Mengulik Benua Australia Sebagai Benua Terkecil di Dunia

Image title
21 Desember 2021, 11:35
Benua Australia
Pexels
peta Austraia. Australia tidak akan mengizinkan turis masuk ke negara mereka sampai 2022

Australia merupakan sebuah negara benua yang terletak di bagian selatan Benua Asia. Kota terbesar di negara ini adalah Sydney, namun ibu kota negaranya sendiri terletak di Canberra. Penduduk Australia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, sebab daratan ini merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (commonwealth).

Menurut sejarah, Benua Australia dihuni oleh penduduk asli bernama suku Aborigin, salah satu ras bangsa polinesia. Namun, setelah adanya eksplorasi dan ekspansi bangsa Eropa dalam menemukan “Dunia Baru”, Benua Australia lama kelamaan menjadi salah satu tanah jajahan bangsa Inggris dan memasukkan Benua Australia ke dalam negara persemakmuran, bersama Afrika Selatan, Malaysia, Hongkong, dan lainnya.

Advertisement

Setelah penaklukan Benua Australia, Inggris menjadikan benua terkecil ini sebagai ‘tanah pembuangan’ bagi para narapidana yang dianggap meresahkan masyarakat Inggris dan para pembangkang kerajaan Inggris. Kemudian, Benua Australia menjadi tempat ras Eropa, selain suku Aborigin.

Pemerintahan negara Australia masih mengekor pada kerajaan Inggris, dengan Ratu sebagai simbol pemerintahan, dan diwakili Gubernur Jenderal sebagai pemimpin negara, dengan menganut sistem monarki konstitusional ini.

Letak Astronomis Benua Australia

Berdasarkan kedudukan garis lintang astronomisnya, Benua Australia terletak pada 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Letak astronomi Benua Australia ini, berada di bagian bumi belahan selatan dan sebagian besar perbatasannya dikelilingi oleh samudera dan lautan yang mengitari benua ini. Daratan ini memiliki luas 7.686.850 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 35 juta jiwa.

Benua Australia mencakup daratan Australia yang utama, pulau di Papua Nugini dan juga pulau kecil di sekitarnya.

Letak Geografis Benua Australia

Secara geografis, hanya ada tiga negara di Benua Australia, yaitu Australia, Papua Nugini, serta sebagian dari wilayah Indonesia saja. Meski demikian, jika dihitung negara di kawasan Oceania maka untuk total keseluruhan negaranya adalah 14 negara.

  • Bagian Utara berbatasan dengan wilayah Indonesia yaitu Laut Arafuru dan Laut Timor.
  • Bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Antartika.
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
  • Bagian timur berbatasan dengan Laut Coral, Laut Tasmania, dan Samudera Pasifik.

Letak Geologis Benua Australia

Benua Australia letaknya ada di bagian bumi timur, belahan bumi selatan. Letak inilah yang menjadikan Australia juga kerap disebut dengan "benua bawah". Untuk alam Australia sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini letak geologis Benua Australia:

  • Daerah bagian timur Australia diisi dengan barisan pegunungan memanjang mulai dari Tanjung York di bagian utara hingga ke Pulau Tasmania.
  • Daerah bagian barat Australia diisi dengan dataran tinggi yang biasa disebut Perisai Australia. Mayoritas wilayah bagian barat dan tengah adalah gurun pasir yakni Gurun Gibson serta gurun Victoria (lihat disini gurun terluas di dunia).
  • Daerah tengah di antara pegunungan timur dan dataran tinggi barat adalah lembah Murray Darling serta dataran rendah Danau Eyre. Danau Eyre ini pun menjadi danau yang paling besar di Australia.

Negara Bagian di Australia

1. New South Wales (801.600 km2)
Ibu kota: Sydney

2. Victoria (227.600 km2)
Ibu kota: Melbourne

3. Queensland (1.727.200 km2)
Ibu Kota: Brisbane

4. Australia Barat (2.525.500 km2)
Ibu kota: Perth

5. Australia Selatan (984.000 km2)
Ibu kota: Adelaide

6. Tasmania (67.800 km2)
Ibu kota: Hobart

7. Australia Utara (1.346.200 km2)
Ibu kota: Darwin

8. Wilayah Ibu Kota Australia (2400 km2)
Ibu kota: Canberra

Kondisi Iklim Benua Australia

Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki 3 wilayah iklim.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement