7 Manfaat Lengkuas Obati Sesak Napas hingga Luka Bakar

Beragam manfaat lengkuas yang bisa digunakan sebagai salah satu obat alternatif dan menjaga kebugaran serta kesehatan.
Image title
14 Oktober 2021, 23:55
Ilustrasi Manfaat Lengkuas
iStock
Ilustrasi Lengkuas

Lengkuas yang memiliki nama lain dari laos atau kelawas, merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Lengkuas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditanam di kawasan Asia, seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Alpinia Galanga, umumnya dikenal masyarakat sebagai salah satu campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pada masakan, lengkuas bisa ditambahkan ke dalam resep dengan memamerkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah.

Sebagai salah satu tumbuhan umbi-umbian, lengkuas dapat ditanam di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari penuh atau sedikit terlindung. Lengkuas dapat tumbuh dengan baik di tanah yang lembab dan gembur, namun akan sulit tumbuh di tanah yang becek.

Selain itu, lengkuas juga dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di Indonesia, lengkuas banyak tumbuh liar di hutan jati atau di semak belukar.

Dikutip dari Jurnal Life Science Universitas Negeri Semarang, lengkuas memiliki silsilah arti nama yang unik. Nama tersebut berasal dari bahasa Melayu, yaitu lengkuas yang berakar dari bahasa Proto-Melayu-Polinesia laŋkuas dengan kata serumpun dalam bahasa Ilokano langkuás; Tagalog, Bikol, Kapampangan, Visayan, dan Manobo langkáuas atau langkáwas; Aklanon eangkawás; Kadazan Dusun hongkuas; Ida'an lengkuas; Ngaju Dayak langkuas; dan Iban engkuas.

Kandungan Gizi Lengkuas

Lengkuas dikenal sebagai bumbu masakan dan kerap dipadukan dengan masakan padang. Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan bermanfaat mengobati berbagai penyakit.

Kandungan gizi lengkuas tidak kalah jauh dengan rempah jahe. Pada setiap 100 gram mengandung energi dan zat gizi, yang terdiri atas antara lain:

  • Energi: 26 kkal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 4,7 gram
  • Serat: 1,1 gram
  • Vitamin A: 5.000 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,08 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,06 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,3 miligram
  • Vitamin C: 50 miligram
  • Kalsium: 50 miligram
  • Fosfor: 50 miligram
  • Zat besi: 2 miligram
  • Natrium: 24 miligram
  • Kalium: 137 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram

Lengkuas juga merupakan sumber berbagai antioksidan dan zat fitokimia yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Berdasrkan jumlah gizi yang terkandung dalam lengkuas, artinya Anda bisa mendapat banyak manfaat dengan mengonsumsi rempah tersebut. Dikutip dari Hellosehat.com, terdapat 7 manfaat lengkuas yang ampuh mengobati penyakit, seperti:

1. Obat Diare

Aneka ragam bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, dan kunyit sejak lama digunakan sebagai obat diare alami. Hal itu dikarenakan, bumbu dan rempah yang Anda gunakan ketika memasak biasanya mengandung zat tertentu yang bersifat antimikroba atau antibakteri.

Zat antibakteri tersebut juga ada pada lengkuas. Menurut sebuah penelitian pada 2018, ekstrak lengkuas dengan konsentrasi tinggi dapat menghambat pertumbuhan bakteri escherichia coli, yang merupakan bakteri utama penyebab diare.

2. Mengobati Infeksi

Salah satu sifat yang terkandung dalam lengkuas adalah antimikroba. Sifat ini berfungsi menghalau bakteri lain. Hasil penelitian beberapa laboratorium mencatat bahwa tanaman ini mampu mematikan bakteri salmonella typhi dan staphylococcus aureus yang kerap menginfeksi manusia.

Menambahkan rimpang seperti lengkuas ke dalam masakan, juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri dari kerang mentah. Sementara itu, manfaat rempah dalam menghalau jamur dan parasit masih perlu dikaji lebih lanjut.

3. Mengurangi Risiko Tumor dan Kanker

Kandungan beragam antioksidan dalam lengkuas memiliki potensi menurunkan risiko tumor dan kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa galangin, zat aktif pada rempah ini, bisa mematikan sel kanker dan mencegahnya bertumbuh.

Para ahli menemukan bahwa, galangin khususnya ampuh dalam mematikan sel kanker usus besar. Tidak berhenti di situ, penelitian lain pun menunjukkan potensi zat dalam melawan sel kanker kulit, hati, saluran empedu, hingga payudara.

4. Meredakan Radang dan Nyeri

Seperti lazimnya bumbu dan rempah, lengkuas juga membantu meredakan radang karena penyakit di dalam tubuh. Sifat ini berasal dari HMP, zat fitokimia sebagai antiradang dan telah terbukti dalam sejumlah studi terhadap hewan.

Selain itu, banyak tumbuhan dari keluarga rimpang juga mengandung galangal. Zat ini membantu meredakan nyeri yang merupakan salah satu gejala peradangan, seperti pada sendi. Namun, khasiat ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

5. Menjadi Pereda Gejala Asma

Lengkuas memiliki khasiat meredakan radang. Para ahli menduga rempah satu ini dapat membantu meringankan gejala asma. Pasalnya, gejala asma muncul karena peradangan dan pembengkakan pada saluran napas.

Tumbuhan ini juga memiliki efek antispasmodik, sehingga mampu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru. Penggunaan lengkuas kemungkinan juga dapat mengurangi dahak, sehingga melegakan pernapasan saat asma menyerang.

6. Penawar Batuk, Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Dalam tradisi masyarakat India, lengkuas juga dijadikan untuk obat pereda nyeri dada, suara serak, dan sakit tenggorokan secara alami. Caranya, dengan mencampurkan beberapa sendok kecil lengkuas bubuk dengan air panas, lalu meminum larutannya secara rutin.

Akar rimpang satu ini dipercaya dapat meredakan keluhan penyakit tenggorokan, karena sifatnya sebagai ekspektoran alias pengencer dahak. Sifat antiradangnya juga memungkinkan meringankan gejala batuk atau sakit tenggorokan.

7. Meringankan Luka Bakar

Kombinasi zat anti radang dan pereda nyeri pada salah satu jenis tanaman rimpang memiliki khasiat luas, termasuk membantu mengobati luka bakar ringan. Untuk menjadikannya obat luka bakar alami, tumbuklah beberapa iris lengkuas dan oleskan pada kulit bermasalah.

Namun, hentikan pemakaian bahan bila kondisi kulit justru semakin parah atau muncul ciri-ciri alergi. Bersihkan kulit Anda dengan air bersih, setelah itu konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lengkuas merupakan bumbu yang cukup umum seperti halnya kunyit dan jahe. Tidak sekedar penambah cita rasa masakah, bumbu ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Meski memiliki khasiat pada daftar di atas, namun Anda tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter apabila timbul gejala tertentu.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait