13 Cara Memanjangkan Rambut dengan Mudah dan Cepat

Berikut cara memanjangkan rambut dengan mudah dan cepat serta bisa dilakukan di rumah.
Image title
22 Oktober 2021, 09:30
cara memanjangkan rambut
Unsplash
Ilustrasi orang yang menggunakan sampo

Tahukah Anda, bahwa sel rambut merupakan sel kedua yang tumbuh tercepat setelah usus. Kecepatannya bertumbuh pun mudah disadari. 

Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Honestdocs.id, ada berbagai macam trik untuk menumbuhkan rambut dalam kurun waktu singkat. Standar kecepatan tumbuh rata-rata rambut sekitar setengah inci atau setara 1,25 centimeter (cm) setiap bulannya. Sehingga, dalam setahun rambut tumbuh hanya enam inci.

Menghitung durasi yang cukup panjang tersebut, kemudian muncul berbagai cara memanjangkan rambut. Meskipun begitu, belum ada metode terbukti klinis yang dapat menumbuhkan rambut lebih panjang dari kecepatan pertumbuhan rata-rata.

Rambut orang Asia misalnya, pada umumnya lebih tebal dan kasar dibandingkan rambut penduduk Afrika atau ras Kaukasia. Oleh karenanya, kulit kepala manusia ada yang ditumbuhi 90 ribu helai rambut hingga 150 ribu helai rambut.

Namun, Anda jangan berkecil hati bila ingin memanjangkan rambut dalam waktu singkat. Berikut tipsnya yang bisa dilakukan dengan rumah:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Serupa dengan kulit, rambut juga mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika ingin rambut sehat, maka konsumsilah makanan bergizi, hal itu sebagai salah satu cara memanjangkan rambut dengan gizi yang seimbang.

Berikut beberapa hal yang perlu dipenuhi sebagai cara memanjangkan rambut"

a. Air
Kulit kepala juga bisa kering kalau tubuh dehidrasi. Untuk itu, minumlah air sekitar 1,5-2 liter setiap harinya, atau lebih, jika Anda rutin berolahraga atau tinggal di daerah yang panas.

b. Protein
Setiap 90% rambut tersusun dari protein (keratin), otomatis nutrisi ini sangat penting, apalagi tubuh tak bisa memproduksi keratin sendiri.

Khusus kaum pria, konsumsi 120 gram protein hewani saat sarapan dan makan siang sangat direkomendasikan. Sementara bagi vegetarian, umumnya butuh lebih dari 120 gram protein nabati dari sumber pangan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu.

Sedangkan bagi wanita, setiap harinya pihak departemen pertanian Amerika Serikat (AS) atau USDA menyarankan perempuan usia 31-50 mengonsumsi sedikitnya 5 ons (142 gram) protein dan 5,5 ons (156 gram) untuk yang berusia 19-30 tahun.

Untuk hasil terbaik, jangan makan sembarang protein. Utamakan pada protein dari ikan atau seafood yang tak hanya berkualitas tinggi, namun juga rendah lemak jenuhnya. Di samping itu, seafood juga kaya akan asam lemak esensial yang penting untuk bahan pelapis rambut.

c. Biotin
Sama seperti sel tubuh lainnya, sel rambut juga dilapisi semacam membran yang terdiri dari lemak. Pakar nutrisi asal New York, Brooke Alpert mengatakan “agar sel dapat berkembang biak, maka kita perlu menjaga kesehatan lapisan lemaknya dengan cara mengonsumsi lemak sehat atau biotin.”

Biotin atau vitamin H, merupakan bentuk vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan menjadi energi. Tak hanya itu, biotin juga membantu metabolisme lemak, karbohidrat, dan asam amino. Makanan sumber biotin antara lain seperti salmon, tiram, alpukat, kembang kol, sarden, susu, keju, kuning telur, dan kacang-kacangan seperti almon, kacang tanah, pecan, serta walnut.

d. Vitamin C
Vitamin C tak hanya penting bagi produksi kolagen yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit, namun juga sumber antioksidan penangkal radikal bebas berbahaya. Vitamin bisa diperoleh dari buah jeruk, ubi manis, dan paprika merah.

e. Bayam dan Brokoli
Kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab rambut patah atau rontok. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A tersebut, Anda perlu rajin mengonsumsi bayam dan brokoli untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain vitamin A, bayam juga mengandung protein, sedangkan brokoli sarat dengan vitamin B yang juga penting menguatkan rambut.

f. Sarapan Bernutrisi
Jangan pernah meremehkan pentingnya sarapan sehat setiap pagi. Tak hanya dapat recharge kulit kepala  serta folikel rambut. Sarapan dengan menu bernutrisi mampu memberikan energi yang diperlukan untuk membentuk sel rambut.

2. Kurangi Keramas Menggunakan Air Terlalu Dingin atau Panas

Saat tubuh merasa gerah, Anda mungkin ingin menggunakan air dingin untuk mandi. Namun, jangan menyiramkan air tersebut langsung pada kulit kepala. Kingsley menjelaskan bahwa suhu dingin yang ekstrim bisa mengerutkan pembuluh kapiler di kulit kepala yang bertugas mendistribusikan nutrisi dan membuang kotoran dari permukaan kulit, sedangkan air panas dapat mengikis kelembaban alami serta melemahkan helaian rambut.

Karenanya sedapat mungkin, cucilah rambut dengan memakai air hangat. Nanti saat membilasnya, Anda boleh menggunakan air yang sedikit lebih dingin karena kulit kepala sudah beradaptasi dengan suhu air yang dipakai sebelumnya.

3. Kurangi Sampo dan Perbanyak Kondisioner

Cara memanjangkan rambut lainnya dengan mengurangi penggunaan sampo dan tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Alasannya, sampo dapat membuat rambut lebih kering dan rapuh. Pemilik Cutler Salons, Rodney Cutler, menjelaskan bahwa lebih baik menghindari sampo yang tinggi kandungan deterjen dan sulfat, karena dapat mengikis minyak alami rambut dan kulit kepala. Padahal, minyak alami rambut dapat menjaga kelembut dan bersinar.

Lantas bagaimana kalau berkeringat setiap hari, sehingga rambut perlu dicuci? Solusinya dengan mengganti sampo dengan kondisioner berkualitas. Tak hanya memelihara ujung rambut dari kerusakan, kondisioner juga dapat meminimalisir risiko rambut kusut, bercabang, dan patah. Kondisioner juga dapat menggantikan minyak alami rambut yang hilang, sehingga kelembabannya terjaga.

Soal produknya, hindari kondisioner yang dilengkapi wax/ lilin karena bisa membuat rambut tipis serta kusam. Sebaliknya sesuaikan kondisionernya dengan jenis rambut berikut:

  • Lurus tipis – pilih kondisioner yang dapat menebalkan atau menambah tekstur (volumizing)
  • Berombak –beli yang berbahan ringan agar rambut tak kusut dan kering
  • Keriting – cari yang dapat menghidrasi atau super melembabkan

4. Dilarang Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Menyisir saat basah membuat rambut tertarik, sehingga memperbesar risiko rambut bercabang atau patah. Lebih baik keringkan dulu dengan handuk sebelum merapikannya memakai sikat atau sisir bergigi jarang. Saat mengeringkan rambut pun, harus dilakukan dengan perlahan bukan dengan menggosoknya keras-keras.

Anda juga tidak disarankan membungkus rambut lalu memelintirnya dalam balutan handuk karena ini dapat membuat tiap helaiannya stres. Jika Anda sering melakukannya, sebaiknnya menggunakan handuk tipis atau yang berbahan microfiber saja.

5. Olahraga Secara Rutin

Sel-sel tubuh sangat bergantung pada oksigen agar tetap sehat dan dapat berkembang. Sedangkan oksigen dapat mencapai setiap sel tubuh dengan optimal kalau sirkulasi darah lancar. Untuk memperlancar sirkulasi darah, Anda bisa melakukan latihan kardio tiga kali seminggu selama 30 menit.

6. Pijat Kulit Kepala

Cara memanjangkan rambut selanjutnya adalah dengan memijat kulit kepala. Tujuannya, agar peredaran darah lancar. Apalagi, folikel rambut terletak 1-2 milimeter (mm) di bawah permukaan kulit. Anda bisa menggunakan minyak esensial untuk menutrisi rambut, kemudian pijat pada kulit kepala selama 30 detik sebelum keramas.

Jenis minyak esensial yang disarankan untuk rambut adalah peppermint dan eucalyptus. Keduanya bersifat antibakteri, sehingga dapat membersihkan kulit kepala dan sifat antijamurnya juga bisa menangkal infeksi. Di samping itu, minyak esensial hypoallergenic juga cocok dipakai untuk semua orang.

Tipe minyak lain yang dapat dipakai adalah kelapa, zaitun, jojoba, kastor, dan argan. Agar maksimal, Anda bisa menghangatkan lebih dulu minyaknya, lalu pijatkan ke kulit kepala dengan gerakan melingkar selama 3 menit. Setelahnya, basahi rambut dengan minyak tadi, dan diamkan selama 30 menit sebelum keramas.

Minyak kelapa yang sarat dengan beragam vitamin dan asam lemak sangat bermanfaat menutrisi rambut. Di samping bisa meresap lebih dalam dan cepat ketimbang kondisioner rambut lainnya, ada beragam manfaat minyak kepala yang bisa menjadi pilihan, seperti:

  • Merangsang pertumbuhan rambut karena bisa meresap dalam folikel
  • Melembabkan rambut kering
  • Menambah kemilau rambut
  • Mencegah defisiensi protein di rambut
  • Antibakteri untuk meredakan kulit kepala gatal dan bersisik

7. Hindari Stres

Pikiran stres merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya kesehatan secara fisik. Semakin tinggi stres, maka otak akan bekerja lebih keras, sehingga berisiko tidak berfungsi secara maksimal.

Meskipun rambut tetap bisa bertumbuh setelah stres reda, namun beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama, bahkan bisa berbulan-bulan. Stres dapat melemahkan tubuh, termasuk sel rambut, maka hindari itu.

8. Mencukur Ujung Rambut Secara Teratur

Salah satu cara memanjangkan rambut lebih cepat adalah dengan rutin memotong bagian ujung rambut, khususnya pada bagian yang bercabang, agar rambut tidak rusak. Jika ujung bercabang dibiarkan, maka itu dapat menghambat pertumbuhan rambut sehat.

9. Mengonsumsi Suplemen

Jika Anda merasa menu makan sehari-hari minim asupan nutrisi, maka jangan segan meminum suplemen tambahan yang mengandung biotin, vitamin B, C, dan ekstrak laut.

10. Metode inversi

Metode ini mungkin tak manjur untuk semua orang, namun tak ada salahnya dicoba. Pastikan untuk mengukur panjang rambut sebelum dan sesudah melakukannya agar tahu apakah metode ini cocok untuk Anda atau tidak. 

Adapun cara menerapkan metode inversi adalah setiap hari selama sepekan, pijat kulit kepala dengan ujung jari selama lima menit. Gunakan bantuan timer bila perlu. Inversi berarti posisi jantung lebih tinggi dari kepala, maka lakukan metode ini sambil duduk (dengan membungkukkan badan dan membiarkan kepala menggantung di bawah) atau sembari berlatih yoga. Dengan demikian, aliran darah ke kepala lebih lancar sehingga merangsang folikel rambut. Hentikan segera jika Anda merasa pusing.

Anda juga boleh menggunakan bantuan minyak alami tertentu seperti kelapa, zaitun, atau argan untuk memijat. Setelah dipijat, diamkan minyak semalaman sambil membungkus kepala menggunakan shower cap.

11. Rawat Rambut dengan Hati-hati

Dalam keseharian, ada banyak kebiasaan yang dapat merusak rambut, contoh pemakaian hair dryer atau catok. Anda sebaiknya menghindari itu, khususnya ketika sedang melakukan metode inversi. Di samping itu, jangan mengikat rambut terlalu ketat agar helaiannya tidak patah, dan bercabang.

Anda juga tidak disarankan menyisir rambut terlalu sering. Sebaliknya, sisir beberapa kali saja sebelum tidur agar minyak di kulit kepala menyebar dan rambut tetap lembab. Kebiasaan ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

12. Istirahat Secara Cukup

Cara memanjangkan rambut lainnya dengan menjaga kesehatan dengan istirahat cukup. Kebiasaan tidur juga memengaruhi pertumbuhan rambut. Saat tidur 7-8 jam setiap malam, tubuh masuk tahap pemulihan, dan pada waktu itulah hormon pertumbuhan mulai diproduksi, sehingga pertumbuhan sel rambut bisa lebih cepat.

Kuncinya, Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, sehingga sel kulit kepala aktif dan memicu rambut tumbuh lebih banyak dan lebih cepat. Lebih dari itu, tidur juga meningkatkan sirkulasi darah di sekitar folikel rambut.

13. Bilas Rambut dengan Cuka Apel Sesekali

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami dengan 1001 manfaat. Selain bisa menyeimbangkan pH kulit kepala, cuka apel juga bisa mengikis kotoran dan residu dari produk penataan rambut. Anda tinggal menggunakan campuran dua sendok makan cuka apel dan dua cangkir air untuk membilas rambut. Walau mungkin baunya kurang sedap, namun itu akan pudar dengan sendirinya.

Demikianlah cara memanjangkan rambut dengan mudah dan bisa dipraktikkan di rumah.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait