Urutan Film Marvel Avengers Berdasarkan Tahun

Film Marvel Cinematic Universe (MCU) saling berhubungan. Contohnya saja film Iron Man pertama berkaitan dengan film Avengers fase pertama. Berikut urutan film Marvel Avengers.
Dwi Latifatul Fajri
9 September 2021, 17:24
Urutan Film Marvel Avengers Berdasarkan Tahun
Facebook@avengers

Film tentang pahlawan super menjadi favorit beberapa orang. Film Marvel Cinematic Universe (MCU) saling berhubungan. Contohnya saja film Iron Man pertama berkaitan dengan film Avengers fase pertama.

Ada 25 film jika Anda ingin menonton maraton film Marvel. Tahun ini studio Marvel merilis trailer Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, The Eternals dan Spider-Man: No Way Home.

Ketiga film tersebut direncanakan tayang akhir tahun 2021. Film tersebut menjadi fase keempat Marvel Universe . Selain film, Marvel juga merilis serial seperti WandaVision, The Falcon and the Winter Soldier, Loki, dan What If.

Cerita pahlawan super Marvel ini bisa ditonton di situs Disney Hotstar. Kalian bisa berlangganan di situs ini tanpa terganggu iklan.

Urutan Film Marvel

Mengutip techradar.com, film-film MCU memiliki alur sendiri. Contohnya, film Iron Man tahun 2008 merupakan fase pertama MCU. Namun dari alur cerita, film : Captain America: The First Avenger (2011) jadi film pertama yang menceritakan fase satu MCU.

Captain America: The First Avenger mengambil waktu selama perang dunia kedua. Di film ini Stark Industries masih dipimpin oleh ayah Tony Stark. Setelah itu ada Captain Marvel yang mengambil waktu tahun 1995.

 

Berikut urutan film Marvel berdasarkan fase MCU

Fase 1

  • Iron Man (2008).
  • The Incredible Hulk (2008).
  • Iron Man 2 (2010).
  • Thor (2011).
  • Captain America: The First Avenger (2011).
  • Marvel’s The Avengers (2012).

Fase 2

  • Iron Man 3 (2013).
  • Thor: The Dark World (2013).
  • Captain America: The Winter Soldier (2014).
  • Guardians of the Galaxy (2014).
  • Avengers: Age of Ultron (2015).
  • Ant-Man (2015).

Fase 3

  • Captain America: Civil War (2016).
  • Doctor Strange (2016).
  • Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017).
  • Spider-Man: Homecoming (2017).
  • Thor: Ragnarok (2017).
  • Black Panther (2018).
  • Avengers: Infinity War (2018).
  • Ant-Man and the Wasp (2018).
  • Captain Marvel (2019).
  • Avengers: Endgame (2019).
  • Spider-Man: Far From Home (2019).

Fase 4

  • WandaVision (Serial Disney).
  • The Falcon and the Winter Soldier (Serial Disney).
  • Loki (Serial Disney akan ada serial kedua).
  • Black Widow (2021).
  • Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021).
  • The Eternals (5th November 2021).
  • Spider-Man: No Way Home (17th December 2021).

Urutan Film Marvel Berdasarkan Tahun

Captain America: The First Avenger (Latar waktu perang dunia kedua)

Latar waktu film ini tahun 1942, ketika Amerika Serikat berhadapan dengan Nazi. Steve Rogers (Chris Evans) ditunjuk sebagai tentara dalam sebuah eksperimen. Eksperimen tersebut membuat perubahan pada bahan Steve menjadi lebih kuat, berotot, dan tinggi.

Steve berperang dengan organisasi Hydra yang dipimpin Red Skull. Ketika itu Red Skull berusaha mendapatkan Tesseract, senjata terkuat di bumi. Steve dibantu Bucky Barnes (Sebastian Stan) dan Peggy Carter (Hayley Atwell) melawan Hydra.

Captain Marvel (latar waktu tahun 1995)

Pemeran utama dalam film ini dapat Brie Larson sebagai Captain Marvel. Latar waktu 1995, menceritakan anggota Starforce bernama Vers. Starforce merupakan organisasi tim militer bangsa Kree.

Vers jatuh ke bumi akibat kecelakaan ketika berperang. Awalnya dia hilang ingatan sampai sering bermimpi. Di mimpi itu dia mengingat kembali masa ketika menjadi bangsa Kree.

Iron Man (latar waktu 2010)

Film Iron Man pertama menceritakan Tony Stark (Robert Downey,Jr.). Tony adalah pemilik Stark Industries, anak Howard Stark.

Di film pertama ini, Tony pergi ke Afghanistan. Dia akan memperkenalkan senjata mematikan yang dijual di negara tersebut. Dia naik mobil bersama militer dari Amerika Serikat.

Di tengah jalan, mobil militer yang dia tumpangi meledak. Anggota militer yang menjaganya tewas ditempat. Tony tak sempat kabur karena dia dipukul sampai pingsan.

Ketika sadar, dia sudah disekap di tempat terpencil. Orang yang menyiksanya adalah teroris yang membeli senjata dari perusahaan Stark. Tony dibebaskan dengan syarat membuat senjata berbahaya. Di sinilah Tony membuat ide merancang robot Iron Man untuk kabur.

Iron Man 2 (mengambil waktu beberapa tahun setelah Iron Man pertama)

Film ini menceritakan masalah yang harus dihadapi Tony Stark. Teknologi hasil ciptaannya ingin diambil alih pemerintah. Selain itu Iron Man menghadapi musuh baru. Di film ini, Black Widow yang diperankan Scarlett Johansson.

The Incredible Hulk (waktu sebelum pembentukan Avengers)

Film ini menceritakan tentang Bruce Banner. Bruce bekerja sebagai profesor dan melakukan penelitian. Namun, penelitian tersebut membuat dirinya menjadi makhluk besar, kuat, dan berwarna hijau.

Bruce berubah menjadi Hulk ketika sedang marah. Dia juga mengamuk dan merusak apa saja ketika jadi Hulk.

Thor (mengambil waktu enam bulan sebelum Avengers)

Thor menceritakan tentang dewa dan penguasa Asgard. Thor adalah anak pertama putra Odin. Dia akan menjadi raja di Asgarad. Namun, kesombongan Thor membuat diirnya turun ke bumi dan kehilangan kekuatan dewa.

The Avengers (mengambil waktu tahun 2012)

The Avengers menceritakan pahlawan super yang terdiri dari Captain America, Iron Man, Black Widow, Hulk, Thor, dan Hawkeye. Keenam pahlawan ini berusaha menyelamatkan bumi dari serangan alien.

Iron Man 3 (waktu enam tahun setelah cerita Avengers)

Menceritakan Iron Man setelah perang bersama Avengers. Di film ini Stark menghadapi musuh baru. Musuh tersebut ingin balas dendam karena kampung halamannya terkena serangan dari Stark.

Thor: Dark World (sesudah Avengers, sebelum Avenger Age of Ultron)

Kelanjutan cerita Thor menyelamatkan Asgard. Kali ini Asgard mendapat serangan dari ras kuno yang dipimpin oleh Malekith. Ras kuno tersebut juga mengubah alam semesta dalam kegelapan.

Selain itu, di film ini ibu Thor terbunuh. Sementara Thor terpaksa bekerjasama dengan adiknya Loki. Padahal Loki sebelumnya sering berbuat masalah. DI film Avengers, Loki menjadi dalang alien menyerang bumi.

Captain America: Winter Soldier (sesudah Avengers, sebelum Avenger Age of Ultron)

Setelah pertarungan The Avengers, Steve Rogers tak menyangka Bucky masih hidup. Bucky ternyata menjadi tentara super seperti Steve. Namun Bucky seperti dihipnotis dan ingin membunuh Steve.

Guardians of the Galaxy (latar waktu tahun 2014)

Menceritakan seorang anak bernama Peter Quill (Chris Pratt). Di malam yang sama ketika ibunya meninggal dunia, Peter diculik oleh alien. Setelah beberapa tahun, Peter menjadi tim penculik bahan berharga. Peter juga bertemu dengan rekan barunya yaitu Rocket, Groot, Gamora, dan Drax.

Guardians of the Galaxy Vol. 2 (Setelah film Guardians pertama )

Setelah mengetahui asal usul ayah Peter Quill, tim Guardian menjelajahi galaksi. Mereka juga bertemu dengan musuh baru.

Avengers: Age of Ultron (latar waktu tahun 2015)

Setelah organisasi S.H.I.E.L.D runtuh, Tony Stark berusaha mempertahankan keamanan bumi. Dia menciptakan teknologi berupa robot yang menjaga keamanan bumi. Tony berhasil menciptakan Ultron robot tentara terkuat.

Ant-Man (latar waktu tahun 2015)

Menceritakan tentang Scott Lang (Paul Rudd) menjadi tahanan rumah. Setelah berhasil keluar dari penjara, Scott berusaha mencari pekerjaan. Awalnya dia ingin mencuri di salah satu rumah.

Tetapi rencana pencurian itu gagal karena pemilik rumah tahu. Si pemilik rumah adalah Hank Pym. Hank menciptakan teknologi Antman untuk bertemu dengan istrinya yang hilang.

Captain America: Civil War (setelah Age of Ultron, sebelum Infinity War)

Menceritakan pertarungan antara Steve Rogers dengan Iron Man. Konflik terjadi karena pemerintah ikut campur kehidupan Avengers. Dalam film ini juga dikenalkan superhero baru seperti Black Panther, Spiderman, dan Antman.

Black Widow (Latar waktu setelah Avengers Civil War)

Natasha Romanoff atau Black Widow adalah mata-mata terlatih. Sebelumnya dia bergabung di organisasi misterius Rusia. Film ini menceritakan kehidupan Natasha Romanoff sebelum menjadi Avengers. Film ini juga menjawab alasan Black Widow memilih mati di Avengers: Endgame.

Spider-Man: Homecoming (setelah Civil War, sebelum Infinity War)

Film Spiderman yang diperankan oleh Tom Holland. Peter Parker sebagai Spiderman menanti misi rahasia setelah bekerjasama dengan Tony Stark. Setelah perang Civil War, Peter tidak memiliki misi rahasia. Padahal, Peter menyimpan kostum Spiderman canggih yang dibuat oleh perusahaan Stark.

Doctor Strange (latar waktu tahun 2016)

Doctor Strange menceritakan tentang dokter ahli bedah saraf. Diperankan Benedict Cumberbatch, Strange mengalami kecelakaan. Hal itu membuat tangannya terluka dan sulit disembuhkan. Strange akhirnya pergi menemukan cara untuk kesembuhan tangannya.

Black Panther (latar waktu tahun 2017)

Black Panther menceritakan T’Challa pangeran dari Wakanda. Wakanda adalah wilayah di Afrika yang memiliki teknologi tinggi. Namun, Wakanda terjadi perang saudara. T’Challa harus menghadapi Erik Killmonger yang ingin menguasai Wakanda.

Thor: Ragnarok (setelah Age of Ultron, sebelum Infinity War)

Thor dan Loki berhadapan dengan saudara perempuan mereka, Hela. Ternyata mereka memiliki saudara yang dipenjara di bawah Asgard. Hela punya kekuatan lebih kuat dan jahat yang ingin menguasai Asgard.

Avengers: Infinity War (latar waktu tahun 2017)

Musuh Avengers di Infinity War adalah Thanos. Thanos sempat muncul di film Guardian And The Galaxy. Sebagai musuh terkuat, Thanos mengumpulkan enam buah batu. Misi Thanos adalah menghilangkan separuh galaxy.

Ant-Man and The Wasp (Waktu di antara Infinity War dan Endgame)

Ant-Man and The Wasp menghadapi musuh baru bernama Ghost. Ghost memiliki kemampuan untuk menembus sesuatu yang solid. Dia bisa menghilang atau menembus sesuatu.

Avengers: Endgame (dimulai 2017, cerita selesai tahun 2022)

Menjadi pertarungan para pahlawan super mengalahkan Thanos. Situasi mencekam selama beberapa tahun. Penyebabnya Thanos berhasil melenyapkan separuh manusia. Termasuk pahlawan super yang menghilang akibat batu yang digunakan Thanos.

Spider-Man: Far From Home (delapan bulan setelah Endgame)

Setelah Endgame, Peter Parker pergi karyawisata di Eropa. Namun, Peter menemui ancaman baru yaitu Molten Man. Molten adalah ilmuan yang tidak sengaja terpapar radiasi alien.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (mengambil waktu sekarang di MCU)

Film ini menjadi film ke 25 MCU. Film Shang Chi nantinya akan tayang di bioskop setelah Eternal.

Studio Marvel mengumumkan serial yang mengambil cerita setelah Avengers: Endgame. Seperti Wanda Vision yang mengambil waktu saat Wanda kehilangan Vision di Endgame.

The Falcon and the Winter Soldier menceritakan Falcon yang diberikan tameng/perisai milik Captain America. Sementara Loki menceritakan alur waktu ketika pencurian Tesseract di New York.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait