Daftar Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luasnya?

Luas negara di dunia sangat beragam. Ada yang sangat luas namun ada juga negara yang wilayahnya sempit. Apa saja negara terkecil di dunia? Dan berapa luasanya? Temukan jawabannya disini.
Image title
4 Oktober 2021, 12:52
Daftar Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luasnya?
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/nz/cf
Remo Casilli Suasana St. Peter's Square setelah Vatikan melaporkan kasus pertama virus korona baru di Vatikan, Jumat (6/3/2020).

Batas wilayah merupakan hal yang penting untuk sebuah negara. Namun setiap negara memiliki batas wilayah berbeda. Ada negara yang memiliki luas wilayah besar, namun ada juga negara yang wilayahnya kecil.

Daftar Negara Terkecil di Dunia

Definisi negara terkecil di dunia adalah negara yang memiliki luas wilayah sempit atau kecil. Mengutip dari cnnindonesia.com, berikut ini beberapa daftar negara terkecil di dunia.

1. Vatikan

Negara terkecil pertama yaitu Vatikan. Luas negara ini hanya mencapai 0,44 kilometer persegi saja. Sedangkan jumlah penduduknya hanya ada 1000 jiwa. Negara ini juga mendapat julukan sebagai negara “enklave” karena terletak di dalam negara lain yaitu Italia.

Meskipun kecil, namun negara ini selalu ramai. Banyak orang datang ke negara ini karena Vatikan merupakan destinasi ziarah. Hal lain yang menjadi ciri khas negara ini yaitu  sistem pemerintahannya yang berdasarkan agama. Sistem pemerintahan seperti itu disebut juga dengan sisetm pemerintahan Teokrasi.

2. Monako

Mungkin kita pernah mendengar negara ini. monako berada di Benua Eropa dan dikelilingi oleh Prancis. Letaknya ada di daerah perbukitan menghadap langsung ke Laut Mediterania.

Luas Monako hanya sekitar 2,02 kilometer persegi. Meskipun kecil, namun penduduk Monako cukup banyak yakni sekitar 30 ribu jiwa.

3. Liechtenstein

Negara kecil berikutnya juga ada di Benua Eropa. Namanya yaitu Liechtenstein dengan luas hanya 160 km persegi. Populasi penduduk di negara ini juga cukup tinggi yaitu sebanyak 37 juta jiwa.

Negara ini dipimpin oleh perdana menteri dan penduduknya sebagian besar beragama Katolik Roma. Ketika datang ke negara ini, Anda akan merasaka pengaruh dari Jerman, Swiss, dan Austria. Hal tersebut karena sebagian penduduknya berasal dari ketiga negara tersebut.

4. Nauru

Negara terkecil di dunia 2021 selanjutnya yaitu Nauru. Letaknya ada di Benua Australia. Negara ini hanya memiliki wilayah dengan luas 21 km persegi. Penduduknya ada sekitar 9.540 jiwa.

Meskipun kecil, namun negara ini masuk dalam kategori negara kaya. Hal ini karena Nauru pernah memiliki pertambahan fosfat yang melimpah.

Namun sayangnya, pertambangan tersebut membuat wilayah di negara ini mengalami kerusakan. Dan fosat merupakan kekayaan alam yang sulit diperbaharui, sehingga ketika terus menerus ditambang jumlanya menjadi berkurang.  

5. Tuvalu

Tuvalu atau ada juga yang menyebutnya sebagai Kepulauan Ellice. Letaknya di antara Hawaii dan Australia, lebih tepatnya di Samudera Pasifik.

Negara ini hanya memiliki luas 26 km persegi. Penduduknya hanya ada 10 ribu jiwa. Dataran negara ini lebih rendah dibandingkan dengan lautnya. Jadi, ketika air laut naik penduduk di Tuvalu terancam keselamatannya.

Negara dengan Pertumbuhan Penduduk Terkecil

Selain luas wilayah, hal lain yang masih berhubungan dengan stabilitas sebuah negara yaitu jumlah penduduk. Umumnya semakin bertambahnya waktu, maka jumlah penduduk akan meningkat. Namun ternyata ada juga negara-negara yang justru mengalami penurunan jumlah penduduk.

Tak hanya daftar jumlah negara terkecil di dunia, kami juga memberikan daftar negara yang jumlah penduduknya menurun. Menurut data yang ada di databoks, terdapat 10 negara yang jumlah penduduknya berkurang. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Lithunia

Negara ini terletak di Benua Eropa. Negara ini mengalami penurunan jumlah penduduk karena banyak masyarakat yang pindah ke negara lain, terutama ke Inggris.

2. Latvia

Perumbuhan penduduk terkecil selanjutnya yaitu Latvia. Pertumbuhan penduduk di negara ini -1,14 persen. Latvia merupakan negara yang ada di Eropa berbatasan langsung dengan Litunia, Belarus, Rusa, dan Estonia.

3. Venezuela

Kita mungkin sering mendengar nama negara Venezuela. Namun siapa sangka jika negara ini masuk dalam kelompok negara dengan jumlah penduduk yang menurun.

Venezuela pada tahun 2015 hanya berpenduduk 30,08 juta jiwa dan pada 2020 menurun menjadi 28,4 juta jiwa. Faktor yang menyebabkan penurunan yaitu karena banyak penduduk yang pergi ke negara lain terutama ke Amerika Selatan.

4. Bosnia dan Herzegovina

Negara ini ada di Semenanjung Balkan di Selatan Eropa. Luasnya sekitar 51.129 km persegi. Bosnia dan Herzegovina merupakan perbatasan antara kebudayaan barat dengan timur. Dahulunya negara ini menjadi tempat yang diperebutkan Romawi Barat dan Romawi Timur.

5. Bulgaria

Posisi negara dengan pertumbuhan penduduk terkecil selanjutnya yaitu Bulgaria. Negara ini ada di Benua Eropa. Berbatasan langsung dengan lima negara lainnya yaitu Rumania, Serbia, Republik Makedonia, Yunani dan Turki.

6. Romania

Romania juga menjadi negara Eropa yang jumlah penduduknya berkurang. Negara ini ada di Eropa Tengah dan Tenggara. Romania juga berbatasan langsung dengan Laut

7. Korasia

Korasia memiliki pertumbuhan penduduk -0.612 persen. Negara ini terletak di Benua Eropa dan berbatasan langsung dengan Balkan. Negara ini menyimpan beragam budaya Neolitik dan Kalkolitik. Peninggalan sejarah tersebut paling banyak ditemukan di lembah sungai Kroasia bagian utara.

8. Suriah

Kita mungkin sering mendengar nama negara ini. Konflik berkepanjangan membuat negara ini banyak diketahui masyarakat dunia. Ternyata Suriah juga mengalami penurunan jumlah penduduk. Pada databoks, diketahui pertumbuhan penduduk Suriah yaitu -0,56 persen.

9. Ukraina

Ukraina terletak di Eropa Timur. Negara ini memiliki pertumbuhan jumlah penduduk -0.536 persen. Ada berada di posisi ke-9.

10. Yunani

Yunani menjadi negara terakhir yang jumlah penduduknya terus berkurang. Pertumbuhan penduduk negara ini -0,44p persen. Negara ini ada di Benua Eropa dan merupakan tempat lahirnya budaya barat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait