Dukung Pariwisata Berkelanjutan, ITDC Bersih-Bersih Pantai Mandalika

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar kegiatan penghijauan dan bersih-bersih pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.
Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Publikasi Katadata
12 Februari 2024, 15:19
ITDC gelar kegiatan penghijauan dan bersih-bersih pantai.
Katadata
ITDC gelar kegiatan penghijauan dan bersih-bersih pantai.
Button AI Summarize

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengadakan kegiatan penghijauan dan pembersihan pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Kab. Lombok Tengah, NTB pada 10 Februari 2024.

Di dalam kegiatan tersebut, ITDC berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT). Keduanya turut menggandeng Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, PDAM Lombok Tengah, Lembaga Konservasi Portir Indonesia, dan Duta Lingkungan Lombok Tengah.

Aktivitas penghijauan dilakukan dengan penanaman 100 pohon, terdiri dari 47 pohon Mahoni, 28 pohon Sawo Kecik, dan 25 pohon Waru.  Penanaman ratusan pohon ini dilakukan di area timur The Mandalika.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengajak semua pihak untuk turut mendukung kegiatan yang mendorong terciptanya kelestarian lingkungan.

“Kami mendukung dan mengajak pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar untuk berkontribusi aktif dan positif dalam memastikan kelestarian lingkungan,” katanya melalui keterangan tertulis, Senin (12/2).

Molin mengimbuhkan, pihaknya membuka diri untuk berkolaborasi demi kemajuan The Mandalika. Tak hanya dengan pemerintah tetapi juga lembaga nonprofit, perusahaan, masyarakat lokal, dan berbagai pihak lain.

"Dengan terus memperkuat kolaborasi, KEK Mandalika dapat menjadi teladan bahwa pariwisata yang sukses, berpijak kepada prinsip-prinsip keberlanjutan dan keseimbangan dengan alam,” ujarnya.

Ketua PWLT Munakir menyampaikan, kegiatan ini adalah wujud komitmen jurnalis di Lombok Tengah untuk mendukung pengembangan KEK Mandalika.

“Dukungan ini tak hanya lewat tulisan, tapi juga melalui aksi seperti penanaman pohon dan pembersihan pantai,” katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Konservasi Portir Indonesia Maya Soeripto menjelaskan, pihak-pihak yang terlibat tidak hanya berpartisipasi dalam proses awal penanaman tetapi juga berkomitmen untuk terus mengawasi pertumbuhan tanaman tersebut.

"Kami sadar akan pentingnya keterlibatan dan komitmen berkelanjutan dari berbagai pihak dalam menjaga keberlanjutan lingkungan khususnya di KEK Mandalika,” ujar Maya.

Kegiatan penghijauan dan bersih-bersih pantai ini merupakan bagian dari program Integrated Sustainable Tourism yang dimulai sejak Desember 2023 oleh ITDC. Program ini diharapkan dapat memiliki dampak positif dalam mengurangi polusi udara, memperbaiki kualitas tanah, serta menciptakan habitat yang lebih baik bagi flora dan fauna.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...