10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Image title
28 April 2022, 10:37
Ilustrasi. St. Basil Cathedral, Moscow, Rusia, negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.
Unsplash/Jaunt and Joy
Ilustrasi. St. Basil Cathedral, Moscow, Rusia, negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

Besarnya suatu negara dapat diukur berdasarkan luas wilayah. Luas wilayah suatu negara diukur berdasarkan total area, wilayah daratan, dan daerah perairan. Total area merupakan jumlah wilayah daratan dan perairan dalam batas-batas internasional dan garis pantai.

Wilayah daratan adalah total semua daratan dalam batas-batas internasional dan garis pantai, tidak termasuk wilayah perairan. Sementara daerah perairan merupakan jumlah luas permukaan air berupa danau, waduk, dan sungai dalam batas-batas internasional dan garis pantai.

Advertisement

Daftar Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Berikut daftar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

  1. Rusia (17,1 juta km²).
  2. Kanada (9,985 juta km²).
  3. Amerika Serikat (9,834 juta km²).
  4. Cina (9,597 juta km²).
  5. Brasil (8.516 juta km²).
  6. Australia (7,692 juta km²).
  7. India (3,287 juta km²).
  8. Argentina (2,78 juta km²).
  9. Kazakstan (2,725 juta km²).
  10. Aljazair (2,382 juta km²).

Profil Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Selengkapnya, berikut profil negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

1. Rusia

Berdasarkan luas wilayah, Rusia merupakan negara terbesar di dunia dengan total area mencapai 17,1 juta km persegi. Total wilayah daratan Rusia bahkan mencapai 11% dari total luas daratan dunia. Rusia membentang di bagian utara benua Eurasia. Sebanyak 77% wilayah Rusia ada di Asia, sedangkan 23% wilayah terletak di Eropa.

Lanskap Rusia bervariasi dari gurun hingga garis pantai yang membeku, pegunungan tinggi, hingga rawa-rawa besar. Bentang alam utama termasuk Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Altai, Pegunungan Ural, Gunung Elbrus, Semenanjung Kamchatka, Dataran Siberia, Dataran Tinggi Siberia, dan Pegunungan Stanovoy.

2. Kanada

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia dengan total area sebesar 9,985 juta km² atau 6,1% dari total daratan dunia. Kanada adalah sebuah negara di Amerika Utara. Negara ini menempati kira-kira dua perlima bagian utara benua Amerika Utara.

Kanada memiliki lanskap yang bervariasi, dengan pegunungan yang megah, dataran yang bergelombang, lembah berhutan, dan sungai serta danau biru yang indah. Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik, Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 243.977 kilometer.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 9,834 juta km². Amerika Serikat kira-kira berukuran sama dengan Cina. Amerika Serikat memiliki luas total yang lebih besar daripada Cina karena memiliki wilayah perairan pesisir dari pulau dan negara bagian Amerika.

Amerika Serikat atau AS adalah sebuah negara di Amerika Utara. Lanskap Amerika Serikat bervariasi mulai dari pantai tropis di Florida hingga puncak di Pegunungan Rocky, dari tanah padang rumput yang bergulir dan gurun tandus di Barat hingga daerah hutan belantara yang lebat di Timur Laut dan Barat Laut.

4. Cina

Cina menempati posisi keempat sebagai negara terbesar di dunia dengan total area mencapai 9,597 juta km². Total wilayah Cina lebih kecil dari AS karena negara ini memiliki wilayah perairan yang lebih sedikit. Namun, berdasarkan luas daratan, Cina lebih besar dari AS. Cina memiliki luas daratan 9,3 juta kilometer persegi atau 2,2% lebih besar dari luas daratan AS sebesar 9,1 juta kilometer persegi.

Kondisi geografis Cina meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat. Sepertiga wilayah daratan China terdiri dari pegunungan. Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, terletak di perbatasan antara Cina dan Nepal. Pegunungan, gurun, sungai, pantai, ngarai yang dalam, dan dataran subur semuanya membentuk lanskap Cina yang unik dan indah.

5. Brasil

Brasil merupakan negara terbesar kelima di dunia dengan total wilayah sebesar 8.516 juta km². Bentang alam Brasil sangat bervariasi. Negara ini paling terkenal dengan hutan Amazon, yaitu hutan terbesar di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement