12 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Dwi Latifatul Fajri
14 Oktober 2021, 18:22
Manfaat Habbatussauda
pixabay.com

Habbatussauda (Nigella sativa) adalah jintan hitam yang digunakan pengobatan herbal. Biji jintan hitam dipakai sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jintan hitam berasal dari Asia Barat dan Asia Selatan dan sudah dikonsumsi selama 2.000 tahun.

Habbatussauda tumbuh sepanjang 30 sentimeter (cm) dan menghasilkan biji untuk bumbu masak. Komponen utama dari minyak biji hitam ini adalah thymoquinone, senyawa bersifat antioksidan.

Habbatussauda dijual dalam kemasan minyak, suplemen, dan kapsul untuk obat. Selain obat herbal, biji jintan hitam ini juga dipakai untuk masakan Timur Tengah dan India. Aroma biji jintan hitam sedikit pahit dan pedas seperti kombinasi bawang merah dan lada hitam.

Kandungan dalam Habbatussauda

Habbatussauda mengandung protein nabati, serat, mineral, dan vitamin yang penting untuk tubuh. Mengutip dari laman jurnal "Nigella sativa L. (Black Cumin): A Promising Natural Remedy for Wide Range of Illnesses" berikut kandungan di dalam Habbatussauda:

  • Protein 20-85%.
  • Lemak 38,20%.
  • Serat 7-94%.
  • Karbohidrat 31,94%.

Selain itu biji jintan mengandung zat besi, tembaga, seng, fosfor, kalsium, thiamin, niasin, piridoksin, dan asam folat.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Habbatussauda memiliki beragam manfaat untuk lambung dan imun tubuh. Kandungan antioksidan pada Habbatussauda bisa mengurangi penyakit seperti kanker, diabetes, jantung, dan obesitas. Berikut penjelasan mengenai manfaat Habbatussauda:

Biji jintan hitam
Biji jintan hitam (pixabay.com/AmatusSamiTahera)

1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan lemak jahat yang menumpuk di aliran darah. Semakin banyak lemak yang menumpuk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, minyak Habbatussauda bisa menurunkan kandungan lemak jahat (LDL total) dalam tubuh. Mengutip dari healthline.com, minyak jintan hitam ini lebih efektif menurunkan kolesterol dibanding bubuk bijinya. Tetapi bubuk biji jintan hitam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah penelitian dilakukan pada 57 pasien penderita diabetes. Hasinya, Habbatussauda bisa membantu menurunkan kolesterol setelah pemakaian satu tahun.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan bisa menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu senyawa ini bisa mencegah kerusakan oksidatif pada sel.

Beberapa penelitian menemukan antioksidan bisa mencegah tubuh dari penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung, dan obesitas.

3. Melawan Kanker

Antioksidan pada jintan hitam bisa membantu menetralisir radikal bebas. Sebuah penelitian menemukan senyawa anti-kanker thymoquinone bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Senyawa yang terkandung dalam Habbatussauda, efektif melawan jenis kanker seperti kanker pankreas, paru-paru, serviks, prostat, kulit, kanker payudara, dan usus besar.

Namun belum ada penelitian yang cukup pada manusia, untuk membuktikan apakah efek anti-kanker Habbatussauda dikonsumsi sebagai bumbu atau suplemen.

4. Manfaat Habbatussauda untuk lambung

Sakit maag bisa menimbulkan luka pada lambung. Luka ini akan terbentuk ketika asam lambung lebih banyak di lapisan lendir pelindung yang melapisi perut.

Konsumsi Habbatussauda sebagai bumbu atau obat herbal, bisa meredakan sakit perut dan kram. Minyak yang terbuat dari jintan hitam ini juga bisa mengurangi gas, perut kembung, dan timbulnya bisul.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...