INFOGRAFIK: Persaingan Bisnis Pesan-Antar Makanan di Indonesia
Indonesia merupakan pasar terbesar layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara. Momentum Works, perusahaan ventura asal Singapura, mencatat nilai transaksi pesan-antar makanan Indonesia sebesar US$5,4 miliar atau sekitar Rp88,7 triliun pada 2024.
GrabFood masih mendominasi layanan tersebut di Indonesia dengan nilai transaksi mencapai US$2,54 miliar atau Rp41,8 triliun pada 2024. Angka tersebut tumbuh 12,6% jika dibandingkan pada nilai transaksi GrabFood yang sebesar US$2,25 miliar pada 2021.
GoFood dari Gojek menjadi layanan pesan-antar makanan dengan nilai transaksi kedua terbesar setelah Grab. GoFood memiliki nilai transaksi sebesar US$1,89 miliar (Rp31,1 triliun) pada tahun lalu. Namun, nominal tersebut mengalami penurunan 4,4% jika dibandingkan capaian pada 2021.
Sementara itu, nilai transaksi ShopeeFood pada 2024 adalah sebesar US$0,97 miliar (Rp15,9 triliun). Meski memiliki nilai transaksi paling kecil, tetapi ShopeeFood merupakan layanan pesan-antar dengan pertumbuhan nilai transaksi paling tinggi. Nilai transaksi ShopeeFood tumbuh 134,8% jika dibandingkan dengan empat tahun lalu.