12 Film Zombie Terbaik yang Seru dan Mendebarkan

Rekomendasi film zombie terbaik antara lain 28 Weeks Later (2002), Train to Busan (2016), Army of the Dead (2021), dan Zombieland: Double Tap (2019).
Image title
30 Maret 2022, 16:42
Adegan dalam 28 Days Later (2002), salah satu film zombie terbaik
IMDB
Adegan dalam 28 Days Later (2002), salah satu film zombie terbaik

Genre film zombie memiliki daya tarik tersendiri dengan kreasi fiksi zombie yang digambarkan sebagai mayat hidup atau manusia yang terinfeksi virus. Film zombie umumnya masuk ke dalam sub-genre horor. Tak jarang, film zombie juga mencakup genre lain, seperti aksi, komedi, fiksi ilmiah, thriller, atau romansa.

Film zombie melibatkan aksi yang mendebarkan, terutama aspek bertahan hidup di tengah kekacauan. Dunia dalam film zombie sering digambarkan sebagai post-apokaliptik di mana umat manusia terancam punah karena infeksi virus zombie.

Dari sekian banyak film yang dirilis, berikut rekomendasi film zombie terbaik.

1. 28 Days Later (2002)

Rekomendasi film zombie terbaik yang pertama ada 28 Weeks Later. Film ini mengisahkan wabah zombie di London ketika sekelompok aktivis melepaskan seekor simpanse yang terinfeksi virus fasilitas penelitian di Cambridge.

Advertisement

Sementara itu, tokoh utama bernama Jim bangun dari koma, sendirian, di rumah sakit yang terbengkalai. Ia mencari orang lain hingga sampai pada sebuah gereja yang telah dihuni oleh zombie.

Selena dan Mark menyelamatkan JIm dari gerombolan zombie dan memberinya informasi terkini tentang pembantaian massal dan kengerian wabah zombie yang membuat seluruh London hancur.

2. Land of the Dead (2005)

Kisah Land of the Dead berkaitan dengan serangan zombie di Pittsburgh, Pennsylvania, di mana pemerintahan feodalisme berlangsung. Para penyintas dalam film zombie terbaik ini melarikan diri ke daerah Segitiga Emas di pusat kota Pittsburgh untuk bertahan hidup.

3. Train to Busan (2016)

Film zombie Korea berjudul Train to Busan mengikuti kisah protagonis utama, Seok-woo, yang bercerai dengan istrinya karena terlalu sering kerja dan sering absen dari kehidupan anaknya.

Seok-woo dan anaknya, Su-an, naik kereta KTX ke Busan untuk mengunjungi ibunya. Tak lama setelah kereta berangkat, seorang penumpang terlihat janggal sehingga petugas membantunya.

Tiba-tiba, orang tersebut berubah menjadi zombie dan menyerang penumpang kereta. Infeksi menular melalui gigitan dan terbatasnya ruang di kereta membuat penyebaran virus lebih cepat, sehingga zombie bertambah banyak.

4. Peninsula (2020)

Film ini mengambil latar empat tahun setelah wabah zombie di film Train to BusanPeninsula mengisahkan Kapten Angkatan Laut Korea Jung-seok menyelamatkan anggota keluarganya untuk naik kapal. Tetapi, seorang pria yang terinfeksi berubah menjadi zombie dan membunuh kakak Jung-seok serta keponakannya.

Dihantui rasa bersalah, Jung-seok direkrut oleh mafia Cina untuk sebuah misi untuk menemukan truk yang membawa uang tunai sebesar US$20 juta. Jika berhasil, regunya akan menerima imbalan.

Regu tiba di semenanjung pada malam hari dengan perahu. Mereka melawan dan membunuh para zombie. Tetapi, ancaman lain datang ketika sekelompok orang berusaha menghalangi misi mereka.

Bisakah regu Jung-seok sukses menyelesaikan misi dan melarikan diri dari semenanjung Korea yang penuh dengan zombie?

5. Army of the Dead (2021)

Di posisi kelima, rekomendasi film zombie terbaik adalah Army Of The Dead. Kisahnya tentang konvoi militer AS yang mengangkut kiriman dari Area 51 bertabrakan dengan mobil di jalan raya dan melepaskan zombie.

Akibatnya, Kota Las Vegas dipenuhi zombie yang menginfeksi sebagian besar penduduk kota. Pemerintah kemudian mengkarantina kota tersebut. Sementara itu, seorang miliarder kasino bernama Bly Tanaka menyadari bahwa dia telah meninggalkan uang sebesar 200 juta dolar di Sin City, Las Vegas. Untuk saat ini, tumpukan uangnya aman di balik brankas yang tidak bisa ditembus.

Namun, Presiden AS berencana untuk meledakkan bom di Las Vegas dalam waktu kurang dari 96 jam. Melihat hal tersebut, Tanaka bersedia membayar 50 juta dolar untuk Scott Ward, seorang mantan tentara bayaran untuk pergi ke Las Vegas dan mengambil uang tersebut. Scott setuju dan ia membuat tim untuk melaksanakan misi tersebut.

6. Army of Thieves (2021)

Army of Thieves merupakan prekuel Army of the Dead. Dalam prekuel ini, seorang wanita misterius merekrut kasir bank untuk membantu mencuri brankas yang sulit dibobol. Kasir bank bernama Sebastian selalu bermimpi buruk karena wabah zombie di Nevada mendominasi berita internasional.

Gwendoline merekrut Sebastian menjadi kru pencurian bersama dengan seorang peretas ahli, Korina, pengemudi pelarian, Rolph, dan penembak Brad Cage untuk membobol tiga bank yang memiliki tiga brankas yang dibuat oleh tukang kunci legendaris Hans Wagner, yang saat ini dimiliki oleh miliarder Bly Tanaka.

7. Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead layak menjadi salah satu film zombie terbaik dengan cerita menegangkan yang berpadu dengan komedi. Film ini berkisah tentang Shain, seorang biasa yang berusia 30-an dengan kehidupan yang membosankan dan mudah.

Ketika Shaun sedang tidak bekerja di toko elektronik, dia tinggal bersama sahabatnya yang jorok bernama Ed di sebuah apartemen kecil di pinggiran London. Pacaran Shaun bermana Liz sangat berharap Shaun dapat tumbuh dewasa dan menjadi seorang pria. Tak diduga, sekelompok zombie menyerang London. Shaun harus bangkit dan melindungi orang-orang terkasihnya.

8. #Alive (2020)

#Alive adalah film zombie Korea yang diadaptasi dari film Amerika berjudul Alone karya Matt Naylor. Film ini mengisahkan Oh Joon-woo yang tinggal sendirian di apartemen keluarganya ketika penyakit misterius menginfeksi penduduk Seoul dan mengubah mereka menjadi zombie yang menyerang dan memakan orang.

Wabah menyebar ke seluruh Seoul dan tidak terkendali, membuat banyak orang terjebak dalam apartemen tanpa akses ke internet, SMS, atau telepon. Joon-woo dan Yu Bin berjuang untuk bertahan hidup di kompleks apartemen yang terisolasi dari mereka yang terinfeksi virus.

9. The Wailing (2016)

The Wailing mengisahkan kehidupan di desa kecil Gokseong di Korea Selatan, dimana petugas polisi Jong-Goo menyelidiki pembunuhan aneh yang disebabkan oleh penyakit misterius. Rekannya menyampaikan gosip tentang orang Jepang akan menjadi roh jahat yang bertanggung jawab atas penyakit itu.

Jong-Goo memutuskan untuk mengunjungi orang Jepang itu bersama rekannya dan seorang pendeta muda yang bisa berbicara bahasa Jepang. Mereka menemukan altar dengan kepala kambing, gambar menakutkan, dan anjing penjaga yang menyerang dan mencegah kepergian mereka. 

Saat berkeliling, Jong-Goo menemukan salah satu sepatu miliki putrinya di rumah itu. Tak lama kemudian, putrinya terkena penyakit misterius. Ibu mertuanya memanggil dukun Il-gwang untuk menyelamatkan cucunya.

Di sisi lain, seorang wanita misterius memberi tahu Jong-Goo bahwa orang Jepang itu yang bertanggung jawab. Wabah penyakit misterius semakin menyebar di desa Geoksong. Jong-goo harus mencari cara untuk menghentikannya sebelum terlambat.

10. Zombieland: Double Tap (2019)

Zombieland: Double Tap merupakan sekuel dari salah satu film zombie terbaik dan ikonik, yaitu Zombieland (2009). Satu dekade setelah peristiwa pasca-apokaliptik di Zombieland (2009), empat karakter utama yang tangguh: Tallahassee, Columbus, Wichita, dan Little Rock, masih bertahan hidup dengan melawan zombie.

Tiba-tiba, Wichita dan Little Rock pergi. Wichita akhirnya kembali tetapi Little Rock sedang merencanakan jalannya sendiri. Tallahassee, Wichita dan Columbus berangkat untuk menemukannya, ditemani oleh pacar baru Columbus, Madison.

Rupanya, ada komunitas tersembunyi bernama Babel yang hidup di daerah aman tanpa zombie. Perjalanan mereka dimulai. Melalui pertempuran tanpa henti melawan zombie yang lebih pintar, lebih cepat, mampukah mereka terlepas dari para zombie?

11. World War Z (2013)

World War Z berkisah tentang mantan penyelidik PBB bernama Gerry Lane dan keluarganya yang terjebak dalam kemacetan kota. Gerry Lane merasa bahwa itu bukan kemacetan lalu lintas biasa. Kecurigaannya dikonfirmasi ketika kota menjadi semakin kacau.

Virus mematikan yang menyebar melalui gigitan mengubah orang sehat menjadi zombie ganas. Wabah zombie mengancam umat manusia, sehingga Gerry Lane memimpin pencarian di seluruh dunia untuk menemukan sumber infeksi dan menghentikan penyebarannya.

12. The Odd Family: Zombie on Sale (2019)

Film zombie Korea berjudul The Odd Family: Zombie on Sale bercerita tentang seorang bernama Man-Deok yang memiliki usaha pompa bensin di pedesaan yang damai. Ia dikaruniai tiga anak dewasa: Joon-Gul, Min-Gul, dan Hae-Gul.

Man-Deok berpikir untuk menghabiskan sisa hidupnya di Hawaii karena anak-anaknya sudah mapan. Joon-Gul telah menikah dengan Nam-Joo. Dia mencintai keluarganya, tetapi dia tidak mengungkapkan perasaan. Min-Gul adalah anak tengah dalam keluarga yang satu-satunya lulus dari universitas di keluarganya. Dia dipecat lalu kembali ke kampung halamannya.

Ketika eksperimen ilegal perusahaan farmasi secara tidak sengaja menciptakan zombie, keluarga Man-Deok berusaha mengambil keuntungan dengan menjual zombie. Namun, ketika Man-Deok digigit oleh zombie, mampukah keluarganya menyelamatkan?

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait