Virus Corona Sudah Tiba di Indonesia?

Oleh Andrea Lidwina, 28/2/2020, 15.16 WIB

Pemerintah menyatakan belum ada kasus Covid-19 di tanah air, meski ada warga asing yang diketahui terinfeksi setelah berkunjung ke Indonesia.

Unduh Infografik
Share

Penyebaran coronavirus disease (Covid-19) sudah mencapai lebih 50 negara di seluruh dunia. Sejumlah negara telah menyatakan keadaan darurat. Bahkan Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan ibadah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

(Baca: Tentang Pasien Nomor 31, Penyebar Virus Corona di Korea Selatan)

Kendati demikian, pemerintah masih menyatakan belum ada kasus wabah yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok tersebut. Meskipun diketahui ada sekitar 136 orang yang dinyatakan suspect terinfeksi virus corona dan menjalani pemeriksaan intensif hingga Rabu (26/2). Hasilnya, semua pasien dinyatakan negatif.

(Baca: Imbas Corona, Tokyo Disneyland Tutup Hingga Pertengahan Maret)

(Baca: Menguji Keampuhan Remdesivir, Obat Anti-Virus Corona)

Meski begitu, ada dua warga negara asing terinfeksi virus corona sepulang dari Indonesia. Seorang warga negara Tiongkok dinyatakan positif pada 5 Februari 2020 setelah berkunjung ke Bali pada 22 Januari 2020. Lalu, seorang warga negara Jepang juga dinyatakan positif pada 22 Februari 2020. Ia melawat ke Indonesia sepekan sebelumnya.

(Baca: Corona Ancam Target Pariwisata Indonesia)

Beberapa warga negara Indonesia di luar negeri pun terinfeksi Covid-19. Pertama, satu orang di Singapura yang telah dinyatakan sembuh pada 19 Februari 2020. Kedua, sembilan orang anak buah kapal (ABK) Diamond Princess. Sebanyak lima orang dirawat di rumah sakit Chiba dan Tokyo, Jepang, sementara empat orang masih dirawat di kapal.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan masyarakat Indonesia harus terus berdoa dan menjaga imunitas tubuh untuk menghindari penyebaran virus corona. “Kalau imunitas tubuh baik, tidak mungkin. Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” katanya.