11 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, Bantu Jaga Organ Reproduksi

Minyak zaitun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Manfaat minyak zaitun untuk pria meliputi kesehatan reproduksi hingga kardiovaskular.
Image title
23 September 2021, 14:25
Ilustrasi manfaat minyak zaitun untuk pria
Pixabay
Ilustrasi minyak zaitun dalam cangkir

Sebagian orang mungkin mengenal minyak zaitun sebagai bahan makanan dan perawatan kulit. Namun, minyak zaitun ternyata memiliki banyak manfaat bagi pria.

Minyak zaitun didapatkan dari tanaman Olea europaea L. Dalam buku “Innovations in Traditional Foods” oleh Seçmeler dan Galanakis, minyak zaitun dianggap sebagai makanan super karena komposisi lipid dan kandungan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat kesehatan

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi dan mengandung sedikit vitamin E dan K. Data Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan, satu sendok makan (13,5 gram) minyak zaitun mengandung:

  • Lemak jenuh: 14%.
  • Lemak tak jenuh tunggal: 73%.
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.

Jenis minyak zaitun yang terbaik adalah minyak zaitun extra virgin karena sarat dengan antioksidan dan memiliki manfaat kesehatan, terutama pada pria.

Simak pembahasan berikut mengenai manfaat minyak zaitun untuk pria.

 

1. Meningkatkan kadar hormon testosteron

Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria dewasa menurut penelitian dalam jurnal “Natural Product Communications”. Testosterone adalah hormon yang merangsang perkembangan karakteristik seksual pada pria.

Hormon testosteron diproduksi di testis. Partisipan penelitian juga mengalami peningkatan hormon luteinisasi yang merangsang sel-sel di testis untuk memproduksi testosteron.

2. Menjaga kesehatan prostat

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan prostat menurut studi dalam “Alternative Therapies in Health and Medicine” dengan 20 partisipan pria yang mengonsumsi minyak zaitun extra virgin organik saat sarapan dan/atau makan siang selama 30 hari.

Kandungan likopen dalam minyak zaitun berperan untuk melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas, yaitu salah satu faktor yang mungkin berkontribusi dalam penurunan kesehatan prostat.

3. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Selanjutnya, manfaat minyak zaitun untuk pria terbukti dalam studi yang diterbitkan oleh University of Athens yang meneliti lebih dari 600 pria. Hasil studi menemukan minyak zaitun dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi hingga 40 persen.

Konsumsi minyak zaitun membuat pembuluh darah yang lebih sehat pada pria sehingga mendukung sirkulasi yang lebih baik, termasuk saat berhubungan intim. Ini juga mengurangi risiko sindrom metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Menurut penelitian dalam jurnal “Biodemography and Social Biology”, pria lebih rentan terkena hipertensi, salah satu penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun dapat mengatasi hal tersebut.

Studi dalam “New England Journal of Medicine” menunjukkan kemampuan minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”).

5. Penurunan Berat Badan Setelah Kanker Prostat

Minyak zaitun termasuk dalam asam lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian dalam “British Journal of Nutrition”, mengganti asupan asam lemak jenuh dengan minyak zaitun dapat mengurangi berat badan pada pria.

Dalam studi, partisipan pria berumur 24-49 tahun yang mengalami obesitas diberi diet khusus dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Hasilnya, terjadi penurunan berat badan yang kecil tapi signifikan.

6. Mencegah diabetes

Diabetes didefinisikan oleh berkurangnya efektivitas insulin atau resistensi terhadap insulin dari waktu ke waktu. Studi yang dipimpin oleh Profesor Naveed Sattar dari Institute of Cardiovascular & Medical Sciences mengungkapkan bahwa pria lebih rentan terkena diabetes tipe 2.

Penelitian dalam jurnal “Nutrition & Diabetes” menunjukkan minyak zaitun dapat menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kontrol glikemik. Kenaikan kadar glukosa setelah makan dapat dikurangi dengan asupan minyak zaitun.

7. Meningkatkan kualitas sperma

Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun telah dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan pergerakan sperma menurut studi dalam “Arab Journal of Urology”. Kandungan ini telah terbukti melindungi membran sel sperma dari kerusakan oksidatif pada pria.

8. Meningkatkan kesehatan mental

Nutrisi dari minyak zaitun dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Faktanya, penelitian menarik dalam jurnal “BMC Medicine” tahun 2019 menunjukkan, konsumsi diet minyak zaitun dapat membantu mengobati depresi.

Kandungan lemak bermanfaat dalam minyak zaitun mendukung sistem saraf pusat, membantu saraf berfungsi dengan baik, dan meningkatkan kadar serotonin neurotransmiter yang seluruhnya berperan dalam meningkatkan kesehatan mental.

9. Melindungi dari penyakit Alzheimer

Para ilmuwan di Lewis Katz School of Medicine at Temple University (LKSOM) di AS mengidentifikasi bahwa minyak zaitun extra virgin dapat melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer, yaitu penyakit progresif yang menghancurkan memori dan sel otak.

Manfaat minyak zaitun dalam mencegah penyakit Alzheimer meliputi:

  • Mengurangi peradangan otak.
  • Meningkatkan memori kerja.
  • Meningkatkan memori spasial.
  • Meningkatkan kemampuan belajar.

10. Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian dari Hunter College yang diterbitkan di jurnal “PLOS One” menunjukkan manfaat minyak zaitun dapat mencegah kanker. Komponen oleocanthal di dalamnya memiliki kekuatan untuk membunuh sel kanker.

Selain komponen tersebut, minyak zaitun murni yang berkualitas tinggi mengandung senyawa antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang turut berperan untuk menurunkan risiko kanker melanoma, hati, dan usus besar.

Agar dapat merasakan manfaatnya, disarankan untuk meminum 1-2 sendok makan minyak zaitun murni setiap harinya.

11. Melancarkan buang air besar

Merujuk pada penelitian dalam “British Journal of Nutrition”, lemak dalam minyak zaitun dapat membantu menghaluskan bagian dalam usus, sehingga memudahkan untuk buang air besar. Ini juga dapat membantu untuk membuat kotoran lebih banyak mengandung air sehingga lancar ketika dikeluarkan.

Satu sendok makan minyak zaitun diminum saat perut kosong di pagi hari dapat meredakan masalah buang air besar, terutama bagi orang yang menjalani dialisis.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait