8 Urutan Film Harry Potter, Mulai dari Harry Kecil hingga Dewasa

Image title
28 September 2021, 15:45
Urutan film Harry Potter
Warner Bros.
Urutan menonton film Harry Potter pertama sampai akhir.

Buku Harry Potter yang ditulis oleh J.K. Rowling pertama kali diterbitkan pada 26 Juni 1997 dengan judul Harry Potter and the Philosopher's Stone. Namun buku yang diadaptasi menjadi film bukanlah versi aslinya, melainkan versi terbitan Amerika Serikat, dengan judul Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Tak jarang juga, penikmat film dan mereka yang membaca bukunya lupa akan urutan film Harry Potter. 

Empat tahun setelah menerbitkan buku, cerita Harry Potter diangkat ke layar lebar dan dibintangi Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, dan kawan-kawan. Rowling memilih nama Harry karena itu memang nama favoritnya untuk anak lelaki.

"Jadi seandainya putriku ini lelaki, aku pasti menamainya Harry Rowling," ujar Rowling kepada Scholastic.com pada 2000.

Sementara itu, Potter diambil dari nama tetangganya saat masih berusia 7 tahun. "Saya suka nama itu, jadi saya meminjamnya," lanjut Rowling.

Menariknya, pada 2010, penyanyi legendaris Michael Jackson sempat mengatakan kepada Rowling bahwa dia ingin mengadaptasi cerita Harry Potter menjadi film musikal.

Urutan Film Harry Potter

Kini Harry Potter sudah menjadi salah satu franchise film yang melegenda dengan jumlah penggemar setia yang membeludak di seluruh dunia. Bahkan, pengaruh dari film yang satu ini pun masih bisa dirasakan sampai saat ini.

Tempat wisata bertemakan Harry Potter, perkumpulan pecinta Harry Potter, bahkan film spin off tentang Harry Potter juga masih dibuat saat ini. Hanya saja, karena waktu perilisan film yang tergolong sudah sangat lama, beberapa penikmat film mungkin lupa urutan film Harry Potter secara tepat.

Inilah urutan film Harry Potter dari awal hingga akhir.

1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)

Urutan film Harry Potter pertama harus Anda mulai dari Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Tadinya buku ini diberi judul Harry Potter and the Philosopher’s Stone. J.K. Rowling mengubahnya karena penerbit beranggapan judul philosopher akan dianggap membosankan oleh anak-anak di Amerika. Sebaliknya, sorcerer dinilai mampu menarik anak untuk mengasosiasikan buku tersebut pada kekuatan magis yang lebih menarik.

Premis film ini berkisah tentang awal petualangan Harry Potter, anak yatim piatu berusia 11 tahun bernasib malang. Dia mulai menyadari kekuatan sihirnya dan diundang untuk belajar di Hogwarts. Di Hogwarts kehidupannya juga tidak selancar yang dia bayangkan.

2. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)

Selanjutnya Anda bisa menonton Harry Potter and the Chamber of Secrets. Setelah berkenalan dengan aktor utama, di film ini Anda bakal diajak bertualang mengikuti Harry yang sudah masuk ke tahun kedua di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardy.

Salah satu misteri di film ini, adalah beberapa pesan di dinding koridor sekolah yang mengingatkan bahwa “Chamber of Secrets” telah terbuka dan “keturunan Slytherin” bakal membunuh semua murid yang tidak berasal dari keluarga penyihir murni.

3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Urutan film Harry Potter ketiga adalah Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Melanjutkan film kedua, Prisoner of Azkaban berlatar belakang tahun ketiga Harry di Hogwarts.

Dalam film ini dikisahkan seorang tahanan bernama Sirius Black berhasil kabur dari Azkaban dan berniat membunuh Harry.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement