Strategi Pertamina Kelola Blok Mahakam

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
18 Desember 2017, 15:00

Mulai 1 Januari 2018, PT Pertamina (Persero) mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam setelah 50 tahun beroperasi. Dengan pengalaman mengelola blok migas offshore di North West Java dan West Madura, perusahaan pelat merah ini optimistis mampu mengelola Blok Mahakam dengan baik.

Blok Mahakam merupakan salah satu blok gas andalan pemerintah yang terletak di delta Sungai Mahakam, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hingga kini cadangan minyak dan gas di blok tersebut diperkirakan masih berkisar 105 juta barel dan 4,9 triliun kaki kubik.

Sebagai pengelola Blok Mahakam, Pertamina telah menyiapkan sejumlah persiapan, yakni percepatan pengeboran di 15 sumur hingga akhir tahun 2017 dan melakukan penebalan reservoir. Menurut Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia Bambang Manumayoso, setiap satu sumur yang dibor berkontribusi menambah cadangan sekitar 2-3 bcf. Ini artinya dapat menambah masa produksi blok hingga 20 tahun ke depan. 

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik menambahkan, lantaran usia Blok Mahakam yang sudah tua maka upaya menahan laju penurunan produksi sangat penting. Pertamina menginvestasikan dana sebesar US$ 700 juta untuk mengebor sumur dan menyiapkan US$ 1 miliar untuk biaya operasional di Blok Mahakam pada tahun depan.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami