Mengenal 5 Manfaat Buah Ceri Kersen

Image title
28 Oktober 2021, 00:04
Ilustrasi Buah Ceri Kersen
Sekolah Alam Cikeas
Ilustrasi Buah Ceri Kersen

Sebagian masyarakat Indonesia menghabiskan masa kecilnya dengan bermain di ladang dan perkebunan. Bila hal itu terjadi, maka mereka cukup akrab dengan buah ceri kersen. Buah mungil yang berwarna hijau kemungkinan masih mentah, sedangkan jika berwarna merah maka sudah matang. Rasanya manis dan sedikit asam, serta terdapat kumpulan biji di dalamnya.

Tak jarang bagi anak-anak di kampung menjadikan buah ceri sebagai bahan baku alias amunisi untuk senjata mainan peluru anak-anak saat bermain perang-perangan. Meski demikian, ada banyak cerita dan manfaat dari buah ceri kersen tersebut.

Mengenal Buah Ceri Kersen

Secara bahasa ceri kersen diambil dari kata kers atau ceri asam. Dalam bahasa latin buah ceri kersen dikenal dengan prunus cerasus atau muntingia calabura. Pohon ini mask dalam sejenis tumbuhan pohon ceri yang tergabung dalam marga Prunus, berasal dari kebanyakan Eropa dan Asia Barat. Tumbuhan ini berkerabat dekat dengan ceri manis (prunus avium), tetapi buah kersen memiliki kadar kemasaman yang lebih tinggi.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Ceri Kersen

Buah yang dikenal oleh masyarakat Amerika sebagai Jamaica cherry atau strawberry tree. Dalam 100 gram buah kersen, terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 77,8 gram
  • Protein: 0,324 gram
  • Lemak: 1,56 gram
  • Serat: 4,6 gram
  • Kalsium: 124,6 miligram (mg)
  • Fosfor: 84 mg
  • Zat besi: 1,18 mg
  • Karoten: 0,019 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,065 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,037 mg
  • Niasin: 0,554 mg
  • Asam askorbat (Vitamin C): 80,5 mg

Aneka Manfaat Buah Ceri Kersen untuk Kesehatan

Setelah membaca mengenai kandungan buah ceri kersen, buah ceri kersen juga memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan oleh manusia. Dilansir dari Hellosehat.com, ada berbagai macam manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah kersen, antara lain:

1.  Mengatur Kadar Gula Darah

Tingginya kadar gula darah yang berlebihan dapat menjadi awal penyebab penyakit diabetes atau kencing manis. Bahkan, penderita diabetes tetap harus bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu cara mengelola kadar gula darah agar tetap pada batas normal adalah mengatur pola makan.

Oleh karenanya buah ceri kersen adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin memasukkannya ke dalam menu makanan harian. Hal itu terjadi karena buah ceri kersen ternyata memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Kandungan pada buah ceri kersen, seperti vitamin C, serat, beta karoten, dan vitamin B kompleks ternyata memiliki manfaat dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Para penderita diabetes mengonsumsi daun kersen dan buahnya untuk membantu mengelola kadar gula darah agar tetap normal, sehingga mengurangi konsumsi obat-obatan kimia.

 2. Mendorong Proses Penurunan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) umumnya terjadi akibat kebiasaan merokok, mengonsumsi garam dan lemak jenuh terlalu banyak, hingga faktor keturunan. Apabila Anda tidak segera mengatasi kondisi ini, risiko mengalami berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti stroke dan serangan jantung, akan semakin meningkat.

Oleh sebab itu, ternyata buah kersen memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Pasalnya, buah kersen memiliki kandungan oksida nitrat, salah satu zat kimia alami dalam tubuh yang membantu pembuluh darah untuk lebih rileks. Dengan begitu, darah bisa lebih mudah mengalir dan mengurangi tekanannya.

Bahkan, para ahli telah berhasil membuktikan manfaat kandungan buah kersen yang satu ini. Ya, sebuah penelitian tahun 2018 menyatakan bahwa oksida nitrat memiliki peranan penting untuk menurunkan tekanan darah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...