Lewat Ekosistem Omnichannel, Blibli Tiket Jawab Kebutuhan Pelanggan

Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
7 Agustus 2024, 14:26

PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli menyampaikan komitmennya untuk terus menjawab kebutuhan pelanggan yang berkembang dari waktu ke waktu. Dengan menerapkan strategi omnichannel secara terintegrasi, Blibli mampu membangun ekosistem perdagangan dan gaya hidup bagi konsumen. 

Saat ini, Blibli platform perdagangan (commerce) telah mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara online melalui layanan e-commerce dan secara offline dengan mengoperasikan ratusan toko-toko fisik elektronik konsumen untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka dengan tiket.com, aplikasi online travel agent, serta Ranch Market, gerai supermarket premium. 

Di dalam kolaborasi itu, terdapat enam sinergi serta inovasi yang hadir dalam ekosistem Blibli Tiket. Sebut misal, Blibli Tiket PayLater, opsi pembayaran pada platform yang diperkenalkan sejak 2020. 

Pada 2022, Blibli juga meluncurkan Single Sign-On. Fitur itu memungkinkan pelanggan mengakses antar platform menggunakan kredensial login yang sama di semua akun. 

Setelah itu, perusahaan menawarkan penggabungan manfaat kepada pelanggan lewat Loyalty Membership Parity pada 2023. Program pengumpulan poin loyalitas ini turut melibatkan gerai fisik konsumen, seperti Ranch Market dan Farmers Market, serta toko elektronik konsumen, seperti Hello Store (toko ritel Apple resmi/Apple Authorised Reseller), Samsung Store, dan Blibli Store (toko multibrand elektronik konsumen). 

Dengan begitu, untuk pelanggan yang mengumpulkan poin, dapat menggunakannya untuk pembelian selanjutnya di dalam ekosistem Blibli Tiket, baik secara online dan offline. 

Lantas, pada tahun ini, sistem keanggotaan pelanggan sepenuhnya terintegrasi menjadi Unified Membership. Sebagai bentuk merayakan program baru ini, Blibli Tiket menggelar program fast-track pada 10 Juni-16 Juli 2024. 

Program tersebut diikuti lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung. Dari jumlah ini, sebanyak dua persen atau lebih dari 2.000 pelanggan berhasil mendapatkan upgrade menjadi tier Diamond, serta merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai 175 ribu.

Blibli Tiket meyakini strategi inovasi omnichannel ini mendorong kenaikan transaksi per pesanan sebesar 39 persen secara tahunan. Sementara jumlah pengguna pada ekosistem Blibli Tiket telah mencapai 4,9 juta orang. 

Adapun, per Juni 2024, Blibli mengoperasikan 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami