6 Makanan Khas Turki, dari Dondurma Sampai Kofte

Image title
23 Maret 2022, 14:15
Ilustrasi, Dondurma, makanan khas Turki.
Pexels.com/Tahabalta
Ilustrasi, Dondurma, makanan khas Turki.

Selain wisata alam, budaya dan sejarah yang kaya dan menjadikannya menarik untuk dikunjungi, Turki juga memiliki daya tarik lain berupa makanan khas yang tak jarang membuat wisatawan penasaran.

Makanan khas Turki sudah banyak memengaruhi hidangan di berbagai belahan dunia lain, seperti Asia Tengah, Timur Tengah dan wilayah Balkan. Nama masakan Turki sering menggunakan nama kota atau daerah asal masakan yang dapat diketahui dari cara memasak dan penggunaan bahan khas daerah tersebut.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait apa saja makanan khas Turki, ada baiknya untuk mengetahui sedikit tentang negara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan ini.

Sekilas tentang Turki

Secara sejarah, negara seluas 783.562 km2 ini mewarisi peradaban Romawi di Anatolia, peradaban Islam, Arab dan Persia. Sebagai warisan dari Kesultanan Utsmaniyah, pengaruh negara-negara barat modern juga terasa di Turk.

Turki dikenal sebagai negara yang memiliki jejak sejarah kerajaan besar, seperti Romawi, Bizantium, Dinasti Seljuk, dan Utsmani. Transisi kekuasaan tersebut menjadikan Turki memiliki kekayaan dalam hal peradaban. Tak heran jika Turki memiliki etnis beragam dengan budaya yang melimpah.

Mengutip buku "Turki yang Sekuler" oleh Tim Spirit Turki, sebagai sebuah partai di mana para pendirinya berasal dari gerakan Milli Gorus (gerakan politik keagamaan yang diwujudkan di Turki dalam perjuangan politik kelompok Islam), tindak-tanduk AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi, Partai Keadilan dan Pembangunan) dan Erdogan kerap dianggap sebagai gerakan kebangkitan Islam politik di Turki.

Kebijakan-kebijakan berbau Islam, seperti menaikan pajak minuman beralkohol dan mendekatkan diri dengan negara Arab, membuat persepsi AKP sebagai sebuah partai Islam menguat dan tiba-tiba melejit ketika Erdogan berani mengkonfrontir Presiden Israel, Simon Peres, pada 2009.

Di samping itu, Erdogan dinilai berhasil membuat Turki menjadi lebih baik daripada saat ia menjabat sebagai perdana menteri. Dengan begitu banyaknya apa yang ia capai, tidak heran jika ia berada di peringkat kelima dalam deretan 500 muslim yang berpengaruh tahun 2018 (The Royal Islamic Strategic Studies Centre, 2018).

Makanan Khas Turki

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan khas Turki yang layak untuk dicicipi jika Anda berkesempatan mengunjungi Turki.

1. Dondurma

Es krim Turki yang satu ini tidak hanya populer lewat rasanya yang unik, tapi juga penjualnya yang biasa menjajakannya dengan sedikit atraksi untuk menarik pelanggan. Di samping itu, teksturnya yang lengket seperti permen karet menjadi keunikan tersendiri es krim Dondurma.

Makanan khas Turki yang digemari anak-anak sampai orang dewasa ini diramu dengan salep yang terbuat dari tepung akar anggrek usia muda dan getah tumbuhan mastic.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...