Ini Daftar Penghasilan YouTuber Gim Seperti Kimi Hime

Oleh Andrea Lidwina, 26/7/2019, 21.56 WIB

Selain Kimi Hime, banyak YouTuber yang juga mengunggah konten gim di akunnya, seperti MiawAug, Jess No Limit, dan Dyland PROS.

Unduh Infografik
Share

Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir sejumlah video milik YouTuber Kimi Hime karena dianggap melanggar tindak asusila atau vulgar. YouTuber lokal ini sering mengunggah konten gim di akunnya yang memiliki 2,2 juta subscriber. Berdasarkan perkiraan situs Social Blade, Kimi Hime bisa memperoleh pendapatan sekitar Rp 33,5 juta hingga Rp 543 juta per bulan dari pekerjaannya sebagai YouTuber.

Selain Kimi Hime, banyak YouTuber lokal yang juga mengunggah konten gim dan memiliki jutaan subscriber di akunnya, seperti MiawAug, Jess No Limit, dan Dyland PROS. Pendapatan mereka bisa mencapai ratusan juta, bahkan miliar, setiap bulannya dari penghitungan Google AdSense, penjualan merchandise kepada penggemar masing-masing, dan endorsement produk atau layanan tertentu.

Konten gim semakin bertambah jumlahnya di YouTube Indonesia. Menurut data Newzoo, jumlah pemain gim di Indonesia mencapai 43,7 juta orang pada 2017. Tidak hanya bermain, sebanyak 66% dari jumlah itu juga menonton video-video berkonten gim di YouTube.