Pertempuran Makin Sengit, Shopee Live dan TikTok Live Siapa Unggul?

Shopee memang lebih dulu memulai pangsa pasar e-commerce di Indonesia. Lantas, bagaimana strategi Shopee untuk dapat mengalahkan TikTok Live?
Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
19 September 2023, 07:48
Pemilik toko baju Nara Fashion, Nadya sedang melakukan live streaming di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2023).
Katadata/Lenny
Pemilik toko baju Nara Fashion, Nadya sedang melakukan live streaming di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2023).

Dua pemain raksasa, TikTok Live dan Shopee Live sedang berlomba-lomba merajai pasar live shopping di Indonesia. Shopee memang lebih dulu memulai pangsa pasar e-commerce di Indonesia. Lantas, bagaimana strategi Shopee untuk dapat mengalahkan TikTok Live?

Jika ditelaah, pamor keduanya seakan menunjukan kekuatannya masing-masing dalam mengubah konstelasi persaingan e-commerce di Indonesia.

Shopee Live memang dirancang sebagai salah satu fitur di e-commerce Shopee untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang interaktif. 

Siapapun pengguna baik pembeli dan penjual yang membuka Shopee Live memang sudah memiliki intensitas untuk jual beli secara real-time. Sebaliknya, TikTok Live sendiri adalah bagian dari platform sosial media milik TikTok.

Fokusnya lebih diutamakan ruang konten kreatif, seperti musik, dance, tips, maupun komedi, sehingga intensitas masyarakat membuka platform TikTok Live akan lebih cenderung sebagai hiburan dibanding untuk berbelanja.

Melihat hal tersebut, fitur live shopping dari platform belanja e-commerce seperti Shopee Live akan lebih cocok untuk para brand dan seller yang ingin memaksimalkan penjualannya.

Sebab, traffic yang datang ke Shopee Live sudah mempunyai rencana dan niat berbelanja, sementara traffic yang datang di TikTok Live bercampur dengan mereka yang sekedar mencari hiburan dibanding niat berbelanja.

Rupanya Tiktok Live masih harus mengatur strateginya agar dapat unggul dalam tatanan persaingan platform live streaming. 

Melalui riset Populix yang bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada bulan Juni lalu, menunjukkan 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Angka ini, melampaui TikTok Live yakni (25 persen). Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live hanya mendapatkan 30 persen.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. 

Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live dengan persentase 30 persen.

Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen jauh di atas TikTok Live (31 persen).

Hal ini sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.

Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain:    

 Menawarkan produk dengan harga paling murahMenawarkan paling banyak promosi Menawarkan diskon paling besarMenawarkan nominal cashback paling besarMenawarkan paling banyak gratis ongkir
Shopee Live 63% 62%63%69%68%
TikTok Live 32%31%31%22%28%

 

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa posisi kuat Shopee Live melampaui TikTok Live dilatarbelakangi oleh kemudahan dan kelengkapan fitur live streaming.

Di samping itu, Shopee unggul dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

Terus Mendominasi, Shopee Live Lebih Unggul Ketimbang TikTok Live

Melalui siaran pers mengenai pencapaian kampanye 9.9, Shopee menyatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan beragam kemeriahan yang dihadirkan.

Hal ini terlihat dari peningkatan Shopee Live ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.

Respon luar biasa dari penonton live shopping di kampanye ini turut menunjukan bagaimana Shopee Live berperan penting sebagai platform untuk memenuhi kebutuhan.

Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...