5 Film Zombie Korea Terbaik, Bisa Ditonton Online

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memproduksi film zombie terbaik. Dengan alur cerita yang menegangkan, berikut deretan film zombie Korea terbaik.
Image title
16 September 2021, 19:05
Salah satu adegan dalam film zombie Korea terbaik berjudul "Rampant"
hancinema.net
Salah satu adegan dalam film zombie Korea berjudul "Rampant"

Industri film Korea terus menghadirkan beragam karya yang memikat penonton. Selain terkenal karena kualitas drama yang baik, Korea juga menghasilkan deretan film genre zombie yang tak menarik.

Tren film zombie Korea berawal dari film "Train to Busan" yang rilis pada tahun 2016 dan ditonton oleh lebih dari 11,5 juta orang, menjadi film terlaris ke-11 sepanjang masa di Korea Selatan berdasarkan data dari Korean Film Council (KOFIC).

“Train to Busan” juga diekspor ke 160 negara. Antusias masyarakat terhadap film tersebut merupakan pelopor kesuksesan film zombie Korea di pasar film global. Sejak itu, film zombie Korea mendapat sorotan masyarakat internasional.

Kualitas produksi film zombie Korea mampu menyajikan sinematografi memukau, emosional, dan naskah film yang ditulis dengan baik. Bagi Anda yang belum pernah menonton film zombie Korea atau bagi penggemar film zombie secara umum, jangan lewatkan petualangan menegangkan dalam film zombie Korea. 

Berikut ini adalah rekomendasi film zombie Korea terbaik yang dapat Anda tonton.

1. Train to Busan (2016)

Menurut IMDb, film zombie Korea Selatan terbaik adalah “Train to Busan” dengan penilaian 7.6/10. Film ini mengisahkan sang protagonis utama, Seok-woo, yang bercerai dengan istrinya, terlalu sering kerja, dan sering absen dari kehidupan anaknya.

Seok-woo dan anaknya, Su-an, naik kereta KTX ke Busan untuk mengunjungi ibunya. Tak lama setelah kereta berangkat, seorang penumpang terlihat janggal sehingga petugas membantunya.

Tak lama kemudian, orang tersebut berubah menjadi zombie dan menyerang penumpang kereta. Infeksi menular melalui gigitan dan terbatasnya ruang di kereta membuat penyebaran virus lebih cepat, sehingga zombie bertambah banyak.

“Train to Busan” memiliki perpaduan adegan laga dan cerita emosional. Karakter Seok-woo yang awalnya digambarkan sebagai seorang yang cuek, kini berubah menjadi ayah tanpa pamrih dan berjuang demi anaknya serta orang lain.

Semua karakter memiliki cerita yang berbeda dan unik. Sepanjang film, kisah mereka terjalin satu sama lain karena mereka berjuang bersama untuk bertahan hidup. Meskipun “Train to Busan” adalah film zombie, ada pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Rasa empati disorot sepanjang film melalui penampilan karakter yang saling membantu dan mengorbankan diri. Film ini juga penuh aksi yang mendebarkan dan alur cerita yang ditulis dengan baik.

“Train to Busan” dapat ditonton online melalui layanan KlikFilm dan Viu. Film ini disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan diperankan oleh Gong Yoo, Jung Yu-mi, dan Ma Dong-seok.

2. The Wailing (2016)

Film zombie Korea terbaik kedua adalah “The Wailing”, karya sutradara Na Hong-jin dan dibintangi oleh Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee, Jun Kunimura, dan Kim Hwan-hee. Judul asli film ini adalah 곡성 (Gokseong), yaitu nama kota di Korea Selatan tempat cerita itu terjadi.

“The Wailing” mengisahkan kehidupan di desa kecil Gokseong, dimana petugas polisi Jong-Goo menyelidiki pembunuhan aneh yang disebabkan oleh penyakit misterius. Rekannya menyampaikan gosip tentang orang Jepang akan menjadi roh jahat yang bertanggung jawab atas penyakit itu.

Jong-Goo memutuskan untuk mengunjungi orang Jepang itu bersama rekannya dan seorang pendeta muda yang bisa berbicara bahasa Jepang. Mereka menemukan altar dengan kepala kambing, gambar menakutkan, dan anjing penjaga yang menyerang dan mencegah kepergian mereka.

Saat berkeliling, Jong-Goo menemukan salah satu sepatu miliki putrinya di rumah itu. Tak lama kemudian, putrinya terkena penyakit misterius. Ibu mertuanya memanggil dukun Il-gwang untuk menyelamatkan cucunya.

Di sisi lain, seorang wanita misterius memberi tahu Jong-Goo bahwa orang Jepang itu yang bertanggung jawab. Wabah penyakit misterius semakin menyebar di desa Geoksong. Jong-goo harus mencari cara untuk menghentikannya, sebelum terlambat.

“The Wailing” merangkum elemen horor yang lengkap. Dalam film ini, penonton dapat menyaksikan hantu, zombie, dan legenda yang mencekam. Film ini memiliki banyak kejutan dalam cerita, teror, dan suasana yang menakutkan.

Aspek zombie dalam film ini mungkin tidak terlalu banyak. Tetapi, penyajian alur cerita yang misterius serta sinematografi yang suram dapat menghanyutkan penonton dalam konflik cerita. “The Wailing” dapat disaksikan di KlikFilm dan Viu.

3. The Odd Family: Zombie On Sale (2019)

Film zombie berjudul The Odd Family: Zombie for Sale
Film zombie berjudul The Odd Family: Zombie for Sale (hancinema.net)

 

“The Odd Family: Zombie On Sale” adalah film zombie Korea yang menggabungkan unsur humor dan horor. Film karya sutradara Lee Min-Jae ini dibintangi oleh Jung Jae-Young, Kim Nam-Gil, Um Ji-Won, Lee Soo-Kyung, Jung Ga-Ram, and Park In-Hwan.

Film ini mengisahkan tentang Man-Deok yang memiliki usaha pompa bensin di pedesaan yang damai. Dia memiliki tiga anak dewasa: Joon-Gul, Min-Gul, dan Hae-Gul. Man-Deok berpikir untuk menghabiskan sisa hidupnya di Hawaii.

Joon-Gul telah menikah dengan Nam-Joo. Dia mencintai keluarganya, tetapi dia tidak mengungkapkan perasaan. Min-Gul adalah anak tengah dalam keluarga yang satu-satunya lulus dari universitas di keluarganya. Dia dipecat lalu kembali ke kampung halamannya.

Ketika eksperimen ilegal perusahaan farmasi secara tidak sengaja menciptakan zombie, keluarga Man-Deok berusaha mengambil keuntungan dengan menjual zombie. Namun, ketika Man-Deok digigit oleh zombie, keluarganya berusaha keras untuk menyelamatkan.

“The Odd Family: Zombie On Sale” cocok ditonton oleh seluruh kalangan usia karena adegan horor dan kekerasan tidak terlalu banyak. Film dimulai dengan aksi zombie menegangkan berpadu dengan humor yang menghibur.

Kelucuan yang konsisten berkaitan dengan keunikan alur cerita dan performa yang luar biasa antara para pemain. Salah satu adegan terlucu adalah ketika zombie dikejar oleh manusia, sangat bertentangan dengan film zombie lain dimana manusia dikejar zombie.

“The Odd Family: Zombie On Sale” dapat ditonton gratis melalui layanan Maxstream atau berbayar di KlikFilm dan Viu.

4. Rampant (2018)

“Rampant” adalah film zombie Korea Selatan yang rilis tahun 2018 dan disutradarai oleh Kim Sung-hoon. Film ini berlatar belakang dinasti Joseon pada abad ke-17.

Mengisahkan Raja Lee Jo yang dipandang terlalu menghormati dinasti Qing di Cina. Putranya, Pangeran Lee Young, berencana untuk mengusir Qing dengan senjata dari Eropa. Kemudian ia bersama pasukannya menghancurkan kapal Eropa dan mengambil senjata.

Tetapi, seorang tentara Joseon digigit oleh zombie. Dia kembali ke desanya, Jemulpo, di mana dia menyebarkan infeksi dan mengubah warga menjadi zombie. Sementara itu, Ganglim adalah adik Lee Young yang kembali ke Jemulpo setelah pengasingan di Cina.

Kepulangannya yang mendadak bertujuan untuk menyelamatkan anak Lee Young dan istrinya, lalu kembali ke Cina. Tiba di Jemulpo, Ganglim diserang oleh zombie. Berkat keahliannya, ia berhasil selamat.

Warga Jemulpo mengetahui kedatangan Ganglim dan berharap ia bicara pada Raja untuk mengevakuasi warga. Tetapi, Menteri Perang, Kim Jae Joon menolak Ganglim. Keadaan menjadi kacau ketika salah satu permaisuri terinfeksi dan Raja turut menjadi zombie.

Melihat kekacauan tersebut, Kim Jae Joon berupaya menggulingkan keturunan Raja dengan wabah zombie. Ganglim dan pasukannya harus menghentikan Kim Jae Joon dan wabah zombie untuk menyelamatkan Korea Selatan.

“Rampant” menawarkan kisah zombie dengan latar sejarah yang menarik. Jika film-film sebelumnya berlatar masa depan pasca-apokaliptik, “Rampant” menyajikan perspektif unik dengan perlengkapan yang terbatas untuk melawan zombie.

Dalam film, karakter Ganglim berkembang dari seorang yang suka pesta dan cuek, menjadi pejuang yang peduli rakyat. “Rampant” dibintangi oleh Hyun-Bin, Jang Dong-Gun, Jo Woo-Jin, dan Jeong Man-Sik. Layanan KlikFilm dan Viu tersedia untuk menonton film ini.

5. #Alive (2020)

“#Alive” adalah film zombie Korea yang dibintangi Yoo Ah-in dan Park Shin-hye yang mulai tayang di Netflix pada 8 September 2020. Kisahnya diadaptasi dari film Amerika berjudul “Alone” oleh Matt Naylor.

Film “#Alive” mengisahkan Oh Joon-woo yang tinggal sendirian di apartemen keluarganya ketika penyakit misterius menginfeksi penduduk Seoul dan mengubah mereka menjadi zombie yang menyerang dan memakan orang.

Wabah menyebar ke seluruh Seoul dan tidak terkendali, membuat banyak orang terjebak dalam apartemen tanpa akses ke internet, SMS, atau telepon. Jun Woo dan Yu Bin berjuang untuk bertahan hidup di kompleks apartemen yang terisolasi dari mereka yang terinfeksi virus.

Para zombie mulai menyerang apartemen dan menyudutkan mereka. Seluruh penghuni apartemen harus bertahan dengan perlengkapan seadanya agar selamar dari serangan ganas tersebut.

Saat menonton film ini, Anda mungkin akan larut dalam konflik, gugup, dan tegang. Melalui film zombie ini, pemirsa diajarkan untuk menghargai dan berempati, tidak peduli seberapa kecil atau besar.

Pentingnya kemampuan bertahan hidup juga disorot dalam film. “#Alive” dapat ditonton di Netflix.

Seluruh film zombie Korea tersebut dapat Anda tonton melalui ragam layanan streaming film.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait