Bank DKI Raih ISO 9001:2015 Terkait Sistem Audit Internal
Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia. Sertifikat ini merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu.
Penilaian sertifikasi berlandaskan kepada tujuh prinsip, yaitu customer focus (fokus pada pelanggan), leadership (kepemimpinan), engagement of people (keterlibatan sumber daya manusia), process approach (pendekatan proses), improvement (peningkatan secara terus menerus), evidence-based decision making (pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta), dan relationship management (manajemen hubungan dengan stakeholder).
"Sertifikasi ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim manajemen dan segenap insan karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono secara tertulis, Rabu (6/3).
Amirul menyampaikan, keberhasilan tersebut memberikan dampak positif kepada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional perseroan secara keseluruhan. Bank DKI pun optimistis, melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi mampu memberikan layanan terbaik.
Audit Stage 1 terhadap Bank DKI terakit dengan penilaian soal Review of system, Review of documented management system, Review of risk & opportunity process, and Organization knowledge. Dan Audit Stage 2 meliputi wawancara terkait proses audit secara keseluruhan kepada Pemimpin Satuan Kerja dan Pejabat setingkat Pemimpi Divisi pada Satuan Kerja Audit Internal, diantaranya Divisi Audit Teknologi lnformasi, Divisi Manajemen Audit, Divisi Audit Umum, dan Unit Kontrol Internal Cabang (KIC).
ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan Bank DKI. Perinciannya a.l. Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menuturkan, Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal perusahaan tetapi juga mengindikasikan kesiapan perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis di dalam industri perbankan.
“Mengacu kepada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” ucap Arie.