• Tim Kampanye Nasional Prabowo - Gibran menurunkan tokoh kunci di sejumlah daerah agar bisa menang satu putaran
  • Anies Baswedan mengingatkan potensi rekayasa bila wacana pilpres satu putaran terus digaungkan. Adapun TPN Ganjar mengklaim telah mengantongi suara untuk lolos putaran dua. 
  • Pengamat politik menilai pilpres 2024 akan sulit bergulir satu putaran lantaran belum ada capres cawapres yang unggul secara signifikan. 

G

edung Serba Guna, Jalan Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara dipadati massa pada Sabtu (13/1) pekan lalu. Panitia mengklaim setidaknya 58 ribu orang hadir siang itu. Sekira pukul 11 siang, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto datang. Tepuk tangan dan sorak sorai membahana dari penjuru ruangan. 

Advertisement

Prabowo membalas sambutan pendukung tak kalah antusias. Dalam pidato berdurasi 31 menit ia berulang kali menyampaikan janji untuk mengentaskan kemiskinan. Prabowo lantas meminta komitmen pendukung yang hadir hari itu untuk memilihnya di pilpres 2024. 

“Kita tinggal satu bulan lagi, tolong yakinkan semua. Saya butuh Sumatera Utara memberi kemenangan untuk Prabowo Gibran Sanggup,” ujar Prabowo disambut jawaban sanggup dari massa yang hadir. 

Hal serupa juga disampaikan Prabowo saat bertemu dengan relawan di Riau, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Bangka Belitung dan Batam yang ia temui di pekan yang sama. Hanya dua provinsi di Sumatera yang tak disinggahi Prabowo pekan itu; Sumatera Barat dan Aceh. 

Konsolidasi relawan Prabowo-Gibran di Bengkulu
Konsolidasi relawan Prabowo-Gibran di Bengkulu (ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/nz)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Afriansyah Noor, mengatakan Prabowo serius ingin meraih kemenangan. Menurut dia koalisi bekerja keras menggolkan pasangan nomor urut 2 itu menang dalam satu putaran pemilu. 

"Keyakinan kami dalam hal ini bisa selesai sekali putaran, hemat waktu dan biaya," kata Afriansyah kepada Katadata seperti dikutip Selasa (16/1).  

Dia menyebut para tim pemenangan saat ini turun ke basis-basis pemilih potensial. Utamanya menggencarkan sosialisasi program unggulan makan siang dan susu gratis. Saat Prabowo berpidato di Sumatera, berkali-kali janji makan gratis untuk anak sekolah itu disampaikan 

Narasi kampanye yang ditonjolkan juga mengarah pada upaya untuk melanjutkan program Presiden Joko Widodo dan menyempurnakan kebijakan yang belum tuntas. Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid juga meyakini pilpres 2024 akan berlangsung 1 putaran. Menurut Nusron, masyarakat sudah lelah menyikapi hiruk-pikuk pemilu jelang bulan suci ramadhan.

"Kami belum mempunyai angan-angan dua putaran, karena kami punya keyakinan pemilu ini hanya selesai satu putaran," kata Nusron di Kantor Media Center TKN. 

Keyakinan menang satu putaran menurut Yusron bukan tanpa alasan. Ia mengklaim TKN Prabowo - Gibran telah mengantongi data internal yang menunjukkan ajang pilpres 2024 berjalan 1 putaran. 

"Data internal sudah tembus di atas 50% dan tidak bisa kami jabarkan karena ada kode etik," ujar Nusron.  

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/1). Foto: M Fajar Riyandanu
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/1). Foto: M Fajar Riyandanu (Katadata)

Di sisi lain, sumber Katadata yang mengetahui dinamika di internal koalisi mengatakan tim Prabowo - Gibran bisa menang pilpres satu putaran sebenarnya sedang  dalam ujian. Sejak debat ketiga yang menjadi momen kedua para capres beradu gagasan,  pamor Prabowo justru menurun. Alih-alih menang satu putaran, elektabilitas capres yang diusung mayoritas partai di pemerintahan itu justru stagnan. 

“Makanya sekarang semua tim sedang diturunkan untuk mengejar target” ujar dia. 

Masih menurut sumber itu,  salah satu jalan yang dilakukan TKN  untuk memastikan kemenangan adalah bertarung habis-habisan dengan mengerahkan tokoh sentral sebagai pendulang suara. Daerah dengan pemilih besar seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat mendapat perhatian khusus. 

Sebagai pemantik suara di Jawa Timur, TKN pekan lalu mengumumkan masuknya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam struktur tim pemenangan. Ia tercatat sebagai Dewan Pembina TKN dan mulai berlaku efektif sejak 21 Januari 2024 mendatang. Padahal sebenarnya masuknya Khofifah bukan hal baru lantaran namanya sudah disebut-sebut sejak awal TKN terbentuk. Pengumuman resmi nama Khofifah mendekati hari pencoblosan diyakini menjadi strategi untuk meningkatkan animo pemilih. 

Bila Khofifah menyasar kelompok pemilih santri yang mayoritas berada di wilayah Jawa Timur bagian utara, di wilayah tengah dan selatan TKN mengandalkan tokoh berlatar nasionalis seperti politikus senior Demokrat Soekarwo. Pengaruh Ketua Dewan Pembina partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang juga merupakan Presiden RI ke-6 juga diandalkan untuk meraup dukungan. 

Dua Kubu Melawan

Debat ketiga Pilpres 2024
Debat ketiga Pilpres 2024 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.)

Angan Prabowo menang satu putaran bukan tanpa perlawanan. Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD punya keyakinan bisa memaksa Prabowo - Gibran bertanding di putaran kedua. Bahkan Anies mengatakan keyakinan partai-partai pendukung Prabowo bisa saja diikuti dengan taktik tidak baik.

“Jangan-jangan ini indikasi mau ada rekayasa. Jangan sampai, biarkan saja rakyat yang menentukan,” kata Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Senin (15/1).

Mantan Gubernur Jakarta ini menekankan, keputusan Pemilu satu putaran atau dua putaran berada pada rakyat, bukan selera elit politik. Ia meminta pada petinggi partai politik untuk menjaga jalannya pemilu yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang tanpa ada paksaan harus berlangsung satu putaran. 

 “Partai pengusung harus ingat, ini adalah pemilihan milik rakyat. Biarkan rakyat yang berkuasa, bukan kita yang memiliki kuasa untuk menentukan,” ujar Anies.

Menurut Anies saat ini siapa saja masih berpeluang lanjut ke putaran kedua pilpres. Untuk mewujudkan harapan itu Anies dan tim pemenangannya makin serius menggarap pemilih muda. Wilayah kampanye meluas dari sebatas dunia nyata. 

Dua pekan terakhir Anies makin rajin menyapa pendukungnya lewat jejaring media sosial tiktok yang banyak digunakan pemilih muda. Ia bahkan mendapat julukan  'AbahOwl/Online' di media sosial. 

Lembaga analisis media sosial, Drone Emprit, menyebutkan julukan ‘AbahOwl/Online dinilai sebagai positive calling yang ramai di Twitter. Cuitan dengan kata kunci 'Abah' mendapatkan rata-rata 10 interaksi, baik berupa reply ataupun retweet. Sebutan 'Abah' mulai disoroti warganet Twitter sejak 30 Desember 2023 dan puncak interaksinya terjadi pada 2 Januari 2024. 

 
Debat ketiga Pilpres 2024
Debat ketiga Pilpres 2024 (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/foc.)


Optimisme juga datang dari kubu pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Tim Pemenangan Nasional bahkan punya hitungan sendiri soal pilpres. Alih-alih sependapat dengan kubu Prabowo, TPN malah menemukan peningkatan trend suara pasangan Ganjar - Mahfud terutama setelah berlangsung debat ketiga pada Minggu (7/1). 

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy yang juga pendukung utama Ganjar - Mahfud mengakui elektabilitas pasangan yang diusung makin baik menurut survei internal. Selaku partai pengusung Ganjar-Mahfud, Romy mengatakan hasil survei itu sudah mencapai target elektabilitas paslon 03 itu.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Muhamad Fajar Riyandanu, Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement