, sehingga membuat persiapan menjadi lebih mudah.

6. Paella

Paella merupakan hidangan nasi yang kaya akan rempah safron. Makanan khas Spanyol ini dimasak dengan daging, hasil laut, dan sayuran. Berasal dari daerah Mediterania Spanyol, paella identik dengan wilayah Valencia. Bahan paella dapat bervariasi tergantung pada jenis paella atau daerah tempat pembuatannya.

7. Pa amb tomàquet

Pa amb tomàquet adalah makanan tradisional dari Catalan, Valencia, Aragon, Balearic, dan Murcian di Spanyol. Bahannya hanya lima jenis, yaitu roti, tomat, minyak zaitun, bawang putih, dan garam. Di Madrid, pan con tomate biasanya disajikan sebagai sarapan. Hidangan ini juga disebut tostada con tomate.

8. Tortilla de patatas

Tortilla de patatas merupakan makanan khas Spanyol yang terbuat dari campuran telur, kentang, bawang bombay, minyak zaitun, dan garam. Biasanya, hidangan ini disantap bersama roti baguette dan salad hijau.

Melansir The Culture Trip, salah satu kisah populer menyatakan bahwa tortilla de patatas diciptakan oleh seorang jenderal bernama Tomás de Zumalacárregui. Ia menciptakan tortilla de patatas sebagai cara yang murah dan mudah untuk memberi makan pasukannya selama pengepungan Bilbao.

Versi lain dari cerita menyatakan bahwa tortilla de patatas sebenarnya diciptakan oleh petani miskin. Terlepas dari asal mulanya, tortilla de patatas merupakan salah satu makanan khas Spanyol yang terkenal dan disukai secara universal.

9. Jamón Ibérico

Jamon iberico adalah sebutan untuk daging ham yang terbuat dari babi Spanyol. Ham ini berasal dari jenis babi hitam Iberia. Jenis babi ini berharga cukup mahal. Mereka memiliki anakan yang lebih kecil, menghasilkan lebih sedikit daging per ekor, dan membutuhkan waktu untuk matang.

Makanan khas Spanyol ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka untuk santapan lezat. Irisan segar, sangat tipis, dengan irisan kecil disajikan di piring. Biasanya dimakan langsung tanpa pendamping, tapi mungkin ada sedikit roti segar di sampingnya.

10. Gambas al ajillo

Gambas al ajillo atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan shrimp with garlic merupakan makanan tapas klasik Spanyol. Hidangan ini terbuat dari udang berbalut minyak zaitun yang diresapi bawang putih dengan sedikit paprika asap dan sentuhan manis dari sherry (minuman anggur). Asal usul gambas al Ajillo tidak diketahui secara pasti, tetapi makanan ini umum ditemui di bagian selatan dan tengah Spanyol.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait