8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Image title
20 Juni 2022, 14:02
Ilustrasi, wanita dengan rambut kering dan bercabang. Sejumlah cara mengatasi rambut kering dan bercabang yaitu mengurangi frekuensi keramas, menggunakan minyak argan, serta mengonsumsi omega-3 dan vitamin.
Pexels/Deena
Ilustrasi, wanita dengan rambut kering dan bercabang

Rambut yang sehat merupakan dambaan semua orang. Selain memperindah penampilan, rambut di kepala berfungsi untuk menjaga kulit kepala agar tetap hangat dan memberikan sedikit bantalan untuk tengkorak. Oleh sebab itu, penting untuk merawat rambut dan kulit kepala agar tetap sehat.

Banyak orang menghadapi masalah rambut kering dan bercabang. Masalah ini terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak alami yang cukup untuk melembabkan helai rambut. Ada banyak penyebab rambut kering dan bercabang, yaitu:

  • Kekurangan vitamin dan protein.
  • Menggunakan alat pengering dan penata gaya (pengering, pengeriting rambut, rol listrik, pelurus rambut) pada pengaturan panas yang terlalu tinggi.
  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut yang panas.
  • Kondisi iklim yang sangat dingin atau panas.
  • Berenang di air yang mengandung klorin.
  • Terlalu sering mencuci rambut.

Rambut kering dan bercabang harus segera diatasi. Jika tidak diobati, rambut bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan kusut. Untuk itu, simak cara mengatasi rambut kering dan bercabang berikut ini.

1. Kurangi frekuensi keramas

Orang dengan rambut kering dan bercabang tidak perlu keramas setiap hari. Sebaliknya, jarang keramas akan membantu menjaga minyak alami di kulit kepala dan menjaga kelembapan rambut. Bagi penderita rambut kering dan bercabang, lakukan keramas setiap 5-7 hari sekali agar minyak alami rambut dapat tertahan di kulit kepala.

2. Potong rambut

Rambut kering dan bercabang mungkin perlu ditata ulang dengan memotongnya. Rambut bercabang tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mengatasinya adalah memotongnya. Tren terbaru untuk menghilangkan ujung bercabang adalah proses yang disebut velaterapia, juga dikenal sebagai “pemotongan lilin”.

3. Gunakan minyak argan

Minyak argan kaya akan vitamin E yang memberikan lapisan lemak pada rambut dan kulit kepala, sehingga dapat membantu mengatasi rambut kering, meningkatkan kilau, dan mencegah rambut bercabang.

Minyak argan bekerja paling baik pada rambut basah. Teteskan minyak argan pada tangan, gosokkan kedua telapak tangan dan sisir jari-jari pada helaian rambut. Pastikan untuk memijatnya ke kulit kepala untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Pakai kondisioner

Kondisioner memiliki alkohol berlemak, humektan, dan minyak untuk membuat rambut lembut dan fleksibel. Beberapa produk kondisioner memiliki protein untuk mengikat sementara ujung rambut bercaban. Ada pula kondisioner yang memiliki zat pengental untuk membuat rambut terasa lebih tebal. Untuk rambut kering, gunakan memakai kondisioner lalu tutup kepala dengan showercap. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

5. Masker rambut

Helai rambut kering membutuhkan kelembapan ekstra yang mana didapatkan dengan menggunakan masker rambut. Penderita rambut kering dapat menggunakan masker rambut dua kali seminggu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...