8 Negara Terkecil di Asia Berdasarkan Luas Wilayah

Image title
26 April 2022, 11:09
Tampilan Ibu Kota Male di Maldives, negara terkecil di Asia
Unsplash/Ishan @seefromthesky
Tampilan Ibu Kota Male di Maldives, negara terkecil di Asia

Asia merupakan benua dengan 48 negara yang diakui PBB. Menurut National Geographic Society, Asia adalah benua terbesar di dunia. Luas benua Asia adalah 44.58 million km² atau setara dengan 30 persen dari luas daratan bumi.

Dari 48 negara Asia, Maladewa merupakan negara terkecil di Asia dengan luas wilayah 297.8 km². Maladewa adalah negara kepulauan di Samudra Hindia. Populasi Maladewa saat ini sekitar 557.751 penduduk.

Selain Maladewa, terdapat sejumlah negara kecil lain di Asia. Berikut negara terkecil di Asia berdasarkan luas wilayah.

1. Maladewa

Maladewa merupakan negara terkecil di Asia. Maladewa adalah negara kepulauan di Samudera Hindia. Populasi penduduk di Maladewa berjumlah sekitar 540 ribu orang yang tersebar di 185 pulau.

Maladewa terkenal dengan keanekaragaman hayati laut yang kaya dan tempat liburan yang populer. Pariwisata adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi, pendapatan fiskal, dan pendapatan devisa di Maladewa.

2. Singapura

Dengan luas 728.6 km², Singapura menempati posisi kedua sebagai negara terkecil di Asia. Singapura adalah negara republik parlementer yang terletak tak jauh dari ujung selatan Semenanjung Malaya.

Populasi Singapura saat ini sekitar 5.933.398 penduduk. Dulunya, Singapura merupakan pos perdagangan kolonial Inggris. Kini, Singapura berkembang pesat dan digambarkan sebagai salah satu "macan" ekonomi Asia. Negara ini juga terkenal dengan konservatisme dan hukum setempat yang ketat.

3. Bahrain

Bahrain menempati posisi ketiga sebagai negara terkecil di Asia dengan luas wilayah 765.3 km². Bahrain adalah negara Timur Tengah yang terletak di Teluk Persia antara Arab Saudi dan Qatar. 

Populasi Bahrain saat ini sekitar 1.776.531 penduduk. Bahrain terkenal dengan rimbunnya pohon kurma, serta ekspor minyak dan gas. Kegiatan ekspor tersebut menjadikan mata uang Dinar Bahrain (BHD) sebagai mata uang tertinggi kedua di dunia.

4. Brunei

Brunei Darussalam atau Brunei merupakan negara terkecil keempat di Asia dengan luas wilayah 5.765 km². Letaknya di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini berbatasan di semua sisi oleh negara bagian Sarawak, Malaysia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...