10 Makanan Khas Spanyol Ini Kaya Rempah dan Istimewa

Image title
24 Maret 2022, 10:50
Ilustrasi gazpacho, makanan khas Spanyol
Unsplash/Nadya Filatova
Ilustrasi gazpacho, makanan khas Spanyol

Makanan khas Spanyol mungkin terkenal dengan berbagai olahan tapas, yaitu makanan pembuka atau camilan yang disajikan dingin atau panas. Dari olahan hasil laut yang menyegarkan hingga daging yang dipanggang secara tradisional, makanan khas Spanyol memanfaatkan produk lokal terbaik dan diolah dengan bumbu yang melezatkan.

Berikut rekomendasi makanan khas Spanyol.

Advertisement

1. Croquetas de pollo

Croquetas de pollo adalah makanan khas Spanyol berupa kroket ayam. Hidangan ini terbuat dari saus béchamel yang sangat kental dan potongan daging, biasanya daging ham atau ayam.  Tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Croquetas de pollo biasanya disajikan sebagai makanan pesta dan dijual oleh pedagang kaki lima.

2. Gazpacho

Gazpacho merupakan makanan khas Spanyol yang dibuat dari tomat, minyak zaitun, bawang putih, roti, paprika dan mentimun yang diblender hingga halus, lalu didinginkan dan dituangkan ke dalam mangkuk atau gelas.

Gazpacho  biasanya disajikan dingin dengan topping telur rebus cincang dan ham Serrano. Hidangan ini banyak dikonsumsi di Spanyol dan Portugal, terutama selama musim panas, karena menyegarkan.

3. Pisto

Pisto adalah hidangan Spanyol yang berasal dari wilayah Murcia, Castilla La Mancha dan Extremadura. Pisto terbuat dari tomat, bawang bombay, terong atau cukini, paprika hijau dan merah, dan minyak zaitun.

Hidangan ini sangat sehat karena banyaknya sayuran sebagai sumber vitamin. Pisto juga sangat serbaguna karena dapat dikonsumsi dingin atau panas dan dapat menjadi hidangan utama atau iringan.

4. Pulpo a la gallega

Pulpo a la gallega adalah hidangan cumi-cumi dari negara bagian Galicia di barat laut Spanyol. Makanan khas Spanyol ini dibuat dari gurita, minyak zaitun, paprika dan garam. Pulpo a la gallega secara tradisional disajikan di piring kayu dengan irisan kentang dan di atasnya ditaburi irisan gurita.

5. Fabada asturiana

Fabada asturiana atau fabada, adalah sup kacang khas Spanyol yang kaya. Hidangan ini berasal dari Kerajaan Asturias dan kini tersedia secara luas di seluruh Spanyol maupun restoran Spanyol di seluruh dunia.

Resep fabada khas Spanyol terdiri dari kacang putih besar yang disebut fabes, morcilla (sosis darah), chorizo (sosis berbumbu paprika), dan tocino (perut babi). Bahan-bahan ini sering dijual bersama dalam satu paket vakum, sehingga membuat persiapan menjadi lebih mudah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement