5 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minyak ikan tidak hanya untuk penambah rasa pada makanan, namun juga bisa menjadi obat alternatif dan suplemen sebagai antibodi terhadap penyakit.
Image title
14 Oktober 2021, 11:35
Manfaat Minyak Ikan
Pixabay
Manfaat Minyak Ikan

Mendengar minyak ikan, Anda akan mengingat sejumlah produk yang menawarkan minyak olahan satu ini, yang dikemas baik dalam bentuk cairan dalam botol ataupun kapsul. Bila merunut pada Jurnal Oseanografi yang diterbitkan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan berjudul Asam Lemak Omega 3 dari Minyak Ikan, menjelaskan bahwa minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak.

Mulanya, minyak ikan diambil dari lemak paus. Namun, kemudian minyak juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Selain itu, minyak ikan juga memiliki beberapa kandungan zat penting seperti omega 3, yang merupakan asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega 3.

Sejarah Minyak Ikan dari Pakan Ternak Menjadi Multivitamin bagi Manusia

Minyak hati ikan cod merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun. Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan cod untuk hewan ternak mereka.

Namun minyak ikan yang dipandang rendah dan hanya menjadi pakan tersebut langsung berubah. Hal itu terjadi setelah melihat bahwa minyak hati ikan cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri. Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

Dari kandungan gizi yang terkandung dalam minyak ikan, terutama pada asam omega-3, ada sejumlah manfaat yang berkhasiat untuk tubuh bila rutin mengonsumsi minyak ikan, berikut manfaat yang bisa didapatkan:

1. Merawat Kebugaran Jantung

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak ikan dua kali dalam seminggu berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, serta memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Tidak hanya itu, senyawa omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Walaupun ada beragam manfaat yang bisa diberikan, ada catatan yang perlu Anda ketahui bahwa risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi minyak ikan bisa menjadi salah satu solusi untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

 2. Melancarkan Proses Aliran Darah

Salah satu manfaat dari minyak ikan yaitu bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dan minuman penuh gizi menjelang persalinan dan minyak ikan bisa menjadi salah satu pilihan. Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi.

Walaupun demikian, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen minyak ikan yang terbuat dari hati ikan, seperti ikan kod. Hal ini dikarenakan minyak ikan kod mengandung retinol dalam kadar tinggi yang dapat membahayakan janin.

4. Mengatasi Gangguan Pikiran dan Gejala Depresi

Kadar omega 3 yang rendah sering memicu depresi. Sejumlah penelitian menerangkan menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dinilai dapat membantu mengurangi gejala depresi, terutama minyak ikan yang kaya kandungan EPA di dalamnya.

5. Mempercantik Kulit dan Mengurangi Risiki Alergi

Bagi Anda yang sedang merawat kulit, konsumsi minyak ikan bisa menjadi kebiasaan harian yang patut dicoba. Pasalnya, ada beragam manfaat minyak ikan lainnya yang bisa Anda peroleh, di antaranya menjaga kesehatan kulit, mata, dan tulang, serta memperbaiki gejala asma dan mengurangi risiko terkena alergi pada anak-anak.

Demikianlah penjelasan mengenai definisi, sejarah dan manfaat dari minyak. Selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa minyak ikan dengan dosis rendah relatif aman bagi sebagian besar orang, misalnya wanita hamil dan menyusui. Namun, mengingat kondisi dan riwayat kesehatan tiap orang berbeda-beda, sebaiknya konsultasikan ke dokter gizi sebelum mengonsumsi minyak ikan, untuk menghindari efek samping yang mungkin bisa berbahaya.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait