Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Berikut 10 Rekomendasi Kelas di Cakap

Untuk beroleh pelatihan di Cakap, perlu mendaftar terlebih dahulu di laman kartu Prakerja.
Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
2 Februari 2024, 17:12
Prakerja Cakap
Cakap
Button AI Summarize

Pemerintah kembali menggelar program Kartu Prakerja untuk tahun 2024. Pendaftaran untuk gelombang pertama di tahun ini, atau ke-63, pun akan segera dibuka melalui www.prakerja.go.id. 

Cakap, aplikasi platform belajar daring, sekaligus salah satu mitra Kartu Prakerja, menyediakan beragam pilihan kursus di berbagai bidang.  

Pilihan pelatihan ini cocok baik bagi yang ingin mengembangkan kemampuannya maupun mempersiapkan diri untuk bekerja ataupun membuka usaha sendiri. Berikut 10 rekomendasi pelatihan Kartu Prakerja di Cakap. 

1. Adobe Illustrator untuk ilustrasi

Bagi siapapun yang ingin mengembangkan keterampilan di bidang ilustrasi, bisa mengambil kelas Adobe Illustrator. Nantinya, peserta akan diberikan pembelajaran tentang teknik-teknik dasar ilustrasi hingga cara menginterpretasikan keinginan klien. 

2. Copywriting untuk pemasaran produk

Pada program ini, peserta akan belajar ihwal membuat copywriting untuk berbagai media pemasaran. Kelas ini cocok bagi siapapun yang tertarik dengan copywriting atau memiliki latar belakang di bidang pemasaran. 

3. Analis keuangan untuk klien

Analis keuangan merupakan profesional yang memberikan layanan konsultasi keuangan termasuk pengelolaan dana investasi. Siapapun bisa mengambil kelas ini untuk nantinya memberikan layanan ke klien yang membutuhkan bantuan pengelolaan keuangan. 

4. Manajemen sumber daya manusia

Sesuai namanya, pelatihan ini cocok bagi yang ingin berkarier di bidang human resource. Peserta akan belajar mulai dari menyusun uraian jabatan hingga penggunaan sistem informasi pekerja.

5. Branding development 

Dalam kelas ini, peserta akan belajar secara mendalam mengenai pengelolaan brand, mulai dari identifikasi elemen pemasaran hingga evaluasi brand. Pelatihan ini cocok untuk yang punya ketertarikan dan latar belakang di bidang brand management. 

6. Telesales

Telesales merupakan profesi dengan permintaan stabil di berbagai industri. Maka, untuk menjadi telesales profesional, siapapun bisa mengambil kelas ini, serta mempelajari topik seperti tata cara komunikasi hingga menyusun skrip telesales dengan terstruktur. 

7. Pengelolaan restoran untuk pramusaji

Industri makanan dan minuman yang senantiasa berkembang menuntut kehadiran pramusaji profesional. Bagi yang mengambil kelas ini bisa beroleh pengetahuan ihwal prinsip, prosedur, serta sikap profesional dalam mengelola pelayanan restoran.

8. Design multimedia 

Ekonomi digital yang melesat turut menghadirkan beragam profesi baru. Profesi di bidang user interface (UI) dan user experience (UX) bisa jadi misal. Kelas ini cocok bagi yang berminat menempuh karir di bidang multimedia. 

9. Aktuaris

Prospek kerja sebagai aktuaris cukup baik seiring dengan perkembangan bisnis asuransi. Di kelas ini, peserta bisa mengambil ilmu tentang produk asuransi, pengelolaan aset, risiko asuransi, hingga sistem asuransi. 

10. Manajemen toko retail makanan

Dalam pelatihan ini, peserta bisa beroleh materi mengenai bisnis ritel seperti manajemen sampai mengembangkan strategi penjualan. Program ini ditujukan bagi siapapun pemilik bisnis ritel termasuk makanan maupun karyawan. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...