Enam Babak “Drama” Setya Novanto

Oleh Yosepha Pusparisa, 19/6/2019, 11.55 WIB

Setya Novanto pernah menggegerkan publik lewat laporan kecelakaan yang menimpanya.

Enam Babak Drama Setya Novanto
Unduh Infografik
Share

Bukan Setya Novanto namanya kalau tak jadi kepala berita. Mantan Ketua DPR itu menjadi perhatian publik lantaran kerap berpelesir keluar sel tahanan. Padahal, bekas Ketua Umum Partai Golkar tersebut tengah menjalani masa hukuman 15 tahun akibat kasus korupsi e-KTP di Lapas Sukamiskin, Bandung.

(Baca: Ulah Setya Novanto di Penjara, Sel Abal-Abal hingga Pelesiran)

Terakhir, dia tertangkap kamera sedang berkunjung ke sebuah toko keramik di daerah Padalarang, kabupaten Bandung. Saat itu, dia terlihat bersama seorang perempuan yang diduga sebagai istrinya.

Setahun lalu, mencuat kabar yang menyebutkan sel tempat dia ditahan tidak sesuai ketentuan. Hal ini diperkuat temuan tim Ombudsman RI jika kasur dan fasilitas yang dinikmati Setya Novanto bukan standar rumah tahanan.

(Baca: Ketahuan Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur)

Namun jauh sebelumnya, Setya Novanto pernah menggegerkan publik lewat laporan kecelakaan yang menimpanya. Kendaraan yang ditumpanginya dikabarkan menabrak tiang dan menyebabkan dirinya terluka sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Pada waktu itu, dia sedang dicari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihak KPK pun menilai laporan kecelakaan itu palsu untuk menghindari kasus yang tengah dihadapinya.