3 Bahaya Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Image title
23 September 2021, 17:45
Ilustrasi Susu Kedelai
Pixabay
Ilustrasi Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan  minuman bermanfaat yang mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga terjangkau. Bahkan di sejumlah kota besar, susu kedelai juga disajikan di warung kaki lima dan sebagian  tersedia dalam bentuk kemasan di sejumlah ritel.

Untuk ibu hamil, mengonsumsi susu kedelai akan memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, jumlah konsumsinya juga perlu diperhatikan dan tidak boleh berlebihan. Dilansir dari Alodokter.com, ada sejumlah efek samping bagi ibu hamil jika mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan, antara lain:

Advertisement

1. Mengganggu Proses Penyerapan Mineral Bagi Janin

Dalam susu kedelai terdapat kandungan asam fitat yang bisa mengganggu penyerapan mineral esensial seperti kalsium, zat besi, dan zinc yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang janin.

2. Menurunkan Perkembangan Kolesterol Baik yang Dibutuhkan Selama Hamil

Konsumsi susu kedelai secara berlebihan dapat menurunkan kadar kolesterol alami yang sebenarnya menjadi kebutuhan selama masa kehamilan. Kolesterol ini memiliki fungsi dalam proses pembentukan vitamin D, serta hormon kehamilan seperti progesteron dan estrogen.

3. Meningkatkan Risiko Terjadinya Gangguan pada Sistem Reproduksi Janin

Susu kedelai mengandung isofalvon yang memiliki struktur kimia menyerupai hormon estrogen. Oleh karena itu, kandungan isoflavon pada susu kedelai disebut sebagai fitoestrogen.

Jika ibu hamil memiliki janin laki-laki, asupan isoflavon berlebihan dipercaya dapat meningkatkan risiko janin mengalami kelainan pada sistem reproduksi atau organ vital. Di sisi lain, pada janin perempuan, asupan isoflavon berlebih diduga dapat meningkatkan risiko janin mengalami pubertas dini.

Walaupun demikian, beberapa efek susu kedelai yang telah disebutkan sebelumnya sejauh ini baru diketahui melalui hasil penelitian di laboratorium dan studi berskala kecil. Hingga kini, dampak dan efek samping susu kedelai bagi kesehatan ibu hamil dan janin masih perlu diteliti lebih lanjut.

Pada dasarnya, susu kedelai aman dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan porsinya tidak berlebihan. Jumlah konsumsi susu kedelai yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah 1–2 gelas per hari.

Beberapa manfaat mengonsumsi susu kedelai secara tepat

1. Membantu Pembentukan Jaringan dan Organ Tubuh Janin

Salah satu zat dan gizi penting yang membantu tumbuh kembang janin adalah protein. Di mana, protein memiliki fungsi untuk mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh janin, termasuk otak. Asupan protein yang cukup selama hamil dapat mengurangi risiko janin terlahir dengan berat badan rendah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement