Tips Berpuasa Kala Pagebluk Covid-19

Oleh Dwi Hadya Jayani, 2/5/2020, 11.07 WIB

Kementerian Agama mengimbau untuk membayarkan zakat lebih cepat dari waktunya, sebagai salah satu jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19.

Unduh Infografik
Share

Suasana Ramadan 1441 Hijriah yang jatuh pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Pemerintah mengimbau masyarakat, khususnya umat Islam untuk melakukan kegiatan ibadah di rumah untuk mencegah semakin bertambahnya virus.  

(Baca: Anies Bakal Larang Pemudik Kembali ke Jakarta Setelah Lebaran)

Ramadan di tengah pandemi ini juga dapat menjadi sarana untuk saling tolong menolong sesama manusia, baik kesehatan maupun bantuan ekonomi. Masyarakat dapat membantu fakir miskin yang ada di sekitar rumah atau memanfaatkan teknologi dengan sedekah, infak, dan zakat secara daring.  

(Baca: Ancaman Kemiskinan Akibat Krisis Covid-19)

Selain itu, Kementerian Agama mengimbau untuk membayarkan zakat lebih cepat dari waktunya. Imbauan ini sebagai salah satu bagian jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19. (Baca: Salah Pendataan Bansos di Masa Pandemi Berpotensi Picu Konflik)

Kemudian untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, disarankan untuk mengonsumsik makanan dan minuman yang sehat, bernutrisi, dan halal. World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk menghindari rokok yang dapat menurunkan kesehatan paru-paru. Pemerintah juga mengimbau untuk tidak mudik/pulang kampung. Masyarakat dapat menggunakan sarana media sosial untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh.