4 Makanan Kering Khas Jogja Pilihan Oleh-Oleh

Image title
30 Oktober 2021, 23:15
Geplak sebagai makanan kering khas Jogja
https://photostockeditor.com/
Ilustrasi geplak sebagai makanan kering khas Jogja

Yogyakarta dikenal dengan keberagaman makanan tradisionalnya. Tak hanya itu, beberapa makanan kering khas Jogja juga cukup diminati dan layang menjadi buah tangan ketika Anda bertandang ke Kota Gudeg ini.

Merujuk pada buku Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta karya Lily Arsanti Lestari, Puspita Mardika Lestari, Fasty Arum Utami, makanan tradisional adalah produk makanan dari suatu daerah yang dibuat secara tradisional, dalam arti proses pembuatannya menggunakan alat sederhana. 

Advertisement

Umumnya, makanan tradisional menggunakan bahan-bahan lokal dengan biaya relatif terjangkau. Selain itu, para pembuatnya tidak memerlukan kualifikasi atau keterampilan khusus.

Makanan tradisional juga cenderung menggunakan resep yang diwariskan secara turun-temurun. Hal itu demi menjaga kekhasan cita rasa dari makanan yang dibuat. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang masih menjaga kekhasan tersebut.

Di antara daftar makanan yang banyak dijual di Jogja, ada beberapa makanan kue-kue khas Yogyakarta yang disajikan dalam keadaan kering. Anda dapat membelinya dan membuatnya sendiri di rumah, berikut daftarnya:

1. Ampyang

Makanan kering khas Jogja pertama adalah ampyang. Kuliner bertekstur garing ini terbuat dari kacang tanah yang diberi campuran gula jawa. Rasa dari ampyang adalah perpaduan manis dan gurih.

Apablia Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, dapat menggunakan bahan sebagai berikut:

  • 150 gram kacang tanah dengan kualitas baik
  • 125 gram gula merah, disisir
  • 75 gram gula pasir
  • 75 ml air
  • Satu sendok makan air jahe parut
  • Daun pisang untuk alasnya

Setelah terkumpul semua bahan,sangrai kacang tanah sampai matang. Kemudian, masak gula merah, gula pasir dan campuran air jahe. Setelah tercampur semua, masukkan kacang tanah lalu aduk rata. Bila semua telah terkumpul, ambil sesendok adonan ke atas daun pisang, ratakan dan diamkan hingga mengering.

2. Geplak

Kabupaten Bantul juga menyajikan makanan kering khas Jogja. Makanan ini terdiri dari kombinasi parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa, dengan rasa manis. Selain itu, ada yang menyebutnya sebagai makanan khas Betawi apabila dicampur dengan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut.

Pada umumnya, olahan geplak dikerjakan dalam skala rumah tangga. Selanjutnya, jenis penganan ini berkembang luas seiring permintaan pasar di sekitar Yogyakarta bahkan di seluruh Nusantara.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement