11 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, Bantu Jaga Organ Reproduksi

Image title
23 September 2021, 14:25
Ilustrasi manfaat minyak zaitun untuk pria
Pixabay
Ilustrasi minyak zaitun dalam cangkir

Sebagian orang mungkin mengenal minyak zaitun sebagai bahan makanan dan perawatan kulit. Namun, minyak zaitun ternyata memiliki banyak manfaat bagi pria.

Minyak zaitun didapatkan dari tanaman Olea europaea L. Dalam buku “Innovations in Traditional Foods” oleh Seçmeler dan Galanakis, minyak zaitun dianggap sebagai makanan super karena komposisi lipid dan kandungan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat kesehatan

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi dan mengandung sedikit vitamin E dan K. Data Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan, satu sendok makan (13,5 gram) minyak zaitun mengandung:

  • Lemak jenuh: 14%.
  • Lemak tak jenuh tunggal: 73%.
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.

Jenis minyak zaitun yang terbaik adalah minyak zaitun extra virgin karena sarat dengan antioksidan dan memiliki manfaat kesehatan, terutama pada pria.

Simak pembahasan berikut mengenai manfaat minyak zaitun untuk pria.

1. Meningkatkan kadar hormon testosteron

Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria dewasa menurut penelitian dalam jurnal “Natural Product Communications”. Testosterone adalah hormon yang merangsang perkembangan karakteristik seksual pada pria.

Hormon testosteron diproduksi di testis. Partisipan penelitian juga mengalami peningkatan hormon luteinisasi yang merangsang sel-sel di testis untuk memproduksi testosteron.

2. Menjaga kesehatan prostat

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan prostat menurut studi dalam “Alternative Therapies in Health and Medicine” dengan 20 partisipan pria yang mengonsumsi minyak zaitun extra virgin organik saat sarapan dan/atau makan siang selama 30 hari.

Kandungan likopen dalam minyak zaitun berperan untuk melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas, yaitu salah satu faktor yang mungkin berkontribusi dalam penurunan kesehatan prostat.

3. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Selanjutnya, manfaat minyak zaitun untuk pria terbukti dalam studi yang diterbitkan oleh University of Athens yang meneliti lebih dari 600 pria. Hasil studi menemukan minyak zaitun dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi hingga 40 persen.

Konsumsi minyak zaitun membuat pembuluh darah yang lebih sehat pada pria sehingga mendukung sirkulasi yang lebih baik, termasuk saat berhubungan intim. Ini juga mengurangi risiko sindrom metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Menurut penelitian dalam jurnal “Biodemography and Social Biology”, pria lebih rentan terkena hipertensi, salah satu penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun dapat mengatasi hal tersebut.

Studi dalam “New England Journal of Medicine” menunjukkan kemampuan minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”).

5. Penurunan Berat Badan Setelah Kanker Prostat

Minyak zaitun termasuk dalam asam lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian dalam “British Journal of Nutrition”, mengganti asupan asam lemak jenuh dengan minyak zaitun dapat mengurangi berat badan pada pria.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...