Prediksi Akhir Pandemi Covid-19

Oleh Yosepha Pusparisa, 8/5/2020, 09.16 WIB

Waktu berakhir pandemi di tiap negara berbeda karena tergantung pada adaptasi negara dan cara pemerintah melawan pandemi.

Unduh Infografik
Share

Beberapa lembaga membuat penelitian guna memprediksi puncak dan berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Sekurangnya ada delapan lembaga yang memperkirakan puncak pandemi terjadi berkisar Maret hingga Juli 2020. (Baca: Ragam Tes Spesimen Covid-19)

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memperkirakan puncak pandemi Covid-19 di Indonesia pada dimulai pada Awal Mei. Pada masa itu terdapat 95.000 kasus terkonfirmasi positif. Kalkulasi ini berdasarkan gabungan sejumlah pemodelan yang dilakukan beberapa institusi dan peneliti.

(Baca: Posisi Kesiapan Indonesia di Dunia Hadapi Ledakan Covid-19)

Sementara Direktur Data Driven Innovation Lab sekaligus dosen Singapore University of Technology and Design (SUTD), Profesor Jianxi Luo memprediksi Indonesia kini tengah di puncak pandemi Covid-19 sejak 20 April lalu. Pihaknya memperbarui prediksi pada Selasa (5/5) dan memperkirakan Indonesia akan bebas dari wabah Covid-19 sepenuhnya pada 7 Oktober 2020.

(Baca: Pandemi Covid-19 yang Terlambat Diantisipasi Indonesia)

Waktu berakhir pandemi di tiap negara berbeda karena tergantung pada adaptasi negara dan cara pemerintah melawan pandemi. “Pada akhirnya yang dibutuhkan secara mendasar adalah fleksibilitas, kekokohan, dan ketahanan untuk menghadapi berbagai peristiwa dan skenario yang tidak terduga di masa depan,” tulis Luo dalam keterangan resminya.

https://katadata.co.id/berita/2020/04/27/ilmuwan-di-singapura-prediksi-kasus-corona-ri-mulai-berakhir-awal-juni