12 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Gigi

Baking soda atau soda kue umumnya digunakan sebagai bahan pengembang kue. Soda kue mengandung zat alkali yang bisa mengurangi kadar keasaman (pH). Berikut manfaat baking soda untuk kebutuhan.
Dwi Latifatul Fajri
22 September 2021, 16:45
12 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Gigi
pixabay.com

Baking soda atau soda kue biasanya digunakan sebagai bahan pengembang kue. Soda kue mengandung zat alkali yang bisa mengurangi kadar keasaman (pH). Bahan ini mengandung sodium bikarbonat (Na).

Sodium bikarbonat jika dicampur dengan asam seperti gula merah dan cuka akan melepaskan gas karbondioksida (C02). Gas karbon ini berguna untuk pengembangan kue ketika dipanggang.

Tak hanya menjadi pengembang kue, baking soda bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kebersihan. Manfaat baking soda untuk makanan salah satunya membersihkan sayur dan buah dari pestisida yang menempel. Anda bisa merendam buah dan sayur ke dalam air yang mengandung soda kue sekitar 12-15 menit.

Manfaat Baking Soda

1. Mengatasi bau ketiak

Penyebab bau ketiak karena protein yang dipecah oleh bakteri, dalam hal ini terjadi di daerah penghasil keringat. Bagian ketiak yang lembab dan berkeringat membuat bakteri hidup disana.

Bau badan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti deodoran. Baking soda memiliki manfaat menghilangkan bau keringat pada ketiak.

Caranya taruh baking soda pada ketiak Anda, kemudian tepuk-tepuk sampai menempel di ketiak. Deodoran yang dibuat dari baking soda tidak menimbulkan bercak pada pakaian. Selain itu, bahan ini cocok untuk kulit sensitif.

2. Manfaat baking soda untuk gigi

Baking soda bisa memutihkan gigi Anda. Caranya, dengan menaburkan sedikit butiran soda kue pada pasta gigi. Setelah itu, Anda bisa menyikat gigi secara merata dan lakukan secara rutin ketika menyikat gigi.

3. Alat masak lebih bersih

Soda kue mampu membersihkan pestisida pada bahan makanan seperti buah dan sayur. Selain itu, bahan ini bisa membersihkan alat masak seperti kompor, panci, microwave hingga lantai dapur.

Caranya, tuangkan tambahkan sedikit air pada baking soda yang akan digunakan untuk membersihkan alat dapur. Aduk campuran tersebut secara merata, kemudian oleskan pada peralatan masak menggunakan busa atau sikat.

4. Menetralisir bau kulkas

Lemari es kerap diisi berbagai bahan makanan. Jika tidak dibersihkan, kulkas akan mudah bau, kotor, dan banyak es membeku. Bau busuk pada kulkas disebabkan oleh makanan basi yang sudah lama didinginkan atau lama disimpan pada lemari es.

Anda perlu membersihkan lemari es jika sudah kotor dan bau, salah satunya dengan menggunakan baking soda. Gunakan air bersih untuk membersihkan kotoran dan bau pada kulkas. Tambahkan soda kue untuk menetralisir bau tak sedap di kulkas. Caranya, isi satu cangkir soda kue, lalu letakkan di bagian belakang lemari es untuk menetralisir bau.

5. Kuku terlihat indah

Merawat kuku agar terlihat bersih, indah, dan mengkilap menjadi idaman wanita. Soda kue bisa membantu merawat kuku terlihat bersih dan mengkilat. Caranya, oleskan campuran baking soda dan air pada kuku.

Tunggu selama beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bersihkan area kuku menggunakan air hangat. Lakukan langkah tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis

Penelitian dilakukan pada 134 orang yang menderita ginjal kronis. Mereka mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat (soda kue). Hasilnya, sebanyak 36% orang mengalami perlambatan penyakit ginjal dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi soda kue.

Orang yang memiliki ginjal kronis akan kehilangan fungsi ginjalnya. Sementara itu, ginjal berfungsi membuang limbah dan air dari dalam darah. Ginjal juga membantu menyeimbangkan kalium, natrium, dan kalsium.

7. Manfaat baking soda untuk tubuh dan kulit

Baking soda bermanfaat untuk meredakan gatal, mencegah kulit terbakar, mengobati gigitan serangga, dan sengatan lebah. Anda bisa mengobati gatal dan luka di kulit ketika mandi. Tambahkan 1-2 cangkir soda kue ke dalam bak mandi. Selain itu, Anda juga bisa membuat campuran soda kue dan air, kemudian dioleskan pada area kulit gatal.

8. Obat kumur

Anda bisa mengganti obat kumur menggunakan baking soda. Soda kue mengandung antibakteri dan antimikroba. Berkumur memakai bahan ini bisa membantu menyegarkan mulut.

9. Membersihkan plak pada gigi

Plak gigi seringkali menjadi masalah bagi beberapa orang. Itu akan menjadi sarang kotoran yang bisa membentuk asam, merusak enamel, dan menyebabkan gigi berlubang.

Baking soda bisa membersihkan plak dan memutihkan gigi. Caranya dengan mengoleskan sedikit baking soda di bagian atas gigi, kemudian sikat gigi dan plak lalu kumur-kumur dengan air bersih.

10. Meningkatkan olahraga

Senyawa natrium bikarbonat pada soda kue bisa membantu meningkatkan semangat olahraga. Beberapa atlet mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat. Menurut penelitian, soda kue bisa membantu kinerja tubuh lebih maksimal, terutama ketika senam anaerobik dan lari cepat.

Ketika olahraga, sel-sel otot mulai memproduksi asam laktat. Asam laktat tersebut memberi rasa terbakar ketika berolahraga, menurunkan pH dalam sel, dan menyebabkan otot cepat lelah.

Soda kue dapat membantu mengatasi kelelahan ketika berolahraga, karena mengandung pH tinggi. Penelitian menemukan, orang yang mengonsumsi suplemen soda kue mampu berolahraga 4,5 menit lebih lama daripada yang tidak mengonsumsi soda kue.

Penelitian tersebut merekomendasikan konsumsi suplemen 1-2 jam sebelum berolahraga. Jika minum 3 jam sebelum berolahraga, maka bisa memicu gastrointestinal (gangguan sistem pencernaan).

11. Sariawan

Sariawan terjadi ketika muncul bisul kecil di area mulut. Sariawan menimbulkan rasa nyeri di bibir dan menghilangkan nafsu makan. Anda bisa mencoba campuran air dan soda kue sebagai obat kumur. Obat kumur ini bisa mengatasi sariawan. Namun, perlu banyak penelitian dan penemuan apakah obat kumur dari soda kue bisa meredakan rasa sakit sariawan.

12. Pengharum ruangan

Tidak semua pengharum ruangan dapat menghilangkan bau tidak sedap. Pengharum ruangan hanya melepaskan molekul wangi untuk menutupi bau tak sedap. Jika Anda memiliki masalah sensitif pada bahan kimia penyegar udara, soda kue menjadi alternatif.

Soda kue bisa menyegarkan udara karena berinteraksi dengan partikel bau. Soda kue dapat menetralkan bau dan menutupinya.

Cara membuat penyegar udara memakai soda kue:

  • Toples kecil
  • 1/3 cangkir soda kue
  • Teteskan 10-15 minyak esensial sesuai keinginan Anda
  • Selembar kain atau kertas
  • Tali atau pita
  • Tambahkan soda kue dan minyak esensial ke dalam toples
  • Tutup toples memakai kain atau kertas, kemudian kencangkan dengan tali
  • Jika aroma wangi berkurang, kocok toples atau tambahkan bahan

Efek Negatif Baking Soda untuk Wajah

Mengutip dari Healthline.com, peneliti dan dokter tidak merekomendasikan baking soda untuk penyembuhan jerawat. Beberapa penelitian memang menemukan manfaat soda kue untuk wajah, tetapi ada efeknya. Berikut efek samping baking soda pada kulit dan wajah:

  • Kulit mudah mengering
  • Timbul kerutan di wajah dan kulit lebih awal
  • Pemilik kulit sensitif berisiko mengalami jerawat parah
  • Peradangan dan iritasi kulit
  • Soda kue dapat mengganggu tingkat pH kulit.

PH kulit memiliki skala dari 0 sampai 14, di mana nilai di atas 7 bersifat basa, di bawah 8 bersifat asam, dan pH 7,0 adalah netral. Kulit memiliki asam alami berkisar pH 4,5 hingga 5,5. Asam alami ini menjaga kulit tetap lembab, melindungi dari bakteri, polusi, dan kebutuhan minyak.

Soda kue memiliki tingkat pH 9 yang bersifat basa. Kandungan basa ini bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Selain itu, kulit mudah terkena bakteri dari luar dan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Itulah manfaat soda kue untuk tubuh, gigi, makanan dan peralatan dapur. Di sisi lain, soda kue tidak dianjurkan untuk menyembuhkan jerawat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait