Bacaan Doa Setelah Wudhu, Latin, Beserta Artinya

Wudu merupakan kegiatan wajib sebelum salat. Hukum wudu sifatnya wajib bagi umat muslim untuk menyucikan diri. Berikut bacaan doa setelah wudhu, latin, lengkap beserta artinya
Dwi Latifatul Fajri
22 September 2021, 18:25
Bacaan Doa Setelah Wudhu, Latin, Beserta Artinya
pixabay.com

Wudu merupakan kegiatan wajib sebelum salat. Hukum berwudu sifatnya wajib bagi umat muslim untuk menyucikan diri. Selain salat, wudu juga dilakukan sebelum membaca Al-Quran.

Wudu bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit, sekaligus menggugurkan dosa pada anggota tubuh. Adapun tata cara berwudu, seperti melakukan doa sebelum dan setelah wudu.

Dalil Perintah Wudu Sebelum Salat

Dalam Al Quran surat Al-Maidah ayat 6, menjelaskan dalil perintah wudu sebelum salat.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya:

“Wahai orang yang beriman, bila kalian hendak salat, basuhlah wajah kalian, tangan kalian hingga siku, usaplah kepala kalian, dan (basuhlah) kaki kalian hingga mata kaki,” (Surat Al-Maidah ayat 6).

Bacaan Doa Sebelum Wudhu

Lafal niat wudu yaitu:

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal wudhu‘i rak’ataini lillahi ta’ala. 

Artinya: 

"Saya niat salat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala”. Kemudian Anda bisa membasuh air ke bagian tubuh yang diwajibkan dan disunahkan ketika wudu.

Berikut ini adalah tata cara berwudu berdasarkan wajib wudu:

1. Membaca doa sebelum wudu.

2. Membasuh wajah menggunakan kedua telapak tangan.

3. Membasuh kedua tangan sampai siku.

4. Mengusap sebagian kepala dan rambut.

5. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki.

6. Membaca doa setelah wudhu.

Rangkaian wajib wudu beserta sunah wudu, mengutip dari Islam.nu.or.id:

1. Bersiwak (membersihkan gigi)

2. Membaca basmalah

3. Membasuh kedua tangan

4. Berkumur tiga kali

5. Menghirup air ke dalam hidung sebanyak tiga kali

6. Melafalkan niat wudu sebelum membasuh wajah.

نَوَيْتُ رَفْعَ الحَدَثِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaytu raf‘al hadatsi lillāhi ta’ālā.

atau 

نَوَيْتُ فَرْضَ الوُضُوْءِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaytu fardhal wudhū’i lillāhi ta’ālā.

7. Membasuh wajah tiga kali

8. Membasuh tangan sampai siku sebanyak tiga kali

9. Mengusap sebagian kulit kepala dengan air sebanyak tiga kali

10. Menyapu seluruh bagian kepala dan rambut

11. Menyapu kedua telinga luar sebanyak tiga kali

12. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali

13. Menghadap kiblat

12. Membaca doa setelah wudhu

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ، وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوبُ إلَيْكَ

Doa Setelah Wudhu Latin

Asyhadu an lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lahū, wa asyhadu anna Muhammadan abduhū wa rasūluhū. Allāhummaj’alnī minat tawwābīna, waj’alnī minal mutathahhirīna. Subhānakallāhumma wa bi hamdika asyhadu an lā ilāha illā anta, astaghfiruka, wa atūbu ilayka.

Artinya:

Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Manfaat Wudu untuk Kesehatan

Setiap hari umat muslim membasuh tubuhnya dengan air. Wudu memiliki dua aspek, yaitu pencucian bagian tubuh manusia dan kebersihan hati. Wudu juga digunakan untuk membersihkan kesalahan dan dosa anggota-anggota tubuh.

Wudu juga bermanfaat untuk kesehatan. Dari jurnal berjudul Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadits) dalam Perspektif Imam Musbikin membahas tentang manfaat wudu.

1. Berkumur-kumur

Berkumur ketika wudu dapat menghilangkan bau tidak sedap dalam mulut. Berkumur dengan air dan menyikat gigi bisa membuat mulut lebih segar.

2. Mencegah pilek

Berdasarkan penelitian, berkumur memakai air dapat mencegah demam dan pilek. Berkumur dapat membersihkan tenggorokan dari bakteri, sekaligus mencegah penyakit lain.

3. Menjaga kesehatan gigi

Tata cara wudu adalah berkumur sebanyak tiga kali. Anda juga bisa menggunakan siwak (batang atau ranting pohon arak) untuk membersihkan kotoran di gigi.

4. Menghilangkan plak gigi

Membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan berkumur dapat menghilangkan plak gigi. Plak adalah lapisan tipis dan transparan yang berada di permukaan gigi. Plak menyebabkan gusi merah, bengkak, sampai mudah berdarah.

Plak gigi juga menyebabkan peradangan di ujung saraf perasa. Akibatnya, penderita merasa ngilu ketika makan dan minum.

5. Manfaat memasukkan air ke hidung ketika wudu

Memasukkan air ke hidung ketika wudu disebut istinsyaq. Ketika wudu, istinsyaq dilakukan sebanyak tiga kali. Proses ini dapat membuang bakteri dari lubang hidung. Bakteri dan mikroba yang ada pada hidung dapat berpindah ke tenggorokan, sehingga berisiko menimbulkan berbagai penyakit.

6. Membasuh wajah

Membasuh wajah dengan air bermanfaat untuk kelembapan. Selain itu, membasuh wajah dengan air bisa menyegarkan kulit.

Itulah tata cara wudu, bacaan doa setelah wudhu beserta artinya, dan manfaat wudu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait