Bandara Baru Yogya: Megah, Tahan Gempa dan Tsunami

Image title
29 April 2019, 07:04

Yogyakarta segera memiliki banda baru, pengganti Adisutjipto yang kapasitasnya sudah tidak lagi memadai. Bandara yang terletak di Kecamatan Temon, Kulon Progo tersebut mampu menampung hingga 14 juta penumpang per tahun. Kapasitas ini sembilan kali lebih besar daripada Adisutjipto yang hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang.

Kendati berada di dekat pantai, pemerintah mengklaim bandara tersebut aman dari terjangan tsunami. Bahkan mampu menahan guncangan gempa hingga 8,8 skala richter. yang diberi nama Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 75 meter, sehingga mampu untuk melayani pesawat berbadan jumbo seperti Airbus A-380 dan Boeing 747.

Rencananya hari ini (29/4), Presiden Joko Widodo meresmikan bandara Kulon Progo. Namun karena ada prosedur pendaftaran pesawat yang belum terpenuhi, peresmian ditunda. Pembangunan bandara senilai sekitar Rp 10,9 triliun tersebut pernah diprotes warga sekitar, terkait pembebasan lahan dan ancaman kerusakan lingkungan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami