8 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Di Indonesia, buah sirsak kerap diolah sebagai minuman seperti jus. Punya rasa segar dan sedikit asam, manfaat buah sirsak baik untuk kulit dan kesehatan.
Dwi Latifatul Fajri
19 Oktober 2021, 22:25
Manfaat Buah Sirsak
123RF.com/Paulo Leandro Souza de Vilela Pinto

Buah sirsak memiliki kulit berwarna hijau, cukup tebal, dan berduri. Sedangkan isi atau daging buah sirsak memiliki rasa khas, sedikit asam, kenyal, dan berwarna putih. Pada bagian dalam daging sirsak, Anda akan menemukan biji sirsak berwarna hitam.

Sirsak tumbuh subur di daerah tropis. Cara mengonsumsinya, bisa langsung dimakan, dibuat jus, hingga tambahan minuman. Adapun tekstur daging buah sirsak cenderung lembut dan berair.

Kandungan Buah Sirsak

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nama latin sirsak adalah annona muricata, dan masih keluarga annonaceae atau apel custard.

Kandungan dalam sirsak salah satunya vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan patogen.

Manfaat buah sirsak lainnya untuk kecantikan, yaitu melindungi kulit dan sel dari radikal bebas. Mengutip dari Webmd.com, satu buah sirsak mengandung 215% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Kandungan dalam Satu Buah Sirsak Antara Lain:

  • Kalori: 413
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 2 gram
  • Karbohidrat: 105 gram
  • Serat: 21 gram
  • Gula: 85 gram
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Folat
  • Kalsium
  • Besi
  • Potassium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zink
  • Tembaga

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak bisa juga digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kesehatan dan penyakit. Buah ini memiliki rasa yang kuat seperti nanas atau stroberi. Sirsak bisa dipotong menjadi dua dan dimakan langsung. Berikut manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah sirsak baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini bisa menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian menemukan kalau antioksidan juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa dipakai perawatan kulit, termasuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah peradangan pada kulit.

2. Dapat Membunuh Sel Kanker

Mengutip Healthline.com, beberapa penelitian menemukan sirsak berpotensi menghilangkan sel kanker. Salah satu penelitian menemukan, reaksi sel kanker payudara terhadap ekstrak buah sirsak. Hasil penelitian menarik, karena ekstrak bisa mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh.

Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel leukemia. Namun, itu membutuhkan reaksi dan dosis ekstrak sirsak yang kuat. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui efek langsung terhadap pengaruh sel kanker manusia.

3. Melawan Bakteri

Beberapa penelitian menemukan ekstrak sirsak mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri. Ekstrak sirsak bisa mengurangi infeksi bakteri kolera dan staphylococcus (bakteri yang menyerang hidung dan kulit pada manusia). Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bakteri penyebab penyakit mulut.

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon imun normal terhadap cedera dan mencegah peradangan kronis pada penyakit tertentu. Penelitian dilakukan terhadap tikus percobaan yang diobati dengan ekstrak sirsak. Studi lain menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi pembengkakan pada tikus sampai 37%.

Sirsak memiliki kandungan inflamasi yang bisa mengobati radang sendi. Kadar dalam ekstrak buah ini bisa menurunkan radang sendi pada tulang.

5. Menstabilkan Gula Darah

Salah satu penelitian, menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi kadar gula darah sebanyak 75% pada tikus. Tetapi itu masih perlu dibuktikan dengan penelitian lain pada manusia, terkait efektifitas manfaat buah sirsak terhadap manusia untuk mengobati diabetes. Sirsak juga bisa digunakan untuk diet dan gaya hidup sehat.

6. Pencernaan Sehat

Sirsak mengandung 83% asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan seperti susah buang air besar.

7. Memperbaiki Kesehatan Kulit.

Bagian daun sirsak ternyata bisa dipakai untuk pengobatan tradisional. Daun ini bisa mengobati kondisi kulit abses. Mengutip dari alodokter.com, abses merupakan reaksi alami tubuh. Hal ini terjadi karena perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi yang bisa menyerang jaringan tertentu.

Perlawanan sistem kekebalan tubuh diwakili oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui dinding pembuluh darah, kemudian berkumpul di jaringan yang mengalami kerusakan. Kandungan anti inflamasi pada daun sirsak bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian menemukan luka dan peradangan di kulit bisa disembuhkan dengan rebusan daun sirsak.

8. Meningkatkan Kesehatan

Minuman dari rebusan daun sirsak dinilai bisa memerangi beberapa penyakit, seperti batuk, mual, dan infeksi parasit. Rebusan daun sirsak bisa mengurangi berat badan dan stres.

Cara Memilih Buah Sirsak

Sirsak memiliki beragam manfaat dan nutrisi untuk kesehatan. Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di pasar dan toko buah. Anda bisa memakannya secara langsung dengan cara dipotong menjadi dua bagian, atau membuat jus sirsak dengan campuran buah-buahan lain.

Anda bisa memilih buah sirsak yang berkualitas dari segi ukuran dan kematangan. Pilihlah buah yang lunak atau biarkan beberapa hari sebelum dimakan langsung. Taruh di kulkas supaya buah tetap segar untuk dikonsumsi selama beberapa hari. Anda bisa memotong, mengeluarkan daging dari kulit, dan menikmatinya.

Hilangkan biji sirsak yang mengandung annonacin dan neurotoksin. Biji buah sirsak juga bisa menyumbangkan penyakit parkinson. Penyakit saraf ini bisa memengaruhi otak dan menyebabkan penderita kesulitan mengatur gerak tubuh seperti menulis, bicara, dan berjalan.

Membuat Jus Sirsak

Sirsak segar akan semakin nikmat dikonsumsi ketika siang hari atau saat cuaca panas. Salah satu minuman segar sehat adalah jus dari buah sirsak. Cara membuat jus buah sirsak yaitu:

1. Cuci bersih buah sirsak, potong, lalu kupas kulit luarnya
2. Sediakan wadah untuk memisahkan daging buah dan bijinya
3. Setelah dipisahkan dari kulit, sediakan blender, sedikit gula atau tanpa gula
4. Blender buah sirsak bersama dengan es sampai encer selama beberapa menit
5. Setelah itu, keluarkan isi jus ke dalam gelas
6. Anda juga bisa membuat jus sirsak tanpa blender. Caranya, berikan penyaring di atas wadah. Peras daging sirsak dengan tangan selama 5 menit. Tunggu hingga bagian bawah penyaring menyisakan banyak air, setelah itu buang ampas sirsak.
7. Anda bisa menambahkan perasa seperti 1 potong jeruk nipis atau lemon. Bisa juga menambahkan vanili, pala, dan garam sebagai penambah rasa

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait