5 Film Zombie Korea Terbaik, Bisa Ditonton Online

Image title
16 September 2021, 19:05
Salah satu adegan dalam film zombie Korea terbaik berjudul "Rampant"
hancinema.net
Salah satu adegan dalam film zombie Korea berjudul "Rampant"

Industri film Korea terus menghadirkan beragam karya yang memikat penonton. Selain terkenal karena kualitas drama yang baik, Korea juga menghasilkan deretan film genre zombie yang tak menarik.

Tren film zombie Korea berawal dari film "Train to Busan" yang rilis pada tahun 2016 dan ditonton oleh lebih dari 11,5 juta orang, menjadi film terlaris ke-11 sepanjang masa di Korea Selatan berdasarkan data dari Korean Film Council (KOFIC).

“Train to Busan” juga diekspor ke 160 negara. Antusias masyarakat terhadap film tersebut merupakan pelopor kesuksesan film zombie Korea di pasar film global. Sejak itu, film zombie Korea mendapat sorotan masyarakat internasional.

Kualitas produksi film zombie Korea mampu menyajikan sinematografi memukau, emosional, dan naskah film yang ditulis dengan baik. Bagi Anda yang belum pernah menonton film zombie Korea atau bagi penggemar film zombie secara umum, jangan lewatkan petualangan menegangkan dalam film zombie Korea. 

Berikut ini adalah rekomendasi film zombie Korea terbaik yang dapat Anda tonton.

1. Train to Busan (2016)

Menurut IMDb, film zombie Korea Selatan terbaik adalah “Train to Busan” dengan penilaian 7.6/10. Film ini mengisahkan sang protagonis utama, Seok-woo, yang bercerai dengan istrinya, terlalu sering kerja, dan sering absen dari kehidupan anaknya.

Seok-woo dan anaknya, Su-an, naik kereta KTX ke Busan untuk mengunjungi ibunya. Tak lama setelah kereta berangkat, seorang penumpang terlihat janggal sehingga petugas membantunya.

Tak lama kemudian, orang tersebut berubah menjadi zombie dan menyerang penumpang kereta. Infeksi menular melalui gigitan dan terbatasnya ruang di kereta membuat penyebaran virus lebih cepat, sehingga zombie bertambah banyak.

“Train to Busan” memiliki perpaduan adegan laga dan cerita emosional. Karakter Seok-woo yang awalnya digambarkan sebagai seorang yang cuek, kini berubah menjadi ayah tanpa pamrih dan berjuang demi anaknya serta orang lain.

Semua karakter memiliki cerita yang berbeda dan unik. Sepanjang film, kisah mereka terjalin satu sama lain karena mereka berjuang bersama untuk bertahan hidup. Meskipun “Train to Busan” adalah film zombie, ada pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Rasa empati disorot sepanjang film melalui penampilan karakter yang saling membantu dan mengorbankan diri. Film ini juga penuh aksi yang mendebarkan dan alur cerita yang ditulis dengan baik.

“Train to Busan” dapat ditonton online melalui layanan KlikFilm dan Viu. Film ini disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan diperankan oleh Gong Yoo, Jung Yu-mi, dan Ma Dong-seok.

2. The Wailing (2016)

Film zombie Korea terbaik kedua adalah “The Wailing”, karya sutradara Na Hong-jin dan dibintangi oleh Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee, Jun Kunimura, dan Kim Hwan-hee. Judul asli film ini adalah 곡성 (Gokseong), yaitu nama kota di Korea Selatan tempat cerita itu terjadi.

“The Wailing” mengisahkan kehidupan di desa kecil Gokseong, dimana petugas polisi Jong-Goo menyelidiki pembunuhan aneh yang disebabkan oleh penyakit misterius. Rekannya menyampaikan gosip tentang orang Jepang akan menjadi roh jahat yang bertanggung jawab atas penyakit itu.

Jong-Goo memutuskan untuk mengunjungi orang Jepang itu bersama rekannya dan seorang pendeta muda yang bisa berbicara bahasa Jepang. Mereka menemukan altar dengan kepala kambing, gambar menakutkan, dan anjing penjaga yang menyerang dan mencegah kepergian mereka.

Saat berkeliling, Jong-Goo menemukan salah satu sepatu miliki putrinya di rumah itu. Tak lama kemudian, putrinya terkena penyakit misterius. Ibu mertuanya memanggil dukun Il-gwang untuk menyelamatkan cucunya.

Di sisi lain, seorang wanita misterius memberi tahu Jong-Goo bahwa orang Jepang itu yang bertanggung jawab. Wabah penyakit misterius semakin menyebar di desa Geoksong. Jong-goo harus mencari cara untuk menghentikannya, sebelum terlambat.

“The Wailing” merangkum elemen horor yang lengkap. Dalam film ini, penonton dapat menyaksikan hantu, zombie, dan legenda yang mencekam. Film ini memiliki banyak kejutan dalam cerita, teror, dan suasana yang menakutkan.

Aspek zombie dalam film ini mungkin tidak terlalu banyak. Tetapi, penyajian alur cerita yang misterius serta sinematografi yang suram dapat menghanyutkan penonton dalam konflik cerita. “The Wailing” dapat disaksikan di KlikFilm dan Viu.

3. The Odd Family: Zombie On Sale (2019)

Film zombie berjudul The Odd Family: Zombie for Sale
Film zombie berjudul The Odd Family: Zombie for Sale (hancinema.net)

“The Odd Family: Zombie On Sale” adalah film zombie Korea yang menggabungkan unsur humor dan horor. Film karya sutradara Lee Min-Jae ini dibintangi oleh Jung Jae-Young, Kim Nam-Gil, Um Ji-Won, Lee Soo-Kyung, Jung Ga-Ram, and Park In-Hwan.

Film ini mengisahkan tentang Man-Deok yang memiliki usaha pompa bensin di pedesaan yang damai. Dia memiliki tiga anak dewasa: Joon-Gul, Min-Gul, dan Hae-Gul. Man-Deok berpikir untuk menghabiskan sisa hidupnya di Hawaii.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement