9 Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Image title
11 April 2022, 14:27
Ilustrasi kehamilan. Ciri-ciri hamil muda antara lain telat haid, payudara yang lembut dan bengkak, mual, sering buang air kecil, kelelahan, kram, dan muncul flek darah.
Unsplash/Bree Evans
Ilustrasi kehamilan

Awal kehamilan dapat menimbulkan gejala pada tubuh wanita. Gejala tersebut tidak mutlak, hanya tes kehamilan yang dapat mengonfirmasi secara akurat. Meski demikian, gejala awal kehamilan dapat digunakan untuk membantu mengetahui kehamilan serta menentukan waktu yang tepat untuk tes kehamilan.

Ciri-Ciri Hamil Muda

Menurut American Pregnancy Association, berikut ciri-ciri hamil muda:

  1. Telat haid. Ini merupakan ciri-ciri yang paling utama. Namun, ciri-ciri ini dapat membingungkan jika siklus menstruasi tidak teratur.
  2. Payudara yang lembut dan bengkak. Gejala ini dapat dirasakan sekitar satu hingga dua minggu setelah pembuahan. Perubahan hormon bisa membuat payudara terasa perih atau bahkan kesemutan. Payudara juga terasa lebih penuh atau lebih berat.
  3. Mual dengan atau tanpa muntah. Gejala ini dapat muncul mulai dari dua hingga delapan minggu setelah pembuahan dan dapat berlanjut selama kehamilan.
  4. Peningkatan buang air kecil. Pada beberapa minggu pertama kehamilan, tubuh memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) yang meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, sehingga menyebabkan wanita harus buang air kecil lebih sering.
  5. Kelelahan. Banyak wanita merasa lebih lelah saat awal kehamilan karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang membantu menjaga kehamilan dan mendorong pertumbuhan kelenjar penghasil susu di payudara.
  6. Sedikit berdarah. Penelitian tahun 2009 dalam jurnal American Family Physician menunjukkan, 25% wanita hamil mengalami sedikit pendarahan atau flek berwarna lebih terang dari darah haid normal. Ini biasanya terjadi pada saat implantasi sel telur yang dibuahi (sekitar 6 hingga 12 hari setelah pembuahan) tetapi umum terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.
  7. Sakit kepala. Gejala ini biasa terjadi selama awal kehamilan karena perubahan hormonal dalam tubuh dan peningkatan volume darah.
  8. Kram. Sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim sehingga dapat menyebabkan kram. Gejala ini muncul sekitar satu atau dua minggu setelah pembuahan.
  9. Sakit punggung. Ini dapat terjadi di awal kehamilan. Tapi, biasanya muncul saat kehamilan berlanjut, sekitar kehamilan minggu 27 hingga minggu 34.

Ciri-ciri tersebut juga bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan lain, sehingga tidak mutlak menunjukkan awal kehamilan. Agar lebih akurat, lakukan tes kehamilan.

Kapan ciri-ciri awal kehamilan mulai muncul?

Kehamilan dialami secara berbeda bagi setiap wanita. Beberapa wanita mungkin dapat merasakan bahwa mereka hamil dalam beberapa hari setelah pembuahan, sementara yang lain mungkin tidak merasakan apa pun sampai mereka melewatkan menstruasi.

Melansir Healthline, minggu pertama kehamilan didasarkan pada hari terakhir menstruasi. Minggu terakhir menstruasi dianggap sebagai minggu pertama kehamilan. Tanggal kelahiran dihitung menggunakan hari pertama dari siklus menstruasi terakhir.

Ciri-ciri awal kehamilan dapat muncul segera setelah beberapa hari setelah pembuahan, bahkan sebelum wanita melewatkan menstruasi. Namun, ciri-ciri tersebut biasanya mulai terasa saat sekitar minggu ke lima atau enam kehamilan.

Kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan?

Tes kehamilan dapat mendeteksi janin dengan mengetahui kadar hCG, yaitu hormon yang biasanya ditemukan pada embrio awal dan pada akhirnya akan menjadi bagian dari plasenta. Mengukur kadar hCG dapat membantu dalam mengidentifikasi kehamilan.

Menurut Forbes Health, waktu yang tepat untuk tes kehamilan adalah saat hari pertama telat haid, karena hCG hanya muncul setelah implantasi sel telur. Tes kehamilan mendeteksi hormon hCG yang biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah sperma membuahi sel telur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...