Membangun Indonesia Sentris

Tim Publikasi Katadata

Selasa 26/12/2017, 12.00 WIB

Proyek-proyek strategis nasional tersebar di berbagai wilayah, bahkan hingga ke pelosok.

Membangun Indonesia Sentris
Membangun Indonesia Sentris
 


Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memprioritaskan pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Infrastruktur, khususnya yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diharapkan menjadi katalisator untuk menggerakkan perekonomian nasional.

Dalam implementasinya, pemerintah memakai pendekatan “Indonesia Sentris”. Pendekatan ini ingin merombak paradigma bahwa pembangunan infrastruktur hanya berpusat di Jawa. Proyek-proyek strategis nasional tersebar di berbagai wilayah, bahkan hingga ke pelosok.

Pemerintah misalnya, mempercantik tampilan pos lintas batas negara di Skouw, Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini. Jalan arteri pun dibuka untuk memperlancar konektivitas masyarakat di provinsi paling timur tersebut. Di Sumatera, pemerintah telah mengoperasikan jalan tol ruas Medan-Binjai. Bendungan dibangun untuk memenuhi pasokan air di wilayah timur Indonesia.

Pencapaian Kementerian PUPR dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur selama tiga tahun terakhir dirangkum dalam rangkaian infografik. Ada lima topik utama infografik ini, yakni tentang Ketahanan Air dan Pangan; Konektivitas Antar-Wilayah; Program Satu Juta Rumah untuk Rakyat; Infrastruktur Permukiman; dan Membangun dari Pinggiran. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha