Miripnya Hasil Quick Count dengan Rekapitulasi KPU Pilpres 2019

Oleh Yosepha Pusparisa, 21/5/2019, 15.17 WIB

Dari sejumlah lembaga, hasil hitung cepat yang dilakukan CSIS-Cyrus Network dan LSI Denny JA yang paling mendekati rekapitulasi KPU.

Unduh Infografik
Share

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pemilihan presiden 2019 pada Selasa (21/5) dini hari. Hasil perhitungan di 34 provinsi dan luar negeri menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf berhasil memenangkan dengan perolehan suara 55,5 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga dengan suara 44,5 persen.

Hasil rekapitulasi ini tidak jau berbeda dengan hitung cepat yang dilakukan 10 lembaga survei dengan perbedaan maksimal 2 persen. Beberapa lembaga tersebut antara lain: CSIS-Cyrus Network, LSI Denny JA, SMRC, Charta Politica, serta Indo Barometer.

Dari sejumlah lembaga, hasil hitung cepat yang dilakukan CSIS-Cyrus Network dan LSI Denny JA yang paling mendekati rekapitulasi KPU. Hal ini sekaligus membuktikan jika perhitungan cepat yang dilakukan lembaga-lembaga survei tersebut tidak menyimpang. “Terbukti semua quick count yang dilakukan lembaga kredibel benar,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa kepada Antara, Selasa (21/5).