6 Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Image title
4 Maret 2022, 09:48
Ilustrasi enam manfaat puasa bagi ibu hamil yang bisa didapatkan apabila dikerjakan secara optimal dan bersungguh-sungguh.
Unsplash/Camylla Battani
Ilustrasi enam manfaat puasa bagi ibu hamil yang bisa didapatkan apabila dikerjakan secara optimal dan bersungguh-sungguh.

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Semua kalangan berlomba ingin melaksanakannya, karena menjadi syariat yang dijalankan setahun sekali. Salah satu kalangan yang tak ingin melewatkan adalah ibu hamil.

Manfaat puasa bagi ibu hamil dapat diperoleh bila kondisi ibu dan janin sehat serta memungkinkan untuk menjalani puasa. Meski demikian, Bumil tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalani puasa.

Advertisement

Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil

Manfaat puasa bagi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan manfaat yang diperoleh orang berpuasa pada umumnya. Manfaat tersebut meliputi:

1. Menjadi Daya Kontrol Berat Badan Saat Hamil

Ibu hamil sering kali merasa lebih cepat lapar sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Saat berpuasa, makan hanya bisa dilakukan pada sore dan malam hari. Dengan demikian, kenaikan berat badan saat hamil bisa lebih terkontrol.

2. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa untuk ibu hamil diyakini dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Berpuasa bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kinerja insulin. Manfaat puasa ini bisa membuat ibu hamil berisiko lebih rendah mengalami diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa bisa mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit pada ibu hamil, misalnya hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Namun, manfaat puasa pada ibu hamil tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut

5. Mencegah Terjadinya Morning Sickness

Selama bulan puasa, Bunda akan makan secara teratur setiap hari yakni saat sahur dan berbuka. Ini bisa membantu Bunda terhindar dari morning sickness terutama pada awal kehamilan.

Morning sickness merupakan mual-mual sampai muntah yang biasa terjadi pada ibu hamil. Morning sickness terjadi karena asam lambung meningkat di pagi hari. Saat puasa, Bunda akan makan sahur dan berbuka pada waktu yang teratur sehingga bisa terhindar dari morning sickness.

6. Bagus untuk Psikologi Ibu Hamil

Selama puasa di bulan Ramadhan, Bunda tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga rasa emosi. Puasa bisa memperbaiki psikologi ibu hamil yang cenderung sensitif menjadi lebih sabar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement