7 Manfaat Lengkuas Obati Sesak Napas hingga Luka Bakar

Image title
14 Oktober 2021, 23:55
Ilustrasi Manfaat Lengkuas
iStock
Ilustrasi Lengkuas

Lengkuas yang memiliki nama lain dari laos atau kelawas, merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Lengkuas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditanam di kawasan Asia, seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Alpinia Galanga, umumnya dikenal masyarakat sebagai salah satu campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pada masakan, lengkuas bisa ditambahkan ke dalam resep dengan memamerkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah.

Sebagai salah satu tumbuhan umbi-umbian, lengkuas dapat ditanam di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari penuh atau sedikit terlindung. Lengkuas dapat tumbuh dengan baik di tanah yang lembab dan gembur, namun akan sulit tumbuh di tanah yang becek.

Selain itu, lengkuas juga dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di Indonesia, lengkuas banyak tumbuh liar di hutan jati atau di semak belukar.

Dikutip dari Jurnal Life Science Universitas Negeri Semarang, lengkuas memiliki silsilah arti nama yang unik. Nama tersebut berasal dari bahasa Melayu, yaitu lengkuas yang berakar dari bahasa Proto-Melayu-Polinesia laŋkuas dengan kata serumpun dalam bahasa Ilokano langkuás; Tagalog, Bikol, Kapampangan, Visayan, dan Manobo langkáuas atau langkáwas; Aklanon eangkawás; Kadazan Dusun hongkuas; Ida'an lengkuas; Ngaju Dayak langkuas; dan Iban engkuas.

Kandungan Gizi Lengkuas

Lengkuas dikenal sebagai bumbu masakan dan kerap dipadukan dengan masakan padang. Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan bermanfaat mengobati berbagai penyakit.

Kandungan gizi lengkuas tidak kalah jauh dengan rempah jahe. Pada setiap 100 gram mengandung energi dan zat gizi, yang terdiri atas antara lain:

  • Energi: 26 kkal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 4,7 gram
  • Serat: 1,1 gram
  • Vitamin A: 5.000 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,08 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,06 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,3 miligram
  • Vitamin C: 50 miligram
  • Kalsium: 50 miligram
  • Fosfor: 50 miligram
  • Zat besi: 2 miligram
  • Natrium: 24 miligram
  • Kalium: 137 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram

Lengkuas juga merupakan sumber berbagai antioksidan dan zat fitokimia yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Berdasrkan jumlah gizi yang terkandung dalam lengkuas, artinya Anda bisa mendapat banyak manfaat dengan mengonsumsi rempah tersebut. Dikutip dari Hellosehat.com, terdapat 7 manfaat lengkuas yang ampuh mengobati penyakit, seperti:

1. Obat Diare

Aneka ragam bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, dan kunyit sejak lama digunakan sebagai obat diare alami. Hal itu dikarenakan, bumbu dan rempah yang Anda gunakan ketika memasak biasanya mengandung zat tertentu yang bersifat antimikroba atau antibakteri.

Zat antibakteri tersebut juga ada pada lengkuas. Menurut sebuah penelitian pada 2018, ekstrak lengkuas dengan konsentrasi tinggi dapat menghambat pertumbuhan bakteri escherichia coli, yang merupakan bakteri utama penyebab diare.

2. Mengobati Infeksi

Salah satu sifat yang terkandung dalam lengkuas adalah antimikroba. Sifat ini berfungsi menghalau bakteri lain. Hasil penelitian beberapa laboratorium mencatat bahwa tanaman ini mampu mematikan bakteri salmonella typhi dan staphylococcus aureus yang kerap menginfeksi manusia.

Menambahkan rimpang seperti lengkuas ke dalam masakan, juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri dari kerang mentah. Sementara itu, manfaat rempah dalam menghalau jamur dan parasit masih perlu dikaji lebih lanjut.

3. Mengurangi Risiko Tumor dan Kanker

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...