20 Manfaat Air Rebusan Cengkeh bagi Kesehatan

Manfaat air rebusan cengkeh berguna bagi kesehatan, seperti merawat muka dari risiko jerawat, hingga menjaga performa kesehatan jantung.
Image title
6 Oktober 2021, 17:30
rebusan cengkeh, cengkeh, manfaat cengkeh, obat herbal
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Junaidi (53) menjemur cengkeh di depan Klenteng di kawasan Kota Tua Penagi, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (5/2/2020). Kawasan permukiman tersebut berjarak sekitar satu kilometer dari tempat di observasinya 238 WNI yang di evakuasi dari Wuhan, China terkait merebaknya virus Corona.

Saat kata cengkih atau cengkeh disebut, sebagian besar masyarakat Indonesia langsung membayangkannya sebagai salah satu bumbu dapur. Selain bumbu dapur, cengkeh juga lekat dengan salah satu bahan untuk rokok kretek. Namun ada manfaat lain dari cengkeh, yaitu sebagai suplemen bagi kesehatan badan.

Guna mendapat manfaat cengkeh, Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan. Aroma cengkeh yang khas membuat siapapun langsung mengenali rempah satu ini hanya dengan menciumnya dari jarak jauh. Dalam beberapa tradisi kuliner dan obat herbal, rempah-rempah cengkeh digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat dan aroma kue.

Cengkeh diambil dari kuncup bunga kering beraroma, keluarga pohon Myrtace ini mengandung beragam nutrisi. Dikutip dari situs 99.co, setiap satu sendok teh cengkeh atau setara dua gram memiliki kandungan energi 21 kalori, satu gram karbohidrat dan satu gram serat.

Selain itu, satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi kebutuhan 300% mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Dalam sekuncup cengkeh juga terkandung kalsium, magnesium, dan Vitamin E, meskipun secara jumlah tidak banyak.

Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

1. Penguat Tulang

Dalam cengkeh terdapat ekstrak hidrokarbon yang termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya. Di mana, turunan ekstrak hidrokarbon seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid.

Rangkaian ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mineral tulang, sehingga bisa menguatkan tulang penderita osteoporosis.

2. Penawar Sakit Maag

Sebuah penelitian menemukan, kandungan minyak cengkeh berkhasiat bagi produksi lendir lambung. Kegunaan cengkeh ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

3. Memperkuat Proteksi Diri dari Kanker

Air Rebusan Cengkeh juga diperkaya antioksidan eugenol. Air rebusan ini bermanfaat melawan radikal bebal dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.

Selain itu, vitamin C pada rebusan cengkeh bisa menjadi antioksidan yang membantu menetralisir lebih baik, dibandingkan vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

4. Membasmi Bakteri Berbahaya

Manfaat air rebusan cengkeh selanjutnya yaitu, bisa membunuh bakteri berbahaya. Cengkeh memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme berbahaya. Seperti, bakteri yang menyebabkan kram, kelelahan, dan diare.

5. Penyegar Nafas

Salah satu manfaat cengkeh adalah penyegar aroma dan menjaga kesehatan mulut. Hal itu disebabkan sifat antibakteri pada cengkeh yang mampu mengekang pertumbuhan bakteri terhadap penyakit gusi. Bagi Anda yang sedang berpuasa, bisa mencoba ramuan ini untuk menghilangkan aroma tak sedap.

6. Menjadi Multivitamin bagi Penderita Diabetes

Air rebusan cengkeh juga bisa mengatur kadar gula dalam darah, karena dalam setiap bunga cengkeh terkandung senyawa yang disebut nigericin.

Senyawa ini membantu pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes. Nigericin juga dipercaya dapat meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap gula dari darah, kemudian meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin.

7. Meningkatkan Vitalitas Pria

Bagi para pria yang sedang mengalami gangguan ejakulasi dini, rebusan air cengkeh bisa menjadi penawar dari penyakit tersebut. Sebuah penelitian mencatat air rebusan mampu menguatkan kejantanan pria, selain itu krim yang mengandung sari pati cengkeh juga bisa membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini.

8. Mengobati Nyeri Tenggorokan

Tidak hanya meredakan batuk berdahak dan anti bakteri, cengkeh juga efektif untuk mengatasi nyeri tenggorokan. Manfaat air rebusan cengkeh satu ini bisa membantu menghilangkan sensasi gatal saat radang tenggorokan melanda.

9. Sebagai Antiseptik Alami

Sifat antiseptik yang ada pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi. Oleskan minyak cengkeh pada infeksi jamur, area tubuh yang memar atau luka. Agar tidak memicu iritasi, kamu bisa mencampurkannya dengan air.

10. Penawar Stres

Aroma dari rebusan air cengkeh berkhasiat menjadi penenang bagi yang menghirupnya. Manfaat air rebusan selain airnya, Anda bisa mengurangi stres dengan menghirup aromanya. Hal itu dikarenakan adanya kandungan eugenol pada cengkeh yang efektif untuk relaksasi otot yang tegang akibat stres.

11. Suplemen Kesehatan Hati

Dikutip dari Alodokter.com, cengkeh juga berkhasiat menjaga kesehatan hati. Hal itu disimpulkan dari penelitian laboratorium terhadap seekor tikus setelah dibubuhi minyak cengkeh.

12. Menanggulangi Pertumbuhan Jerawat

Bagi Anda yang memiliki kendala dengan jerawat, air rebusan cengkeh bisa menjadi solusi. Guratan-guratan yang ada di kulit juga bisa diobati dengan air rebusan cengkeh.

13. Perkuat Imunitas Tubuh

Rempah cengkeh bisa memiliki banyak zat gizi penting termasuk mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, vitamin E, dan serat. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

14. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat lainnya ari rebusan cengkeh adalah untuk gigi. Cengkeh yang juga memiliki senyawa eugenol diyakini dapat mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Hal ini efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan cengkeh untuk mengatasi sakit gigi.

15. Menghilangkan Guratan Kasar dari Kulit

Air rebusan cengkeh dapat disuling menjadi minyak. Nah, minyak tersebut dipercaya dapat menghilangkan noda dan guratan yang ada pada kulit. Noda atau guratan yang disebabkan luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan minyak herbal dari cengkeh.

16. Menjadi Kondisioner Alami dan Cegah Kebotakan

Bagi Anda yang takut atau sedang mengalami kerontokan rambut dan berimbas pada kebotakan, maka air rebusan cengkeh bisa membantu. Cara membuat olahan cengkeh untuk diaplikasikan pada rambut sebagai kondisioner sangat mudah. Cukup aplikasikan air rebusan cengkeh pada kulit selama 5-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

17. Pengusir Nyamuk

Umumnya masyarakat mengenal tanaman lavender atau jeruk nipis sebagai pengusir nyamuk, namun cengkeh juga diyakini memiliki manfaat serupa. Caranya, pilihlah beberapa cengkeh, lalu taburkan (tancapkan) cengkeh-cengkeh tersebut di atas jeruk nipis yang telah diiri. Selanjutnya, letakkan di tempat atau ruang-ruang yang sering dihampiri nyamuk, seperti ruang gelap, di bawah kolong tempat tidur dan ruangan lainnya yang diyakini menjadi sarang nyamuk.

18. Penghitam Alis Alami

Di saat kualitas alis yang hitam menjadi salah satu bagian gaya hidup, ternyata rebusan air cengkeh bisa membantu untuk menghitamkan alis. Caranya, kumpulkan 5-7 biji bunga cengkeh yang sudah kering dan bakar sampai hangus. Kemudian, campurkan dengan sedikit air hangat dan oleskan pada alismu secara rutin pada pagi dan sore.

19. Mengobati Campak

Manfaat air rebusan cengkeh selanjutnya bisa mengobati campak. Cara mengonsuminya pun tak sulit. Cukup siapkan 10 biji cengkeh yang sudah direndam ke dalam air matang, kemudian tambahkan dengan gula batu dan aduk hingga merata. Setelah itu, minum sedikit demi sedikit secara teratur.

20. Perkuat Kekuatan Denyut Jantung

Air rebusan cengkeh ternyata bisa memompa denyut jantung. Caranya, cukup siapkan air rebusan dari bunga cengkeh yang sudah kering, setiap hari. Setelah itu, air rebusan ini bisa memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

Bahaya dari Cengkeh yang Harus Diwaspadai

Walaupun penuh manfaat, ada hal-hal yang harus diwaspadai agar tidak mengalami gejala efek samping akibat salah takar dari penggunaan cengkeh.

Dikutip dari Hellosehat.com berikut beberapa efek samping paling umum dari penggunaan cengkeh, seperti:

  • Reaksi alergi
  • Iritasi kulit
  • Gangguan saluran pernapasan dan pencernaan
  • Kejang-kejang
  • Depresi
  • Edema paru

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Efek samping lainnya juga memungkinkan timbul, di luar efek yang sudah dicantumkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Cengkeh

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi cengkeh adalah:

  • Simpan cengkeh pada tempat sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas dan lembap.
  • Anda harus mencairkan minyak esensial cengkeh dalam minyak perantara.
  • Regulasi yang mengatur penggunaan tanaman herbal tidak seketat peraturan obat‐obatan.
  • Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya.
  • Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan tanaman herbal lebih besar dibandingkan risikonya.
  • Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Lalu bagaimana cara mengonsumsi cengkeh agar tak melewati batas aman? Jangan gunakan cengkeh secara medis pada anak‐anak atau wanita hamil, serta menyusui, hingga penelitian lebih lanjut tersedia.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait