Parfum Buatan Mahasiswa Ini Raih Shopee Super Awards 2023

Parfum Heura mengawali bisnis dengan melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat.
Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
13 Februari 2024, 07:10
Parfum Heura mengawali bisnis dengan melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat.
Heura
Button AI Summarize

Bisnis parfum lokal terus bertumbuh di tengah-tengah kebutuhan masyarakat atas wewangian berkualitas tetap harganya terjangkau. Jeli melihat peluang ini, Given Susanto dan William Gomarga memutuskan untuk membangun bisnis parfum di Shopee, bernama Heura.

Ditemui di sela acara penghargaan Shopee Super Awards 2023, dua mahasiswa asal Jakarta berusia 21 tahun itu bercerita perjalanan awal membangun jenama Heura.

“Dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura,” kata Given.

Heura mengawali bisnisnya dengan melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat. Dengan anggaran terbatas, Heura memutuskan untuk membuka penjualan secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.

Ketiga UMKM Penerima Penghargaan dalam Shopee Super Awards 2023
Ketiga UMKM Penerima Penghargaan dalam Shopee Super Awards 2023 (Istimewa)

Keputusan untuk memulai penjualan di Shopee sebagai platform pertama, didasari pandangan bahwa Shopee mampu memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di Indonesia. Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.

“Kami berusaha untuk membuat Heura berbeda, berbekal strategi pemasaran kuat dan peningkatan kualitas produk. Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year on year sekitar 150 hingga 200 persen,” ujar Given.

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Heura tidak hanya memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya. Jenama ini juga membuka lapangan kerja bagi 35 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...