BRI Sabrina Jadi Best in Personalization Strategy di Mata Lokal Award

Mata Lokal Award 2024 menilai, BRI sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia melaui chatbot Sabrina.
Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
24 Mei 2024, 12:00
Mata Lokal Award 2024 menilai, BRI sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia melaui chatbot Sabrina.
BRI
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Transformasi digital PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui kehadiran chatbot BRI Sabrina berhasil meraih penghargaan kategori Best in Personalization Strategy. Penghargaan ini diberikan di acara Mata Lokal Fest bertajuk “Local Thriving in the Digital Era”.

BRI dianggap sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia. Digitalisasi menjadi kesempatan bagi BRI untuk berkembang bersama lokal. Teknologi di Sabrina sendiri dimaksimalkan dengan large languange model (LLM), yang mana chatbot ini mampu merespons berbagai bahasa daerah Indonesia.

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini semakin memacu BRI untuk melakukan inovasi digital.

Chatbot Sabrina yang dirancang dan dikembangkan dengan teknologi kecerdasan buatan sehingga bisa berinteraksi dengan nasabah termasuk menyapa dan berbincang dengan menggunakan bahasa daerah alias lokal,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (24/5).

Sebelumnya, Sabrina juga meraih peringkat pertama untuk kategori Performa Terbaik Chatbot Bank, dalam hasil survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024. Survei ini dirilis lembaga riset MRI bekerja sama dengan majalah Infobank.

Adapun, perkembangan zaman saat ini membuat kebutuhan nasabah terhadap layanan semakin tinggi. Guna memenuhi kebutuhan nasabah tersebut perbankan perlu melakukan inovasi terhadap pelayanannya, terutama pada sisi digitalisasi layanan.

Sabrina tak Cuma bisa berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam bahasa dan memberikan informasi perbankan. Chatbot ini juga dapat membantu nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan mutasi tabungan, melakukan pembuatan dan pengecekan pengaduan, menginformasikan lokasi kantor BRI, lokasi mesin ATM dan merchant terdekat.

Hal tersebut bisa diakses cukup dengan Tanya Sabrina melalui Whatsapp pada nomor 0812 1214 017. Informasi terkait produk dan promo bank BRI juga dapat dengan mudah didapat.

Terkait Mata Lokal Award sendiri, penghargaan ini dianugerahkan kepada perusahaan yang mampu memberikan dampak dan bergerak pada misi besar untuk memperkuat eksistensi lokal. Oleh karena itu, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi, serta momentum untuk berkolaborasi dan berkembang bersama lokal.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...