16 Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 16:36
16 Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya
Flickr
Ilustrasi daun sirsak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Sirsak salah satu buah yang banyak digemari lantaran rasanya yang asam manis. Biasanya buah ini dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan makanan lain. Buah ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan air yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya daging buahnya yang kaya manfaat, daunnya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak sangat banyak. Bahkan seringkali daun dari tanaman sirsak menjadi obat herbal dengan perpaduan bahan alami lainnya. Dikutip dari laman rsud.bulukumbakab.go.id dan sehatq.com,  beberapa manfaat dari sirsak di antaranya sebagai berikut ini.

1. Mengobati Penyakit Kanker

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan acetogenin di dalam daun sirsak ternyata memiliki sifat antikanker yang kuat. Bahkan diketahui cara kerja dari daun sirsak ini hampir sama dengan pengobatan kemoterapi yang menghambat pembelahan DNA sel kanker.

Jika pembelahan sel dihambat, penyakit kanker bisa dicegah bahkan bisa disembuhkan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus ke dalam air kemudian minum setiap hari.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat rebusan daun sirsak selanjutnya yakni bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Antioksidan di daun sirsak bisa mengkontrol kolesterol jahat. Selain menurunkan kadar kolesterol, daun sirsak bisa mencegah kolesterol. Anda bisa minum air rebusan daun sirsak setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

3. Obat Sariawan

Jika Anda mengalami sariawan, daun sirsak juga bisa digunakan untuk obat. Cara mengobatinya cukup mudah tumbuk daun sirsak kemudian rebus, lalu minum air rebusannya.

4. Obat Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering dirasakan banyak orang. Penyakit ini muncul karena kandungan asam urat yang tinggi. Biasanya ditandai dengan rasa sakit pada sendi. Untuk mengobati asam urat menggunakan bahan alami, anda bisa merebus daun sirsak lalu minum air rebusan tersebut.

5. Menurunkan Risiko Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi ketika kadar darah di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini bisa saja menyebabkan penyakit pada jantung. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran karena memiliki antioksidan yang bisa melenturkan pembuluh darah.

6. Mengatasi Anemia

Daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Senyawa baik inilah yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga risiko anemia bisa diminimalisir.

7. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Cara mengatasinya bisa dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan tryptophan di dalam daun sirsak bisa memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat anda bisa lebih cepat tertidur. Dengan demikian insomnia bisa teratasi.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antioksidan seperti asam linoleat, annocatalin, annohexocin, dan anomurine di dalam daun sirsak ternyata berfungsi untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, senyawa baik lainnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imun yang kuat, Anda bisa terhindar dari penyakit.

9. Menyembuhkan Infeksi

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yakni bisa menyembuhkan infeksi karena daun ini memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin yang berperan sebagai anti bakteri. Senyawa aktif tersebut juga bisa melindungi paru-paru dari infeksi virus.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula di dalam darah bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit ini banyak diderita orang tanpa mengenal usia. Untuk mencegah penyakit diabetes maka kadar gula di dalam darah harus dikontrol. Bagi penyintas diabetes, untuk mengatasi penyakit ini agar tidak semakin parah perlu usaha untuk menurunkan gula darah.

Manfaat daun sirsak dipercaya bisa mengurangi dan mengkontrol gula di dalam darah. Namun daun sirsak bukanlah satu-satunya obat. Menjaga pola hidup sehat juga harus dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah. Dan bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat dari dokter, sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal dari daun sirsak ini.

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Khusus untuk perempuan, daun sirsak ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. Adapun manfat daun sirsak untuk wanita sebagai berikut.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...